Halo, Takaiters!

Tak terasa sudah hampir dua pekan kita menjalani bulan April, ya, tapi tahukah kalian ada banyak peristiwa atau peringatan penting di bulan ini, lho. Yuk intip ada apa saja sih di bulan April ini?

1. Children Abuse Prevention Month

Foto: twitter.com

Di USA, bulan April ditetapkan sebagai bulan anti kekerasan terhadap anak, Guys! Peringatan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 80-an. Untuk menegaskan kembali, tahun 2016 Presiden US pada saat itu, Barack Obama, kemudian mencanangkan ulang bulan April sebagai National Children Abuse Prevention Month. Latar belakangnya adalah keprihatinannya akan semakin maraknya kekerasan yang dialami oleh anak-anak, bahkan oleh orang tuanya sendiri. Walaupun dinobatkan sebagai hari nasional di USA, namun peringatan ini diharapkan bisa menebarkan semangat positif untuk memerangi kekerasan pada anak ke seluruh dunia. Semoga tidak ada lagi, ya, Guys anak-anak yang mengalami kekerasan!

2. World Autism Awareness Day

Foto: trasarobertsoncobern.com

Tanggal 2 April dicanangkan oleh PBB tahun 1989 sebagai hari kepedulian autisme sedunia. Peringatan ini bertujuan agar masyarakat dunia semakin aware terhadap autisme dan menjunjung kesetaraan bagi mereka yang autis. Hal ini dirasa penting, karena masih banyak dari mereka yang mendapatkan perlakuan yang tidak baik di masyarakat, lho, Guys! Individu dengan autisme berhak mendapat kesempatan dan perlakuan yang sama dengan individu lainnya.

Seperti di tahun sebelumnya, tahun ini, Yayasan Autism Indonesia bersama pemprov DKI Jakarta juga turut memperingatinya dengan kampanye Light Up Blue yaitu menyinari beberapa monumen atau tugu penting dengan lampu biru. Warna biru melambangkan penerimaan masyarakat terhadap individu autisme tanpa diskriminasi. Yuk, kita dukung kampanye ini, dengan sikap menerima secara terbuka teman-teman dengan autisme, ya, Guys!

3. World Health Day

Foto: wncap.org

Ada satu peringatan penting lagi, lho, Guys, yang sudah kita lewati! Yup! Hari kesehatan dunia yang jatuh pada tanggal 7 April lalu. Guna memperingati hari berdirinya WHO, tanggal 7 April dicanangkan sebagai hari kesehatan dunia sejak tahun 1950, Guys!

Dalam peringatannya, WHO ingin membuat seluruh dunia menyadari tentang berbagai isu global tentang kesehatan dengan menyelenggarakan berbagai acara bertema. Setiap tahunnya WHO selalu mengusung tema berbeda, lho, Guys! Nah, tahun 2018 ini temanya adalah Universal Health Coverage: Everyone, Everywhere. Sudah jelas dari tema ini, WHO berharap bahwa kesehatan yang baik dapat dicapai di seluruh lapisan masyarakat dunia. Kita doakan semoga bisa tercapai, ya, Guys!

Pilihan Editor


4. Earth World Day

Foto: hdwallpapersfreedownload.com

Berawal dari kepeduliannya terhaap kondisi lingkungan yang makin memprihatinkan dengan banyaknya polusi, Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada tahun 1970 mencanangkan tgl 22 April sebagai Hari Bumi. Walaupun ada beberapa versi tentang Hari Bumi, namun kampanye ini sudah banyak diikuti oleh negara lain karena dinilai positif.

Biasanya, Hari Bumi diperingati dengan melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Tujuannya untuk menjaga bumi ini agar tetap dalam kondisi sehat, baik, asri, dan bersih. Yuk, rayakan hari bumi dengan mulai menjaga lingkungan sekitar kita, Guys!

5. Book World Day

Foto: www.discoverwellingborough.co.uk

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sehari setelah hari bumi, ada juga hari penting lainnya yaitu Hari Buku Sedunia yang dikenal juga dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April.

UNESCO mencanangkan hari buku sedunia guna mempromosikan peran membaca dan hak cipta. Beberapa negara di  dunia merayakannya dengan bermacam-macam aktivitas literasi dan hak cipta. Dari mulai story telling, award untuk buku terbaik, sampai donasi buku bagi anak-anak kurang mampu, sering dilakukan pada hari buku ini.

6. Hari Kartini

Foto: sekolahgratis.org

Last but not least! Pasti masih ingat, dong, dulu, waktu TK, kenapa  setiap tanggal 21 April kita pasti sibuk pakai baju adat? Yap! Untuk memperingati hari Kartini! Hari Kartini memang identik dengan menggunakan pakaian adat. Hal ini konon dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap pakaian tradisional yang selalu dikenakan Kartini, dan mengandung unsur kesetaraan di nusantara.

Hari Kartini dicanangkan oleh presiden Soekarno untuk menghormati jasa besar RA. Kartini akan perjuangannya terhadap kesetaraan kaum wanita Indonesia. Tapi jangan lupa, lho, Guys, selain Kartini masih banyak pelopor perjuangan emansipasi wanita lainnya yang patut kita ingat, hormati, dan dijadikan panutan!

Nah, itu tadi peristiwa-peristiwa penting di bulan April! Jangan lupa untuk memperingatinya dengan hal positif, ya, Guys! Selain itu, benar-benar dipahami maknanya, ya, sehingga bisa diaplikasikan sehari-hari, nggak cuman di bulan April saja! Let’s make a better world, Guys!