Halo, Takaiters!

Masih banyak perusahaan kosmetik dan publik figur yang menekankan keindahan kulit putih, meskipun sudah banyak diprotes di seluruh dunia sejak dahulu kala. Padahal, warna kulit alami seseorang tidak mendefinisikan apapun, murni hanya karena perbedaan pigmentasinya. Banyak orang berusaha membuat kulitnya lebih putih hanya karena definisi bahwa kulit putih itu indah dikomersilkan.

Salah satu cara memutihkan kulit adalah dengan menggunakan krim atau losion pemutih kulit yang banyak beredar di pasaran. Namun, apakah kamu tahu bahwa whitening lotion atau krim pemutih itu bisa benar-benar memutihkan kulitmu? Amankah untuk digunakan dalam jangka panjang? Simak dulu yuk, fakta-faktanya!

1. Produk pemutih kulit bekerja dengan cara mengurangi pigmen atau melanin kulit

Fakta whitening lotion
Foto: rickys-nyc.com

Banyak sekali produk pemutih kulit yang beredar di pasaran seperti krim penyamar noda, hingga krim bleaching. Kebanyakan orang menggunakan pemutih kulit sebagai solusi berbagai permasalahan kulit seperti noda penuaan, bekas jerawat, atau perubahan warna kulit yang disebabkan oleh hormon. Tak hanya itu, banyak juga yang melakukannya hanya untuk mencerahkan kulit alaminya yang memang gelap.

2. Warna kulit seseorang dipengaruhi oleh jumlah melanin dalam kulit yang bisa ‘dipermainkan’

Fakta whitening lotion
Foto: healthsite.com

 

Tubuh kita memiliki sel khusus bernama melanocytes yang tugasnya memproduksi melanin atau pigmen pada kulit. Makin banyak melaninnya, maka makin gelap warna kulit seseorang. Faktor genetik mempengaruhi jumlah alami melanin di kulitmu. Paparan bahan kimia tertentu, cahaya matahari, hingga hormon pun juga bisa mempengaruhi produksi melanin tersebut.

Namun, perubahan warna kulit umumnya akan pulih dengan sendirinya. Misalnya, kulit berubah menjadi gelap karena paparan sinar matahari akan memudar ketika jumlah paparan langsung ke sinar matahari berkurang seiring berjalannya waktu. Tapi, berbeda halnya dengan bintik-bintik ‘usia’ yang cenderung permanen dan susah untuk hilang dengan sendirinya.

Pilihan Editor

3. Ada risiko kesehatan berbahaya terkait penggunaan krim atau losion pemutih untuk mengubah warna kulitmu

Fakta whitening lotion
Foto: itstrulyjackqueline.wordpress.com

Jangan sembarangan memiliki produk pemutih kulit, karena kamu wajib tahu perbedaan krim atau losion yang berupa lightening dan bleacher. Menurut para ahli kosmetika, umumnya orang sering bermasalah karena keliru menggunakan bleacher ketika ingin menggunakan skin lightening.

Alangkah baiknya jika kamu menjauhi bleachers kulit. Jangan sampai warna kulit alamimu terhapus dan menimbulkan risiko berbahaya bagi dirimu sendiri. Pikiran yang menganggap bahwa pemutih kulit itu buruk sebenarnya adalah skin bleacher bukannya lightening. Tapi, jauh lebih baik lagi jika kamu bisa mencegah pigmen terbentuk karena lebih minim risiko, aman, dan permanen hasilnya.

4. Ada 3 kandungan utama dalam produk pemutih kulit, ketahui dulu komposisinya dengan seksama

Fakta whitening lotion
Foto: wmprocess.com

Kandungan 3 bahan utama yang paling sering terdapat pada produk pemutih kulit adalah merkuri, kojic acid, dan hydroquinone. Seperti yang sudah kamu ketahui, hydroquinone (2 persen) merupakan bahan pemutih kulit yang efektif digunakan di seluruh dunia. Tapi, jika digunakan dengan tidak benar bisa menyebabkan perubahan warna dan ochronosis. Kojic acid merupakan bahan alami pemutih kulit yang efektif minim risiko, tak seperti hydroquinon. Permasalahannya adalah cukup dengan 4 persen hydroquinone, mampu memutihkan kulit lebih cepat daripada 0,75 persen kojic acid.

Faktanya, menurut laporan dari FDA, masih banyak sekali perusahaan kosmetik di seluruh dunia yang masih menggunakan merkuri dalam bahan pembuatan produk mereka. Merkuri memang diklaim efektif untuk memutihkan kulit dan beberapa negara tidak melarang pencampurannya ke dalam kosmetik dan losion. Padahal, merkuri sangat berbahaya bagi tubuh, karena bisa memicu keracunan dan berbagai masalah kesehatan serius. Kamu pun harus waspada, karena merkuri bisa dicantumkan dalam berbagai istilah yang berbeda, lho.

Sekarang kamu tahu kan, bahwa produk pemutih kulit dengan kandungan bahan tertentu bisa benar-benar bekerja. Hanya saja, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kulit sebelum memutuskan menggunakan produk tertentu, agar efektif sesuai tujuan dan juga mengurangi risiko yang membahayakan kesehatan. Pastikan juga produk pemutih kulitmu tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri dan hydroquinone lebih dari 2 persen. Sebelum memutuskan untuk menggunakan produk pemutih, ketahuilah bahwa kamu sudah cantik dengan apa yang kamu miliki sekarang, hiduplah bahagia dengan cara yang tidak menyiksamu. Be beautiful just the way you are!