Hola Takaiters,

Teknologi yang berkembang semakin pesat tidak bisa terlepas dari benda mungil bernama handphone. Takaiters pasti punya dong, bahkan mungkin lebih dari satu. Semua jenis handphone baik yang jadul maupun smartphone memancarkan gelombang radio yang dapat menimbulkan radiasi elektromagnetik. Radiasi ini bisa berdampak baik bagi manusia, tetapi bisa juga sebaliknya. Apa sajakah fakta menarik tentang radiasi handphone, mari kita kulik bersama.

1. Membuat Popcorn

Foto: youtube.com

Radiasi handphone bisa membuat biji jagung mengembang. Percobaan yang dilakukan oleh beberapa orang dengan menempatan biji jagung yang diapit oleh beberapa buah handphone. Kemudian handphone-handphone tersebut ditelepon secara bersamaan. Apa yang terjadi? Ternyata jagung yang ada di tengah handphone yang sedang aktif tersebut meledak dan menjadi popcorn. Wow, unik ya, Guys!

2. Mematangkan Telur

Foto: youtube.com

Selain jagung, kekuatan radiasi handphone juga dapat memodifikasi protein pada telur hingga menjadi matang. Caranya hampir sama dengan membuat popcorn di atas, Guys. Letakkan telur di tengah dua buah handphone yang menyala selama kurang lebih 65 menit. 15 menit pertama reaksi pada telur belum terlalu terlihat. 25 menit kemudian telur akan terasa panas. 45-65 menit kemudian telur bisa matang sempurna. Tidak percaya? Buktikan sendiri!

3. Membakar Aluminium Foil

Foto: makassar.tribunnews.com

Percobaan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa berpengaruh radiasi handphone terhadap benda lain khususnya aluminium foil bila bertemu dengan bensin. Letakkan aluminium foil, beri sedikit bensin. Lakukan panggilan di dekat kedua benda tadi. Tunggu beberapa saat, aluminium foil akan terbakar karena pengaruh radiasi handphone tersebut. Untuk berjaga-jaga, hindari meletakkan handphone di bagasi motor ya, Takaiters.

Tidak jauh berbeda dengan percobaan di atas, handphone yang diletakkan di bagasi motor dalam waktu yang lama dengan mesin motor dalam keadaan menyala, dapat meyulut percikan api hingga terjadi kebakaran. Hati-hati ya, Guys, jangan sampai hal itu terjadi pada diri kita dan orang-orang yang kita sayangi!

Pilihan Editor

4. Merusak Panel-Panel Elektrik

Foto: arbamedia.com

Takaiters, pernahkah kalian menemukan larangan menyalakan handphone di SPBU, rumah sakit, atau bahkan di pesawat? Itu bukan sekedar pajangan, lho. Gelombang radiasi pada handphone berpotensi mengacaukan angka-angka di meteran SPBU. Alat-alat kesehatan yang terpasang di rumah sakit juga rentan dengan sinyal yang berasal dari handphone yang menyala. Selain itu, sistem navigasi pesawat bisa menjadi kacau karena sinyal yang dipancarkan oleh handphone. Kecelakaan adalah hal yang paling fatal jika masih abai terhadap peringatan tersebut. Ih, ngeri ya, Guys!

5. Merubah DNA

Foto: intisari.grid.id

Sinyal eletromagnetik jika digabungkan dengan benda elektrik yang juga memancarkan gelombang elektromagnetik seperti televisi apabila terakumulasi dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan perubahan pada DNA. Membran sel bisa mati. Radikal bebas terbentuk di dalam tubuh. Kemampuan DNA untuk memperbaiki diri akan hilang. Hal ini pulalah yang dapat memicu tumbuh dan berkembangnya kanker yang sudah merenggut banyak nyawa manusia. Wah, ini juga tidak kalah ngerinya lho, Guys!

6. Menghambat Kerja Jantung, Ginjal dan Menyebabkan Kemandulan

Foto: gadgetsloud.com

Tempat paling praktis untuk menyimpan handphone biasanya di saku baju maupun celana. Waspadalah, Takaiters! Kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung, ginjal, dan alat reproduksi. Radiasi pada handphone dapat mengganggu kerja jantung dan ginjal, bahkan mematikan sperma, dan juga dapat mengakibatkan infertilitas atau kemandulan. Tidak mau kan, calon-calon keturunan kita musnah begitu saja karena radiasi yang berasal dari handphone?

Hanya dengan sedikit sentuhan, handphone bisa membantu mempermudah berbagai urusan manusia. Bahkan bisa digunakan sebagai salah satu alat antimainsteam untuk mematangkan bahan makanan. Tapi perlu diingat ya, Takaiters, bahwa makanan yang diproses dengan menggunakan radiasi elektromagnetik, tidak benar-benar aman untuk kesehatan. Bijaklah pula dalam menggunakan si mungil ini, agar dampak buruk yang mengintai dapat dihindari.