Holla, Takaiters!

Choirunisa Diananda, namanya melekat sebagai salah satu Srikandi Indonesia pada Asean Games 2018. Atlet cabang olahraga panahan ini, cukup sukses dengan mempersembahkan perak pada final panahan melawan pemanah Tiongkok, Zhang Xinyan.

Tahu nggak, sih, Guys, Choirunisa sempat menyatakan kecewa karena tidak dapat meraih medali emas untuk Indonesia. Mungkin Takaiters pernah mengalami hal serupa dengan Choirunisa Diananda? Apakah kamu juga pernah merasa kalah dalam pertandingan atau perlombaan dalam lingkunganmu? Berikut sikap positif yang sudah ditunjukkan Sang Atlet panahan ini saat mengalami kekalahan yang layak kamu tiru!

1. Ekspresikan

Choirunisa sempat menangis saat mengetahui bahwa dia bukan juaranya. Itu adalah ungkapan ekspresinya. Sah-sah saja ‘kan, Guys, saat seseorang menangis karena kalah? Manusiawi banget. Daripada diam-diam di pojok lalu banting meja. Ya, kan? Menang atau kalah, ekspresikan saja, Guys. Asal jangan berlebihan, ya. Sedih atau menangis boleh, stay cool setelahnya.

2. Evaluasi Diri

Choirunisa berkata penyebab dia tidak tampil maksimal adalah karena angin yang sempat berhembus sehingga mempengaruhi arah panahnya. Yup, yang harus kamu lakukan setelah itu adalah mengevaluasi penampilanmu. Mencari tahu penyebab kekalahanmu. Hal ini penting banget karena seseorang butuh mengevaluasi diri agar tampil lebih maksimal di pertandingan selanjutnya. Selain itu, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Berpikir positif

Berpikir positif, itulah yang diucapkan Choirunisa. Apa pun yang terjadi, tetaplah berpikir positif agar kekalahan tidak selalu membayangi sehingga kamu bisa tetap maju dan meningkatkan kepercayaan dirimu.

4. Bersyukur

Setelah merasa kecewa, Choirunisa Diananda merasa bersyukur atas hasil yang dia dapatkan. Bersyukur emang wajib, ya, Takaiters. Hasil yang diperoleh saat ini adalah karena campur tangan Sang Pencipta. Banyak bersyukur akan membuat Takaiters menjadi pribadi yang rendah hati dan tidak sombong walau menang sekali pun.

5. Giat Berlatih Lagi

Nah, ini dia pesan dari Choirunisa terutama untuk dirinya sendiri. Lebih banyak berlatih. Lebih giat lagi dari sebelumnya agar dapat meningkatkan kemampuan dan pengalaman sehingga peluang menang menjadi lebih besar di pertandingan-pertandingan berikutnya.

Itulah lima hal yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari saat kalah dalam pertandingan, nih, Takaiters. Tetaplah berjuang, jangan putus asa, ya. Kalah menang itu hal biasa. Choirunisa Diandra sudah membuktikan bahwa dia bisa mengatasi kekalahannya. Kamu, gimana?