Hola, Takaiters!

Bulan April merupakan musim semi di mana bunga-bunga tulip bermekaran hingga awal Mei mendatang. Festival tulip pun digelar besar-besaran untuk menyambut musim semi tiba. Kamu bisa menikmati indahnya warna warni tulip sambil menghilangkan penat.

Tapi, Guys, kita tidak sedang membicarakan Belanda yang identik dengan tulip, lho. Festival tulip terbesar setiap musim semi itu sebenarnya ada di negara Turki. Wow? Benarkah?

Tulip Merupakan Warisan Kesultanan Turki

asal mula bunga Tulip
Foto : hdfondos.eu

Pada mulanya, tulip adalah bunga liar yang tumbuh di pegunungan negara-negara di kawasan Asia Tengah seperti Kazakhstan. Pada tahun 1000, kerajaan Ottoman tertarik dengan keindahan bunga tulip sampai-sampai bunga tulip dibudidayakan. Sejak saat itulah bunga tulip mulai naik daun, dari bunga liar hingga menjadi bunga nasional negara Turki.

Keindahan tulip pun tidak hanya dapat dilihat di festival saat musim semi tiba, tetapi banyak ornamen serta puisi-puisi yang menggambarkan keindahan bunga dengan nama latin tulipa ini, lho, Guys!

Asal Mula Nama Bunga Tulip

asal mula bunga Tulip
Foto : Hari Prasetyo

Guys, rupanya nama tulip itu berasal dari bahasa Turki yang artinya ‘turban’ atau ‘sorban’, lho. Disebut ‘turban’ atau ‘sorban’ karena bentuk kelopak tulip sebelum mekar benar-benar sempurna menyerui turban atau penutup kepala yang sering dipakai oleh pria Turki pada masa itu. Orang Turki sendiri menyebut tulip dengan sebutan ‘Lale’ yang merupakan sebutan untuk bunga lili.

Pilihan Editor



Era Kejayaan Tulip

asal mula bunga Tulip
Foto : serbalanda.wordpress.com

Seorang kaisar Ottoman yang berkuasa pada tahun 1520-1566 yang disebut Sultan Suleiman I merupakan seorang penguasa hebat. Dialah yang menjadikan tulip sebagai bunga resmi di istananya. Hingga penguasa berikutnya, Sultan Murad IV mengeluarkan daftar varietas bunga tulip pada tahun 1630.

Dan masa kejayaan tulip mencapai puncaknya ketika Turki dipimpin oleh Sultan Ahmed III pada tahun 1703-1730. Pada masa itulah Turki dikenal sebagai “Lale Devri” atau Era Tulip. Sultan Ahmed III rupanya sangat mencintai bunga tulip sampai-sampai beliau mengeluarkan peraturan tegas tentang aturan perdagangan bunga tulip. Bunga tulip pun mencapai harga yang sangat tinggi pada masa itu, lho, Guys!

Pada masa Sultan Ahmed III, istana memiliki dewan khusus untuk membudidayakan bunga tulip. Dewan itu akan melakukan penilaian akan kualitas berbagai macam jenis bunga tulip dan memberikannya nama-nama yang indah. Duh, sampai segitunya, ya, Guys!

Sejak saat itulah, budidaya bunga tulip pun merambah ke negara-negara lain di kawasan Asia Tengah seperti Rusia dan pesisir Laut Hitam. Bukan hanya dikenal indah lewat bunganya, rupanya tulip juga kerap disanjung-sanjung dalam puisi para penyair sufi hingga kepopulerannya pun sampai pada Austria (Eropa Timur) yang berada di bawah kekuasaan Turki Ustmani.

Perjalanan Bunga Tulip Hingga ke Negeri Kincir Angin

asal mula bunga Tulip
Foto : img-z.okeinfo.net

Selama ini, tulip selalu diidentikkan dengan negeri Belanda, ya, Guys. Bahkan ratusan ribu orang datang setiap tahunnya hanya demi melihat keindahan bunga tulip yang banyak ditanam di taman-taman negera Kincir Angin tersebut. Sampai-sampai negera Belanda dijuluki Negeri Bunga Tulip.

Tidak banyak yang tahu sejarah bunga tulip yang sebenarnya. Bunga tulip baru dikenal di Belanda pada tahun 1594, lho. Carolus Clusius yang merupakan ahli Botani mendapat hadiah bibit tulip dari Duta Besar Konstantinopel, Oghier Ghislain de Busbecq. Bibit bunga itu pun akhirnya ditanam di Hortus Botanicus of Leiden yang merupakan taman Botani tertua di Eropa. Kemudian barulah komunitas holtikultura Belanda dan Inggris memikirkan klasifikasi bunga tulip yang telah dilakukan jauh sebelum itu oleh para perangkai bunga Turki kesultanan Ahmed III.

Setelah itu, bunga tulip pun sangat populer di Belanda hingga terjadi demam tulip juga di sana, lho, Guys. Dan pada tahun 1949 dibukalah taman bunga terbesar di dunia, Keukenhof yang sampai sekarang didatangi ratusan ribu wisatawan setiap tahunnya hanya demi melihat indahnya bunga tulip di musim semi.

Tempat Terbaik Menikmati Keindahan Bunga Tulip

asal mula bunga Tulip
Foto : Rahmatul Furqan

Emirgan park yang dibuka sejak 2006 ini merupakan cara Turki untuk mengambil haknya kembali yang telah diklaim oleh Belanda. Setiap tahun pada bulan April hingga Mei kamu bisa menikmati festival bunga tulip di taman yang memanjang di sisi selat Bosphorus kota Istanmbul bagian Eropa.

Kamu tidak dipungut biaya sepeser pun jika berkunjung ke taman tulip ini, lho, Guys! Berbeda dengan Keukenhof yang harus merogoh kantong hingga 16 euro per orang tidak termasuk parkir. Sedangkan di Emirgan Park kamu cukup membayar sekitar 50 ribu rupiah jika membawa mobil. Duh, asyik banget, ya.

Butuh waktu hingga 4 jam untuk mengelilingi taman bunga ini, ya, Guys. Jadi kamu harus siapkan stamina kuat, nih. Tapi, jangan khawatir, Guys. Jika kamu tidak punya waktu cukup, kamu bisa, lho, naik mobil dan berkeliling karena jalannya pun cukup lebar untuk dilalui mobil. Jadi, bisa hemat energi, ya.

Taman ini berbukit-bukit dan keindahannya melebihi pesona festival tulip di Belanda, lho! Dalam festival ini telah ditanam hampir 100 juta tulip, lho, Guys! Duh, banyak banget, ya. Kamu bisa melihat 100 jenis tulip yang ditanam dan ditata dengan bentuk yang sangat apik dan menarik. Baik di bukit-bukit hingga kelandaian.

Di puncak bukit Emirgan kamu juga bisa minum kopi di kafe yang telah tersedia di sana, lho, Guys.

Nah, jika kamu merasa kesulitan menjangkau Emirgan Park karena lokasinya yang berjauhan dengan area pariwisata Sultan Ahmed, kamu juga bisa menikmatinya di taman tulip yang dekat dengan Blue Mosque dan Hagia Sophia, lho. Selain itu, ada juga Guilhane Park yang terletak tidak jauh dari Topkapi Palace bahkan memang termasuk satu area juga, lho.

Ketika memasuki area ini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa. Tulip beraneka warna yang dibentuk dengan sangat cantik serta jalan-jalan yang resik membuat kamu akan berdecak kagum karenanya. Subhanallah, sungguh luar biasa, ya, Guys!

Sepanjang berlangsungnya festival tulip setiap tahunnya, kamu tidak hanya akan melihat tulip di taman-taman tertentu, bahkan di sepanjang jalan hingga taman kecil pun akan dipenuhi dengan tulip, lho.

Duh, jadi pengen traveling ke Turki, ya, Guys! Selain termasuk penghasil jacket kulit terbaik, rupanya Turki juga punya warisan keindahan bunga tulip yang sayang banget untuk dilewatkan. Gimana, Guys, kapan kita pergi ke Turki?