Hallo, Takaiters!

Siapa sih yang nggak kenal Bung Karno? Presiden Republik Indonesia pertama ini sudah tidak diragukan lagi sepak terjangnya di dunia pemerintahan. Namun, masih banyak yang tidak tahu sosok Presiden Soekarno di dunia arsitektur. Ternyata, kontribusinya terhadap bangunan-bangunan bersejarah bagi bangsa ini besar lho, Guys!

Nah, dalam rangka hari arsitektur nasional yang jatuh pada tanggal 18 Maret ini, nggak ada salahnya, yuk, mengenal karya besar beliau di bidang arsitektur! Di antara sekian banyak karya sentuhan Bung Karno, berikut ini adalah 3 bangunan bersejarah paling monumental di Jakarta:

 Monumen Nasional

Foto: sutterstock.com

Monumen Nasional yang kita kenal sebagai Monas ternyata merupakan salah satu bangunan hasil pemikiran Bung Karno lho, Guys! Monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda ini dirancang oleh Frederich Silaban.

Monumen yang memiliki mahkota seperti api itu menggambarkan semangat rakyat Indonesia yang berapi-api dalam berjuang melawan penjajah Belanda.

Pilihan Editor



Patung Dirgantara

Foto: yukepo.com

Patung yang kamu kenal dengan Patung Pancoran ini juga memiliki sentuhan khas Bung Karno. Patung ini dirancang oleh Edhi Sunarso. Bung Karno memberi saran dan ide dalam proses desain-nya dengan menonjolkan image keberanian, kejujuran, pantang menyerah, dan semangat juang tinggi yang melambangkan karakter rakyat Indonesia. Patung ini dibuat juga untuk menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan karakter di bidang dirgantara.

Masjid Istiqlal

Foto: duniamasjid.org

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini juga memiliki sentuhan-sentuhan khas Indonesia hasil pemikiran Bung Karno lho, Guys! Masjid yang bersebelahan dengan Monas ini juga dirancang oleh Frederich Silaban. Istiqlal merupakan salah satu masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat muslim Indonesia hingga kini.

Sebenarnya menurut berbagai sumber, selain 3 bangunan di atas masih banyak bangunan lain yang merupakan hasil karya Bung Karno. Bahkan tak sedikit pula yang berada di luar Jakarta. Wah, makin kagum dan bangga ya, kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki Presiden seperti Bung Karno yang karyanya bisa dikenang dan dinikmati sepanjang masa.