Maraknya tawaran bisnis online saat ini, sangat menarik perhatian publik. Bahkan dijejaring sosial sedang viral ibu ibu berbisnis online terutama di Facebook dan Instagram. Ada banyak pilihan yang ditawarkan. Ada yang menawarkan menjadi reseller, endorser dan MLM.

Nah guys, bagi kamu yang ingin mencoba keberuntungan di bisnis, jangan cepat tergiur dengan bujuk dan rayu para pelaku bisnis di sosmed. Ada baiknya kamu cek dan ricek dulu, siapa orang yang kamu pilih untuk menjadi leadermu. Memang sih guys, bukan leader yang menentukan nasib kita, tapi leader menentukan cara kita berbisnis.

Di era digital saat ini, sangat mudah mendapatkan informasi yang kita mau, siapapun bisa mengakses informasi yang diinginkan melalui internet. Jadi silahkan dipantau terlebih dahulu calon leader yang kamu incar. Perhatikan seperti apa dia mengelola bisnisnya, cobalah untuk beberapa kali berinteraksi dengannya, kamu akan mendapat gambaran, seperti apa dia memperlakukanmu nanti.

Berikut takaitu berikan 5 tips cara memilih leader yang baik untuk bisnis kamu:

1. Pastikan dia bisa menepati janji

tips milih leader
Foto : pexels.com

Komitmen yang kuat sangat dibutuhkan bagi seorang leader. Misalnya dalam menepati janji. Leader sejati tidak akan mudah membatalkan janjinya, baik itu pada anaknya ataupun pada rekan bisnisnya. Bagi seorang leader menepati janji adalah suatu keharusan. Tentu kita tidak mau ya guys, punya leader yang gampang bikin janji, tapi gampang pula membatalkan janji.

2. Penampilannya menarik

tips milih leader
Foto : pexels.com

Berpenampilan menarik bukan harus memakai barang mahal, tapi selalu tampil rapi dan bersahaja, sehingga ia terlihat menarik dan bersahabat. Karena seorang leader harus mampu menjalin kedekatan dengan anggotanya. Nah jika sudah dekat, akan terjalin komunikasi yang baik antara leader dan team, sehingga akan lebih mudah untuk saling memahami satu sama lain.

3. Bisa memperlakukan team seperti memperlakukan customer

tips milih leader
Foto : pexels.com

Saat melakukan evaluasi kerja, leader harus memperlakukan teamnya dengan baik, sebagai mana ia memperlakukan pelanggannya. Ia akan berdiskusi dan menanyakan kepada anggotanya tentang kendala atau kesulitan apa yang dihadapi dalam menjalankan bisnis tersebut. Sehingga anggota team merasa dihargai. Imbasnya anggota team akan bekerja dengan Senang hati.

4. Aktif mengadakan pelatihan

tips milih leader
Foto : pexels.com

Pelatihan sangat diperlukan oleh anggota team. Karena itu leader harus tahu pelatihan apa yang dibutuhkan anggotanya. Mengikut sertakan team dalam pelatihan, akan menambah wawasan, sehingga kinerja team akan lebih baik. Hal ini memungkinkan team berhasil mencapai penjualan yang ditargetkan oleh perusahaan.

5. Mempunyai wawasan yang luas

Foto : pexels.com
Foto : pexels.com

Leader yang berwawasan luas bukan berarti harus memiliki gelar pendidikan yang tinggi. Pengalaman serta aktivitas dan komunitas yang ia miliki, akan berpengaruh dalam setiap kebijakan yang ia ambil. Ia tidak akan ragu dalam berpikir dan bertindak karena ia mengerti situasi yang dihadapinya

Nah takaiters, semoga kisi kisi ini membantu kamu dalam memilih leader. Sehingga ketika kamu memutuskan bergabung dengan seseorang atau kelompok untuk menjalankan bisnis, kamu bisa memprediksi perkembangan bisnismu. Bisa jadi keputusan memilih leader, sangat menentukan kesuksesan bisnis kamu dimasa depan.