Halo, Takaiters!

Meskipun sudah 17 tahun telah berlalu sejak pemutaran perdananya, pesona Harry Potter masih membekas di hati para penggemarnya. Harry Potter masih menjadi satu fenomena menarik yang tak pernah kehilangan penggemar dan tetap hangat untuk diperbincangkan. Banyak orang yang masih setia menanti kelanjutan atau spin-off dari novel terlaris karya J.K Rowling ini meskipun ketujuh bukunya telah selesai dinovelkan, bahkan difilmkan ke seluruh dunia.

Di balik kesuksesan Harry Potter, ternyata banyak fakta unik yang belum terkuak lho! Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta unik dan menarik dari Harry Potter yang berhasil diungkap setelah 17 tahun filmnya dirilis. Penasaran?

1. Harry Potter Awalnya Akan Dibuat Film Animasi

Foto: deviantart

Bagi para penggemar Harry Potter yang membaca bukunya sebelum film dirilis, pasti akan sedikit kesulitan untuk membayangkan sosok bocah yang bisa menaiki sapu terbang atau menghilang tiba-tiba dengan jubah ajaib. Faktanya, Harry Potter ini dulunya memang ditawarkan untuk dibuat dalam bentuk film animasi, tetapi karena keterbatasan teknologi, akhirnya Harry Potter dibuat dalam versi real life-nya yang ternyata malah menjadi film terlaris sepanjang masa.

2. J.K. Rowling Hanya Ingin Aktor yang Berasal dari Inggris

Foto: hearstapps.com

Sesuai dengan setting tempat yang ditulis dalam novelnya, J.K. Rowling menginginkan aktor dan aktris asli Inggris saja yang boleh membintangi film ini. Oleh karena itulah, salah satu syarat dalam seleksi yang dilakukan sebelum syuting dimulai adalah harus berasal dari Inggris Raya. Alasan sang penulis cukup sederhana, yaitu ingin membuat film ini terlihat autentik seperti bukunya. Rowling berpendapat bahwa, penonton pasti akan kecewa jika film yang ditayangkan tidak sesuai dengan bukunya.

3. Aktor yang Terpilih Harus Memiliki Hubungan Baik dengan Orang Tuanya

Foto: cloudfront

Chris Colombus selaku sutradara film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone merupakan salah satu sosok yang paling berjasa terhadap kesuksesan Harry Potter. Apalagi, ia berhasil menemukan aktor dan aktris cilik yang akhirnya berhasil menjadi tokoh ikonik dari film ini sendiri.

Colombus mengatakan, ia mensyaratkan aktor dan aktris yang dicari harus berasal dari keluarga baik-baik. Keputusan ini bukan tanpa alasan, lho! Belajar dari pengalaman sang sutradara saat menggarap film Home Alone dulu, Macaulay Culkins selaku tokoh utamanya ternyata tak memiliki hubungan baik dengan keluarganya, padahal ia termasuk aktor yang sukses di masanya. Menurut Colombus, kesuksesan seorang anak harus diimbangi dengan perilaku dan hubungan baik di dalam keluarga.

Pilihan Editor


4. Daniel Radcliffe Bukanlah Kandidat Utama Pemeran Harry Potter

Liam Aiken (Foto: frostsnow.com)

 

Ternyata, mencari aktor untuk memerankan sosok Harry Potter yang polos, berani, dan cerdas itu tak semudah membalikkan telapak tangan, lho! Ada banyak sekali aktor berbakat yang sempat diajukan untuk memerankan tokoh ini. Beberapa di antaranya adalah aktor terkenal asal Inggris, seperti Liam Aiken dan Haley Joel.

5. Daniel Radcliffe, Ternyata Sempat Menolak Tawaran Peran Harry Potter

Foto: amcnetworks.com

Harry Potter sempat menjadi peran impian bagi para aktor muda di Inggris saat itu. Tak sedikit orang yang ingin sekali menggantikan Daniel Radcliffe dalam film tersebut. Namun siapa sangka, faktanya Daniel Radcliffe malah sempat menolak tawaran ini, lho!

Alasannya, orangtua Daniel Radcliffe tak ingin anaknya terlalu sering disorot oleh media dan mendapat berita negatif. Chris Colombus pun akhirnya turun tangan untuk meyakinkan mereka dan persetujuan berupa penandatanganan kontrak pun bisa terlaksana dengan baik.

6. Mendiang Robin Williams Ngotot Ingin Perankan Hagrid

Robin Williams (Foto: thedailybeast.com)

Aktor sekaligus komedian senior Robin Williams yang sudah tahu bahwa film ini akan sukses besar pernah memohon agar dilibatkan dalam proyek film Harry Potter ini. Bahkan, ia rela tidak dibayar agar bisa memerankan salah satu tokoh dalam film ini, yaitu Hagrid. Sayangnya, Colombus lebih memilih Robbie Coltrane yang menurutnya lebih pas untuk memerankan sosok salah satu guru keturunan raksasa di Hogwarts itu.

7. Emma Watson Menjalani Proses Casting yang Panjang

Foto: buzzfeed.com

Emma Watson dirasa paling cocok memerankan sosok Hermione Granger setelah melewati proses casting yang teramat panjang dalam film Harry Potter tersebut. Gadis cantik ini harus melewati delapan tahapan seleksi untuk mendapatkan peran Hermione yang salah satunya adalah casting melalui telpon dengan J.K Rowling. Faktanya, proses seleksi yang melelahkan itu tak pernah sia-sia karena Emma memang terbukti mampu memerankan sosok sahabat Harry Potter itu dengan sangat apik.

8. J.K. Rowling Menolak Tawaran Memerankan Lily Potter

Foto: NPR

Tak hanya aktor dan aktris ternama Inggris saja, faktanya sang penulis, J.K. Rowling pun sempat mendapat tawaran untuk ikut serta dalam film Harry Potter ini. Ia ditunjuk untuk melakoni peran sebagai Lily Potter, tapi dengan cepat ia menolaknya. Alasannya, Rowling merasa tidak berbakat dalam dunia akting dan tak ingin mengacaukan proses syuting yang sedang berlangsung. Oleh karena itulah, peran ini akhirnya jatuh ke tangan aktris asal Irlandia, Gerald Somerville.

Nah, itu tadi 8 fakta menarik seputar Harry Potter yang baru terungkap setelah 17 tahun berlalu pasca film perdananya rilis di seluruh dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, Potterhead mania!