Penah nggak sih merasa ngantuk berat padahal jam pulang ngampus dan ngantor masih lama? Biasanya selain cuci muka, ngapain aja Guys? Minum kopi kah? Atau makan bakso? Nah, bakso memang sering disebut-sebut sebagai jajanan yang bikin seger ya. Udah dari zaman baheula itu mah, hehe.

Sekali-kali kamu harus coba 5 jajanan hot jeletot alias super pedas ini Guys. Selain nggak kalah enak dengan bakso, jajanan ini sedang kekinian di wilayah Bandung, Sumedang, dan kota lainnya di Jawa Barat.

Tapi jangan khawatir, kini aneka jajanan ini bisa kamu jumpai di mana pun. Nah, Siap-siap ngiler . Kita mulai ulas 5 jajanan yang bisa bikin ngantukmu hilang ini, yuk cekidot.


1. Seblak

jajanan paling populer bikin kenyang
Foto : duniainter.net

Siapa yang nggak kenal dengan seblak. Makanan yang dikenal berasal dari Bandung ini, kini bisa kamu temui di mana pun Guys. Bahkan, sekarang para pelaku bisnis sudah meraup untung dari menjual seblak kemasan yang dipasarkan secara online. Wah bisnis yang menggiurkan.

Nah, makanan yang satu ini perpaduan antara kerupuk mentah, makaroni yang dimasak dengan aneka macam bumbu dapur. Seperti kencur, bawang putih, cabe rawit, dan berbagai campuran di dalamnya. Sudah pasti hot jeletot banget nih. Dijamin langsung melek deh.

Pilihan Editor

2. Nasi Gila

jajanan paling populer bikin kenyang
Foto : slimmingeats.com

Nah, nasi gila ini cocok untuk penggemar nasi goreng special nih. Sebenarnya ini memang nasi goreng Guys. Cuma, campuran cabenya lebih buanyak dibanding nasgor biasa. Komposisinya pun sama. Nasi, telur, ayam suwir, sosin, dan lain-lain. Ah, masak sendiri juga bisa guys. Bahan-bahannya mudah ditemui ya. Cabenya saja yang banyakin.

3. Mie Setan

jajanan paling populer bikin kenyang
Foto : ulinulin.com

Ih serem. Haha, nggak usah takut Guys. Ini Mie cuma namanya doang pake setan. Aslinya ini mie goreng yang pedas pake banget. Penyajiannya sederhana, mie goreng dengan campuran cabe yang banyak, dan dihiasi irisan timun dan tomat. Gitu doang sih. Tapi, jajanan ini laris banget di Sumedang. Saya salah satu penikmatnya lho, hehe.

4. Ceker Setan

jajanan paling populer bikin kenyang
Foto : viva.co.id

Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar ceker ayam yang dimasak dengan bumbu dapur seperti bawang, kencur, dan teman-temannya Guys. Nggak beda jauh sih dengan seblak, hanya saja komposisinya tidak sebanyak seblak. Ceker ayam tetap menjadi pemeran utama dalam jajanan ini. Rasanya pun jangan ditanya, lezat atuh. Dan, tentunya pedasnya pol. Tapi, sesuai selera ya Guys. Buat kamu yang tidak terlalu suka pedas, jangan coba-coba deh.

5. Cilok Goang

jajanan paling populer bikin kenyang
Foto : tokopedia

Nah…. Ini lho makanan yang nyunda banget. Karena untuk goang itu sendiri, sebenarnya berasal dari salah satu jenis sambel kesukaan orang Sunda. Ya, sambel yang komposisinya, cabe rawit dan garam saja Guys. Tapi, di jajanan cilok ini, goank hanya diciptakan sebagai tanda kalau cilok yang satu ini pedas kebangetan. Dimasaknya sih masih sama seperti seblak dan jajanan pedas di atas. Hanya berbeda nama dan bahan utamanya. Ya, seperti cilok goank ini. Yang menggunakan cilok yang biasanya dipadu padankan dengan bumbu kacang, kali ini berdampingan dengan bumbu seblak.


Wah, ngiler ya Guys. Jajanan pedas memang bisa membuat mata kembali cenghar, kalau kata orang Sunda mah. Tapi, harus diingat juga ya, terlalu banyak makan makanan pedas juga berbahaya untuk kesehatan. Berhati-hatilah dalam memilih jajanan ya. Semoga, saya, kamu, dan kita semua bisa lebih bijak lagi dalam menyantap jajanan unik di Indonesia. Yang jelas, jangan terlalu pedas ya. Hehe.