Holla Takaiters,

Sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru. Bukan hanya di Indonesia saja tapi tahun baru ini dirayakan oleh seluruh warga dunia. Selain identik dengan menyalakan  kembang api, perayaan tahun baru ini juga biasanya identik dengan acara makan-makan. Uniknya, beberapa negara mempunyai kepercayaan bahwa  makanan tertentu jika di makan di tahun baru akan mendatangkan keberuntungan.

Mau tahu makanan apa dan dari negara mana? Berikut ulasannya.


1. Black Eyed Peas (Kacang polong hitam) di Amerika Selatan

5 makanan keberuntungan di tahun baru
Foto : idntimes.com

Warga Amerika selatan percaya bahwa Black Eyed Peas membawa keberuntungan. Hal itu berkaitan dengan sejarah Perang Sipil Amerika. Selama Perang Sipil Amerika, ketika pasukan Sherman menduduki Selatan, mereka menghancurkan semua tanaman dan ternak untuk kepentingan mereka sendiri tetapi mereka tidak menghancurkan kacang polong hitam karena mereka menganggapnya hanya untuk pakan ternak.

Hal tersebut menjadi rezeki bagi orang-orang Selatan yang kelaparan dan menjadi simbol keberuntungan. Sehingga sampai saat ini mereka selalu menyediakan kacang polong hitam sebagai menu makan malam ditahun baru.

2. Memakan 12 Anggur di Spanyol

5 makanan keberuntungan di tahun baru
Foto : .bp.blogspot.com

Warga  Spanyol akan akan memakan 12 anggur pada malam pergantian tahun. Kebiasaan ini muncul pada abad 20. Saat tengah malam, setiap kali bunyi lonceng, mereka menaruh anggur di mulut mereka dan pada saat jam selesai berdentang, semua orang harus menyelesaikan anggur mereka namun pada kenyataannya mereka masih memiliki buah anggur di mulutnya ketika jam berhenti berdentang.

Biasanya mereka mulai saling memandang dan tertawa.  Orang-orang Spanyol percaya bahwa jika mereka memakan 12 anggur tepat ketika malam pergantian tahun baru maka 12 bulan kedepan akan dipenuhi dengan keberuntungan.

3. Memakan Osechi Ryori di Jepang

5 makanan keberuntungan di tahun baru
Foto : 2.bp.blogspot.com

Warga Jepang biasa menyediakan masakan Osechi (Osechi ryori) untuk menyambut tahun baru. Biasanya masakan ini dikemas dalam 2-3 lapis kotak kayu yang disebut jubako. Seluruh keluarga akan berbagi satu jubako untuk dinikmati di hari tahun baru. Kotak kayu bersusun atau jubako dipercaya melambangkan harapan, bahwa kebahagiaan & kekayaan akan berlapis-lapis. Salah satu makanan yang biasanya terdapat dalam jubako adalah kuri kinton yang di percaya melambangkan kemakmuran di tahun baru.

4. Kue Vasilopita di Mesir

5 makanan keberuntungan di tahun baru
Foto : idntimes.com

Kue Vasilopita adalah kue yang biasa dibuat oleh setiap keluarga di Mesir. Ketika membuat kue ini mereka menyembunyikan sebuah koin di dalamnya. Saat  tengah malam pada saat pergantian tahun baru, vasilopita akan dipotong.  Bagi mereka yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya dipercaya bahwa ia akan mendapatkan keberuntungan di tahun mendatang.

5. Delima merah di Turki

5 makanan keberuntungan di tahun baru
Foto : idntimes.com

Saat pergantian malam tahun baru, warga Turki akan mengambil buah delima dan menghancurkannya di lantai atau di depan pintu. Mereka percaya Semakin banyak potongan yang dipecahkan, semakin banyak keberuntungan yang akan mereka dapatkan di Tahun Baru.

Mengapa buah delima? Karena mereka meyakini bahwa warna merah delima mewakili hati manusia, menunjukkan kehidupan dan kesuburan, sifat delima yang dapat dijadikan obat mewakili kesehatan, dan benihnya berlimpah mewakili kemakmuran. Warga Turki mengharapkan semua hal itu mereka dapatkan di tahun baru.


Nah, itu dia makanan dari berbagai Negara yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Hmm, kalau di Indonesia, jagung bakar membawa apa ya?