Halo, Takaiters!

Apakah kamu sudah memiliki agenda liburan di awal Agustus? Tak ada salahnya bila memasukkan Buleleng, Bali sebagai destinasi seru liburan kamu. Ada Buleleng Festival 2018 yang siap digelar tepatnya pada tanggal 2 hingga 6 Agustus 2018 di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Buleleng Festival 2018 Kenalkan Seni Budaya Lokal

Buleleng festival 2018
Foto: pedomanwisata.com

Kawasan utara Bali memang kaya akan warisan seni budaya yang harus terus dilestarikan. Buleleng Festival bisa menjadi pintu gerbang menuju pesta yang seru untuk melestarikan seni serta budaya setempat. Penyelenggaraan festival tersebut mengintegrasikan aspek sosial, pendidikan, dan lingkungan. Melalui festival tersebut, kesenian dan kebudayaan asli kawasan utara Bali bisa lebih diperkenalkan ke masyarakat luas, termasuk para wisatawan mancanegara dan nusantara.

Festival ini bukanlah acara yang baru saja digelar tahun ini melainkan sudah rutin diadakan setiap bulan Agustus. Selain itu, festival tersebut juga menjadi bagian dari agenda pariwisata nasional dalam Wonderful Indonesia. Festival yang digelar tahun ini bakal menarik ribuan pengunjung ke Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Acara ini mengambil lokasi di kawasan Tugu Singa Ambararaja, Jembatan Tua Pelabuhan, Sasana Budaya, serta Puri Kanginan.

Buleleng Festival 2018 ini merupakan agenda yang keenam. Festival ini digelar selama empat hari yang diisi dengan serangkaian acara mulai dari parade warna-warni, pertunjukan tari tradisional dan pentas musik, pameran khusus, serta peluncuran buku.

Selain itu, ada lebih dari 50 kelompok seni dan budaya dari Buleleng dan sekitarnya yang siap tampil untuk menyajikan pertunjukan tari tradisional dengan iringan suara gamelan khas Bali. Tari-tarian yang disajikan sangat beragam karena Buleleng memang memiliki sejumlah tarian dengan banyak fungsi dan tujuan. Untuk tarian yang sakral akan dipusatkan di Puri. Sedangkan tarian lain yang tidak bersifat sakral akan dipentaskan di Sasana Budaya serta panggung.

Pilihan Editor


Ingin Turut Serta di Acara Buleleng Festival 2018?

Buleleng festival 2018
Foto: bali.tribunnews.com

Untuk kamu yang dari luar Bali dan ingin turut serta dalam acara tersebut bisa menggunakan pesawat dan turun di Bandara Internasional Ngurah Rai. Selanjutnya menuju ke Terminal Ubung, Denpasar untuk naik kendaraan umum ke ibukota Buleleng. Namun, bila tak ingin repot gonta-ganti kendaraan umum, kamu bisa menyewa mobil yang banyak tersedia di sekitar bandara sebagai salah satu alternatif menuju ke Singaraja.

Tak hanya bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat saja, bagi kamu yang ingin berkendara sendiri dari Pulau Jawa bisa menyeberang ke Bali menggunakan kapal feri dan turun di Pelabuhan Gilimanuk. Perjalanan selanjutnya menuju ke Singaraja yang bisa ditempuh sekitar 1,5 jam saja.

Masalah penginapan sepertinya tak perlu dicemaskan. Ada berbagai pilihan fasilitas penginapan di Singaraja mulai hotel bintang tiga hingga bintang lima. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget liburan. Semua siap memberikan pelayanan dan fasilitas memuaskan.

Jangan Lupa Eksplorasi Wisata Buleleng

Buleleng festival 2018
Foto: wisatania.com

Bila kamu datang ke Bulfest 2018, kalian bisa sekalian mengeksplorasi wisata yang ada di Buleleng. Salah satunya adalah berinteraksi dengan lumba-lumba lucu di kawasan Pantai Lovina yang ada di sebelah barat Singaraja. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana tenang dan mendamaikan di kawasan Pantai Pemuteran yang menawarkan taman bawah laut mempesona sebagai gabungan keindahan alam dan karya seni menakjubkan.

Bukan hanya itu saja, saat berada di Buleleng, kamu sebaiknya tak melewatkan untuk mengunjungi Taman Nasional Bali Barat yang merupakan rumah beragam satwa liar sekaligus tempat suci burung Jalak Bali yang ikonik endemik Pulau Dewata. Taman nasional ini juga menjadi pintu gerbang menuju surga bawah laut Pulau Menjangan yang tentu wajib dikunjungi.

Wah, ternyata banyak yang bisa dinikmati selama liburan ke Buleleng, ya? Jadi, janganĀ  lewatkan kesempatan menikmati rangkaian acara di Buleleng Festival 2018, ya, Takaiters! Selain itu, jangan lupa mengeksplorasi sejumlah wisata yang ada di sana.