Kandri merupakan salah satu nama desa di Kecamatan Gunungpati, Semarang, yang memiliki objek wisata alam berupa Goa Kreo, Waduk Jati barang serta Desa Wisata Kandri yang sarat budaya dan memiliki suasana pedesaan yang masih sangat kental. Dalam sekali kunjungan ke Kandri ada beberapa objek wisata yang langsung dapat kita nikmati. Salah satu yang istimewa adalah adanya Desa Wisata Kandri yang merupakan destinasi tempat yang dapat menjadi pilihan dikunjungi.

Desa Wisata Kandri Semarang
Foto : edygrafika99.wordpress.com

Di Kandri sendiri terdapat beberapa paket wisata menarik yang ditujukan mulai dari anak usia PAUD/TK, SD-SMA, umum bahkan paket wisata custom menawarkan live in selama satu hari satu malam. Jika kita memiliki rencana untuk berwisata ke tempat yang masih asri serta sarat akan suasana pedesaan dan persawahan, tidak salah jika saya merekomendasikan Desa Wisata Kandri ini.

Pilihan Editor

Paket yang ditawarkan pun bermacam-macam mulai dari wisata edukasi seperti pengenalan akan persawahan, menanam padi, berkebun singkong serta cara pengolahannya, membatik, berkunjung ke Goa Kreo, taman wisata sayuran organik, serta live in selama satu hari satu malam di Desa Wisata Kandri.

Desa Wisata Kandri Semarang
Foto : tribunnews

Selain paketan wisata yang menarik, ada satu hal yang ingin di suguhkan untuk wisatawan yang berkunjung ke Kandri ini, adalah Sego Kethek. Dilihat sepintas dari namanya memang tergolong unik. Jika selama ini kita sudah terbiasa dengan istilah nasi kucing, ditempat ini diperkenalkan Sego Kethek yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti nasi kera atau nasi monyet.

Sego Kethek merupakan nasi putih dengan lauk sederhana seperti tempe, tahu goreng, ikan asin goreng, telur dadar, tumis daun pepaya. Dimana kesemuanya ini disajikan dengan menggunakan alas daun jati. Pemilihan daun jati sendiri dipercaya akan menambah aroma khas sehingga ada kenikmatan tersendiri ketika kita menyantapnya. Sege Kethek sendiri biasanya disajikan selagi masih hangat, dimakan dengan cara muluk (menggunakan tangan).

Fasilitas yang ditawarkan di Desa Wisata ini juga bervariasi, mulai dari menginap di Omah Alas, jaringan listrik serta telekomunikasi, toko cinderamata, serta keramah-tamahan dari penduduk di Desa Kandri.

Desa Wisata Kandri Semarang
Foto : edygrafika99.wordpress.com

Selain wisata alam dan kuliner unik, bagi kita yang menyukai kegiatan yang berbau seni atau budaya, jangan melewatkan pertunjukan wayang kulit ataupun pagelaran tari yang sering diadakan ditempat ini. Karena selain menyaksikan, kita dapat juga belajar langsung bermain gamelan, wayang ataupun belajar kesenian ditempat ini.

Sebagai cindera mata ketika kita sudah puas berpetualan di Kandri, kita dapat juga membawa pulang souvenir khas Kandri yang berupa patung yang terbuat dari kayu dan ranting-ranting pohon.

Disamping souvenir jangan lupa menyempatkan membeli oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat dirumah. Salah satunya adalah olahan-olahan singkong seperti getuk sidomarem, getuk goreng, sidomarem ketela cake, ataupun wingko singkong yang paling banyak diburu.