Dunia yang kita tinggali ini memang masih menyimpan misteri yang sulit terpecahkan. Namun, beberapa misteri tersebut akhir-akhir ini berhasil terpecahkan oleh kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi yang berkembang saat ini. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang pasti membuat misteri tersebut menjadi terungkap. Intip yuk apa-apa saja misteri yang sudah terpecahkan tersebut. Check this out!

1. Misteri Batu Berjalan di Lembah Kematian

misteri aneh yang terpecahkan
Batu berjalan (Foto : klimg.com)

Sudah satu abad lamanya, batu-batu yang berada di Death Valley (lembah kematian) California menjadi misteri oleh para ilmuan. Fenomena ini membuat para peneliti heran, di mana batuan meluncur dengan sendirinya, bahkan yang berbobot sampai 317 kilogram. Namun, akhir-akhir ini seorang ilmuan, Doktor Ralph Lorenz, mengungkapkan bahwa, Pada dasarnya lempengan es terbentuk di sekitar batu. Perubahan titik cair membuat batuan meluncur di atas lumpur.

PILIHAN EDITOR

2. Misteri Hilangnya Penduduk Roanoke

misteri aneh yang terpecahkan
Penduduk pulau Roanoke (Foto : klimg)

Misteri hilangnya penduduk Roanoke, Kalifornia Utara tetap menjadi misteri sejak mereka datang pada 1587 dan kemudian hilang pada 1590. Salah satu petunjuk dalam misteri ini hanyalah kata-kata Croatoan yang terpahat di pintu gerbang pelabuhan dan kata C R O di sebuah pohon.

Berkaitan dengan fenomena ini, banyak yang menanyakan mengapa penduduk Roanoke menghilang dan mengapa mereka hanya meninggalkan petunjuk yang tak jelas seperti kata-kata Croatoan tersebut. Namun, beberapa tahun terakhir ini peneliti berhasil menyimpulkan bahwa penduduk Roanoke menghilang karena diserang oleh semacam penyakit atau mengalami penderitaan yang menyebabkan mereka binasa atau menyebar ke masyarakat lainnya.

3. Terpecahnya Misteri Batu Raksasa Stonehenge

misteri aneh yang terpecahkan
Batu Raksasa Stonehenge (Foto : cnnindonesia.com)

Sejak dahulu, keberadaan Batu Raksasa Stonehenge membuat para arkeolog bertanya-tanya tentang bentuk asli dari konstruksi bangunan dan cara pembuatan bangunan tersebut. Setelah melakukan proses penelitian, akhirnya semua penasaran tersebut terpecahkan.

Seorang pria bernama Wally Wallington membangun Stonehenge imitasi menggunakan batu, kayu, dan tenaganya sendiri. Wallington menggunakan metode yang tepat dalam membangun struktur tersebut. Contoh ini tentu menunjukkan bahwa bangunan-bangunan tersebut bisa dengan mudah dibangun oleh tangan.

4. Misteri Kain Kafan Turin

misteri aneh yang terpecahkan
Kain Kafan Turin (Foto : pulsk.com)

Kain Kafan dari Turin merupakan selembar kain yang selama bertahun-tahun, dipercayai telah digunakan untuk membungkus Yesus setelah kematiannya. Dengan mitos yang dimiliki kain tersebut, membuat kain kafan ini menjadi objek penelitian para ahli selama bertahun-tahun lamanya.

Setelah melalui proses penelitian yang begitu lama, para ahli sejarah telah menyimpulkan bahwa, kain kafan tersebut jauh lebih baru daripada yang diduga, yakni dari tahun 1260 Masehi. Sementara asal-usul gambar pria yang tercetak pada kain masih sedang dipelajari.

5. Suara Aneh dari Dasar Laut

misteri aneh yang terpecahkan
Suara aneh di dasar laut (Foto : dream.co.id)

Pada tahun 1997, saat para ahli yang melintasi Samudera Pasifik, mereka terkejut ketika menangkap suara pada frekuensi ultra rendah yang berasal dari tempat sejauh 5.000 km. Mereka berspekulasi bahwa suara tersebut berasal dari monster Loch Ness dan beberapa raksasa laut dalam lainnya yang belum pernah ditemukan oleh manusia.

Namun, para peneliti dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) berhasil memecahkan fenomena suara aneh tersebut dan menemukan bahwa suara itu kemungkinan besar tidak berasal dari hewan, melainkan berasal dari suara gunung es yang gugur di dekat Antartika. Namun beberapa tidak mempercayainya. Mereka yakin bahwa ada sesuatu yang dirahasiakan pemerintah.