Hai, Takaiters!

Dalam kehidupan seorang pekerja keras, normalnya akan dibebani banyak tanggungjawab pekerjaan. Terkadang si pekerja keras lupa bahwa manusia punya keterbatasan, akibatnya orang terdekat sering menjadi korban PHP dengan alasan sederhana “aduh…lupa, maaf ya aku bener-bener ga ingat ada janji hari ini dengan kamu”. Kejadian seperti ini selalu berulang karena banyaknya janji yang dibuatnya.

Memang pada hakikatnya tidak ada manusia yang sempurna, namun alangkah baiknya tidak membuat orang-orang terdekat menjadi korban di PHP hanya dengan alasan banyaknya dateline menunggu.

Kehidupan si pekerja keras sejatinya memang tidak akan puas sebelum pekerjaan yang dibebankan dapat diselesaikannnya sempurna dan on time. Jika kamu punya orang terdekat pekerja keras, maka wajib untuk kenali empat hal berikut:

1. Raut wajah yang susah senyum

Group of People Sitting on White Mat on Grass Field
Foto: pexels.com

Dulunya kamu punya sahabat yang murah senyum, sayangnya berjalannya waktu sudah tidak banyak waktu lagi kalian dapat ngumpul bareng, kadang walaupun sudah kumpul bareng untuk senyum saja sepertinya sangat sulit, dengan alasan sibuk bekerja.

Perlu waspada ketika sahabatmu sudah mulai susah untuk tersenyum, karena berada dalam tekanan pekerjaannya. Pikirannya akan fokus bagaimana pekerjaannya dapat selesai sesuai target.

Jika kamu punya sahabat seperti ini, maka sebelum menjadi korban PHP kamu perlu waspada untuk membuat janji dengan dia. Selalunya kamu akan mudah lupa dengan janji yang dibuatnya, dan dengan mudah dapat membatalkan janji secara sepihak.

2. Gagal Fokus

Four Women Chatting While Sitting on Bench
Foto: pexels.com

Ada jenis karakter yang saat diajak bicara susah untuk fokus, selalunya ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang gagal fokus. Tetapi ada dua situasi yang membuat seseorang susah fokus saat diajak bicara. Pertama karena memang ada masalah pribadi ataupun pekerjaan. Kedua karena memang tidak pandai mengatur waktu ketika mendapat banyak beban pekerjaan.

Jika kamu mendeteksi sahabatmu mulai susah fokus dengan topik pembicaraan yang kalian bahas, sebaiknya hindari dulu membuat komitmen janji apapun agar tidak di PHP.

3. Bersikap Tidak Positif

Men Sits of Sofa
Foto: pexels.com

Kegagalan dalam karir dapat dialami siapapun yang tidak yakin dirinya mampu menyelesaikan sebuah pekerjaan. Saat sahabatmu selalu mengeluarkan kata-kata tidak positif dan bahkan selalu menghindar ketika ingin membahas topik seputar pekerjaan. Sebaiknya kamu perlu menunda untuk membuat janji apapun dengan sahabat dengan situasi seperti ini agar tidak di PHP.

4. Mudah Mengeluh

Gambar terkait
Foto: futuready.com

Capek hal yang wajar saat bekerja, namun perlu diperhitungkan kemampuan kita sebelum menerima tawaran sebuah pekerjaan. Sebagian orang menjadi mudah mengeluh ketika pekerjaan yang dibebankan selalu molor pada waktu yang ditentukan.

Jika sahabatmu mulai banyak alasan dan selalu mengeluh dan bahkan menghindar saat membahas sebuah masalah, maka ada baiknya menunda buat janji agar tidak di PHP.

Jangan pernah membuat janji kecuali kita yakin mampu menepatinya, karena satu kali saja kita kecewakan orang terdekat maka akan susah untuk merebut kembali kepercayaannya. Yakinkah kita akan kehilangan seorang sahabat terbaik hanya dengan alasan sibuk bekerja!!