Ranah minang selalu menyajikan panorama bagi siapapun pelancong yang hadir ke daerah ini. Tak terkecuali para perantau yang rindu kampung halaman, bisa mengeksplorasi berbagai tempat wisata di Sumatera Barat.

Kamu dapat memilih berbagai alternatif wisata disini, mulai dari wisata kuliner, wisata sejarah, wisata alam, maupun wisata religi, semuanya lengkap. Namun dari sekian banyak pilihan wisata tersebut, ada 5 lokasi wisata di ranah Minang yang mirip dengan objek wisata di luar negeri. Apa saja itu? Check this out!

Grand Canyon dan Ngarai Sianok

Grand Canyon adalah salah satu ikon negara Amerika Serikat. Taman Nasional yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini terdapat di Sungai Colorado, Arizona Utara. Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada  tahun 1540. Salah satu ciri khas dari Grand Canyon ini adalah keindahan tebing-tebing terjal yang diukir oleh aliran sungai Colorado selama jutaan tahun lamanya.

wisata sumbar mirip luar negeri
Grand Canyon (Foto : 4..bp.blogspot.com)

Jika di Amerika Serita terdapat Grand Canyon, maka di Sumatera Barat pun Kamu akan menemukan keindahaan tebing-tebing curam di Ngarai Sianok. Objek wisata ini terdapat di Kecamatan IV Koto, yakni perbatasan antara Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam. Selain keindahan tebing-tebing curam, kamu juga dimanjakan oleh pemandangan hamparan lembah yang menghijau.

wisata sumbar mirip luar negeri
Ngarai Sianok (Foto : chasing320.wordpress.com)

Ketika berkunjung ke Ngarai Sianok, kamu akan melihat hijaunya pepohonan disana, berpadu dengan sungai jernih yang membelah tebing-tebing curam di ngarai tersebut. Ngarai Sianok sendiri memiliki jurang sedalam 100 meter, dan memiliki panjang sejauh 15 km dengan lebar 200 meter. Kamu tidak akan kecewa jika menyempatkan diri ke objek wisata ini.

PILIHAN EDITOR

Big Ben dan Jam Gadang

Bagi yang suka berkunjung ke Inggris, pasti mengenal ikon yang satu ini, Big Ben sudah menjadi ikon negara ini sejak lama. Menara jam yang terletak di London ini telah dibangun sejak tahun 1858 dan mulai berdetak sejak 31 Mei 1859. Nama resmi dari Big Ben sendiri adalah Elizabeth Tower, sebab didirikan bersamaan dengan pesta 60 tahun Ratu Elizabeth II memimpin Britania Raya. Saat ini Big Ben menjadi menara jam terbesar ketiga di dunia.

wisata sumbar mirip luar negeri
Big Ben Inggris (Foto : ndtvimg.com)

Tak berbeda jauh dengan Big Ben, Sumatera Barat pun memiliki ikon menara jamnya tersendiri. Jika kamu berkunjung ke Kota Bukittinggi, kamu akan menemukan menara jam yang sangat terkenal yaitu Jam Gadang. Jam Gadang berasal dari bahasa minang yang artinya jam besar. Jam ini pun sudah berusia cukup tua, karena dibangun pada zaman colonial Belanda.

wisata sumbar mirip luar negeri
Jam Gadang (Foto : lihat.co.id)

Jam yang dibangun tahun 1926 ini memiliki keunikan tersendiri. Jika diperhatikan secara seksama, angka empat romawinya tidak berlambangkan “IV” sebagaimana lazimnya, namun diganti menjadi “IIII”. Menarik bukan?

Tembok Besar Tiongkok dan Janjang Saribu Koto Gadang

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Tembok Besar yang terdapat di negara Tiongkok. Bahkan tembok besar ini menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Tembok ini merupakan bangunan terpanjang di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Berdasarkan data dari sejarah Tingkok, bangunan ini dibangun pada zaman Dinasti Ming dan memiliki panjang sekitar 5.000 km. Menakjubkan sekali.

wisata sumbar mirip luar negeri
Tembok besar Tiongkok (Foto : utiket.com)

Kalau di negara Tiongkok ada tembok besar, maka di Sumatera Barat terdapat Janjang Saribu Koto Gadang. Sesuai dengan namanya, lokasi wisata ini memiliki jenjang yang jumlahnya hampir seribu. Objek wisata ini baru dibuka pada tahun 2013. Awalnya objek wisata ini hanyalah jalan setapak yang menghubungkan antara Nagari (desa) Koto Gadang dengan Nagari Ngarai. Namun, dengan ide kreatif masyarakat dan dukungan pemerintah setempat, dibangunlah jenjang yang dibuat mirip dengan Tembok Besar Tiongkok.

wisata sumbar mirip luar negeri
Janjang Saribu Koto Gadang (Foto : kubikelyusuf.wordpress.com)

Selain keunikannya, panorama disekitar Janjang Seribu juga menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi lokasinya terhubung dengan ikon lain Kota Bukittinggi yakni Ngarai Sianok. Jika tak sempat ke Tiongkok, tak ada salahnya kamu mengunjungi tempat ini.

New Zealand dan Lapangan Rumput Padang Mangateh

New Zealand sangat identik sebagai negara penghasil susu segar di dunia. Sehingga tak heran banyak sapi yang sengaja diternakkan agar dapat menghasilkan susu terbaik. Namun uniknya, sapi-sapi yang diternakkan tersebut sengaja dilepas begitu saja. Hal ini tak terlepas karena New Zealand memiliki padang rumput yang begitu luas. Saat ini New Zealand menjadi salah satu negara eksportir makanan terbaik dan terbanyak di dunia.

wisata sumbar mirip luar negeri
Padang Rumput New Zealand (Foto : jomjalan.com)

Ternyata di Sumatera Barat pun terdapat lokasi peternakan sapi yang mirip dengan New Zealand. Peternakan sapi itu terdapat di Nagari Padang Mangateh. Sejak awal pendiriannya, peternakan ini memang diperuntukkan untuk penangkaran sapi dengan varietas terbaik. Lapangan Rumput Padang Mangateh memiliki area seluas 280 hektar dan berada di pinggang Gunung Sago, Kabupaten Lima Puluh Kota.

wisata sumbar mirip luar negeri
Padang Mangateh (Foto : 2.bp.blogspot.com)

Hollywood dan Sawahlunto

Hollywood merupakan nama sebuah distrik yang terdapat di negara bagian Los Angeles, Amerika Serikat. Lazimnya, orang mengenal nama Hollywood karena menjadi ikon perfilman dunia. Industri perfilman menjadi roda perekonomian penting bagi disktrik ini. Selain filmnya, terdapat pula ikon distrik yang sangat terkenal yakni tulisan “HOLLYWOOD” yang membentang di perbukitan distrik ini. Tulisan berwarna putih tersebut seakan identik dengan menghiasi distrik ini.

wisata sumbar mirip luar negeri
Hollywood (Foto : travelandleisure.com)

Kalau di Amerika Serikat ada Hollywood, maka di Sumatera Barat ada Sawahlunto. Belakangan ini tulisan “SAWAHLUNTO” mendadak viral karena ada yang menyandingkannya dengan ikon Amerika Tersebut. Uniknya, tulisan ini juga dibangun di perbukitan Kota Sawahlunto, sehingga menjadi menyambut kedatangan wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

wisata sumbar mirip luar negeri
Sawahlunto (Foto : yukpiknik.com)

Itulah beberapa objek wisata di Sumatera Barat yang mirip dengan tempat wisata lainnya di dunia. Bagi kamu yang senang melancong, tak ada salahnya jika kamu menjadikan Sumatera Barat sebagai list utama liburanmu kali ini. Selamat berlibur.