Halo, Takaiters!

Lombok … Akhir-akhir ini pulau cantik di wilayah kepulauan Nusa Tenggara ini kerap diperbincangkan dalam lingkup pemberitaan nasional, ya, Takaiters.

Setelah beberapa waktu lalu pulau yang merupakan tanah kelahiran penulis ini terangkat namanya karena prestasi salah satu pemudanya di kancah dunia atletik internasional, ironisnya, pada hari Minggu pagi 29 Juli 2018 pulau Lombok harus mengalami musibah gempa berkekuatan 6,4 SR yang menimbulkan korban jiwa dan ribuan bangunan rusak parah.

Gempa ini kian membuat pulau dengan ikon “Wisata Halal” nya ini semakin menjadi sorotan, termasuk oleh netizen internasional. Hal ini dibuktikan dengan ucapan belasungkawa dari berbagai negara terhadap musibah gempa yang terjadi.

Guys, seperti apakah sebenarnya fakta tentang pulau pedas ini? Yuk, kita kenalan dengan salah satu pulau di propinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Pulau Lombok merupakan pulau yang berada di peringkat 108 dunia untuk daftar pulau berdasarkan luasnya

Foto: wisatalombokaja.blogspot.com

Dengan luas sekitar 5.435 km², pulau Lombok menduduki peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia menurut wikipedia.

Bentuk permukaannya di dominasi oleh gunung berapi Rinjani yang merupakan gunung tertinggi nomor 3 di Indonesia, di mana di dalamnya terdapat danau Segara Anak dan kawasan wisata yang dilindungi keberadaannya.

Memiliki 2 konsep budaya unik, yaitu budaya Sasak dan Hindu Bali

Foto:
yuniaranggraini24.student.umm.ac.id

Dengan konsep budaya yang unik, kamu dapat melihat keindahan dua budaya yang terpelihara dan hidup rukun berdampingan di pulau ini, yaitu budaya Sasak (Lombok asli) dan budaya Hindu Bali.

Jika berkunjung ke Bali, kamu tidak akan menemukan kebudayaan Sasak Lombok di sana, Guys. Tapi saat berkunjung ke Lombok, kamu dapat melihat budaya Hindu Bali dengan adanya perkampungan khusus Bali dan beberapa bangunan pura yang tetap terpelihara di antara banyaknya masjid di pulau ini. Mengapa dapat terjadi demikian? Yup, karena sejarah beberapa Kerajaan di Lombok yang dahulunya diduduki oleh kerajaan dari Bali, sehingga kultur Hindu Bali sangat kuat di wilayah Lombok bagian barat.

Pilihan Editor


Terkenal dengan julukan “Pulau 1000 Masjid”

Foto: yukpigi.com

Jangan heran jika saat berkunjung ke Lombok kamu akan melihat banyaknya masjid megah di sana, terutama di pusat kota Mataram dimana terdapat bangunan Islamic Center. Dalam radius beberapa meter saja kita dapat menemukan banyak masjid yang arsitekturnya dibuat megah dengan tiang dan menara yang menjulang tinggi ke angkasa. Bahkan, masjid di dalam salah satu area mall (Lombok Epicentrum) dibuat menjadi satu lantai dengan bangunan utama mall dengan luas yang dapat menampung banyak jamaah, sehingga pengunjung mall sangat nyaman beribadah meski di bulan Ramadan sekalipun.

Merupakan bagian dari propinsi NTB dengan Gubernurnya yang masih muda dan hafidz Qur’an

Foto: rijalmaulana.com

Dr. TGB. H. Muhammad Zainul Majdi akhir-akhir ini kerap menjadi perbincangan di kancah politik nasional. Tapi kali ini bukan waktu yang tepat membahas hal ini, Guys. Untuk kamu ketahui, Gubernur NTB yang akrab dipanggil TGB (Tuan Guru Bajang) ini adalah seorang yang hafal Al Qur’an (hafidz Qur’an) dan pernah dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia sebagai Gubernur Termuda di tahun 2008 dalam usia beliau yang masih 36 tahun.

Terkenal dengan wisata bahari dan kuliner pedasnya 

Foto: klikhotel.com

Hobi makan pedas, Guys? Tak perlu pikir panjang lagi. Yuk, segera ke Lombok. Kulinernya mantap abis, Guys! Racikan sambal terasi berpadu dengan sebiye bidheng (cabe kering yang dijemur hingga kehitaman) dijamin membuat lidahmu tak berhenti bergoyang karena kepedasan.

Selain terkenal dengan kuliner pedasnya, Lombok identik pula dengan wisata baharinya. Begitu banyak pantai indah berpasir putih, lengkap dengan laut biru kehijauan di sana. Mulai dari pantai Senggigi yang menjadi ikon pulau Lombok, sampai kawasan bahari lainnya yang masih asli dan jarang tersentuh, seperti pantai Mawun dan pantai Pink.

Nah, itu dia 5 fakta penting tentang pulau Lombok untuk kamu yang belum punya kesempatan berkunjung kesana, Guys. Meski saat ini sedang berduka dan dirundung kesedihan, Lombok tetaplah pulau yang indah dan merupakan salah satu destinasi tujuan wisata terdepan di Indonesia.

Kita doakan pulau ini segera pulih dan bersiap kembali menyambut hadirnya wisatawan ke daerahnya.