Halo, Takaiters!

Guys, masih ingat teks Sumpah Pemuda, nggak? Takaiters pasti pernah ‘kan, menghapalkan teks Sumpah Pemuda waktu kecil? Gimana mau nggak dihapalkan, teks ini biasanya akan muncul dalam soal ulangan.

Tahu nggak sih, Guys, isi Sumpah Pemuda yang sangat penting pada masanya itulah yang menjadikan kaum muda sebagai pendobrak dan pelopor untuk terlepas dari penjajahan. Walaupun Indonesia sekarang sudah merdeka, Sumpah Pemuda tetap menjadi pendorong kaum muda untuk memajukan bangsanya. So, praktek Sumpah Pemuda nggak hanya di kelas saja, Guys. Bagi Takaiters yang merupakan generasi milenial, rasanya nggak afdol kalau cuma menghapalkan doang tanpa adanya penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Ya, kan?

Apa saja, sih, yang bisa Takaiters lakukan saat ini yang sekaligus sebagai penerapan Sumpah Pemuda? Ini dia jawabannya.

1. Ilmu yang Oke

Foto: pexels.com

Takaiters harus menimba ilmu di manapun Takaiters berada. Jika mumpuni, raihlah sarjana tinggi, kuliah di luar negeri, atau pun kalau tidak, belajar dari lingkungan sekitar boleh jadi. Jadikan pengalaman sebagai ilmu berharga yang juga akan diterapkan suatu saat nanti. Orang yang memajukan negara dan adalah orang yang berilmu dan bermanfaat bagi bangsanya.

2. Kesantunan Tetap Kece

Foto: pexels.com

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah dan santun. Untuk itu, selayaknya Takaiters menjaga ciri khas bangsa ini. Etika yang tinggi menunjukkan kepribadian. Akan fatal akibatnya jika seseorang berilmu tapi minus dalam kepribadiannya. Dia akan mudah terseret arus negatif sebagai akibat dari globalisasi. Semisal, tawuran pelajar dan pergaulan bebas. Nah, sudah jelas nggak tuh, ruginya?

3. Fokus pada Bidang yang Disukai

Foto: pexels.com

Fokuslah pada bidang yang Takaiters sukai. Yang suka fotografi jadilah fotografer handal, yang suka memasak, jadilah koki andalan. Begitu juga dengan bidang lainnya. Jadikan hobi sebagai penghasilan. Teruslah berusaha dan pantang menyerah. Banyak kisah generasi muda yang sukses berawal dari fokus pada hobinya, bahkan sampai membanggakan Indonesia sampai manca negara. Bukan tidak mungkin jika Takaiters juga bisa. Jika Takaiters sukses, jangan pelit untuk berbagi sekaligus bermanfaat bagi orang lain.

4. Banggalah Memakai Bahasa Indonesia

Foto: kompasiana.com

Ada kalanya Takaiters bangga saat lancar berbahasa asing. Akan tetapi, Bahasa Indonesia adalah pemersatu bangsa yang wajib kita junjung tinggi. Gunakanlah Bahasa Indonesia dengan bangga. Dengan kecanggihan teknologi, manfaatkanlah dengan menghadirkan Bahasa Indonesia dalam setiap kesempatan. Wah, bukan tidak mungkin suatu saat nanti Bahasa Indonesia akan seterkenal Bahasa Korea.

5. Pakailah Produk Lokal

Foto: online24jam.com

Bangga sih, pakai produk luar negeri. Tapi, banyak kok, produk lokal yang berkualitas tinggi, nggak kalah dengan produk impor. Dan yang pasti harganya lebih murah, ya, Guys. Masa ngaku cinta tanah air tapi barangnya impor semua, sih?

Nah, Guys, itulah lima hal yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya mengandung nilai-nilai dari Sumpah Pemuda. So, Takaiters mulai dari yang mana?