Hai, Takaiters!

Asian Para Games 2018 sebentar lagi akan digelar. Tepatnya tanggal 6-13 Oktober 2018. Indonesia menjadi tuan rumah dan tentu membutuhkan support system yang tidak sedikit. Salah satunya adalah keberadaan volunteer atau sukarelawan. Keberadaan volunteer ini sangat penting karena, kegiatan besar membutuhkan kerja sama dari banyak pihak.

Sukarelawan untuk Asian Para Games 2018 dipilih melalui proses bertahap. Diawali dengan pembukaan pendaftaran di bulan Juli sampai Agustus 2018. Selanjutnya ada proses seleksi. Pengumuman volunteer yang diterima, diinformasikan pada akhir bulan Agustus 2018. Menurut jadwal, saat ini para volunteer sedang menjalani training secara umum. Setelah itu akan dilanjutkan dengan training tiap divisi, pembagian atribut ,dan bulan depan saatnya ikut berjuang mengharumkan nama bangsa. Agenda kerja para sukarelawan ini akan berakhir di tanggal 14 Oktober 2018.

Apa, ya, sisi positif menjadi volunteer?

Ada banyak hal yang bisa diperoleh dengan menjadi volunteer. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menyalurkan Hobi

Foto: indopos.co.id

Suka membantu orang lain, suka melayani orang lain, ini aktivitas yang perlu dioptimalkan. Potensi ini jika tidak dimaksimalkan, maka akan membuat jenuh. Orang yang suka melayani orang lain, akan sangat berbahagia jika potensinya tersebut dapat tersalurkan. Jika potensinya terpendam, bisa memicu tekanan batin.

Pilihan Editor:

2. Bertambah Luas Pergaulan

Foto: asiangames.tempo.co

Menjadi volunteer berarti akan bertemu banyak orang baru. Bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Poin ini akan semakin memperluas jaringan pertemanan. Kita pun akan mendapatkan banyak informasi serta hal baru dari pergaulan sesama volunteer.

3. Charger Energi Positif

Foto: pikiran-rakyat.com

Bertemu banyak orang di kegiatan positif, tentu kita akan menemukan banyak energi positif di sana. Ada banyak hal positif yang bisa kita temui. Hal tersebut bisa menjadi charger untuk diri sendiri. Ruang-ruang energi positif kembali penuh dan siap untuk disebarluaskan.

4. Mengasah Komunikasi dan Teamwork

Foto: inibaru.id

Berpartisipasi menjadi volunteer atau sukarelawan akan mengajarkan kita untuk terus mengasah ketrampilan berkomunikasi dan teamwork. Berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang-orang yang baru dikenal. Level ini sangat mengasah ketrampilan kita untuk berkomunikasi positif dan mengoptimalkan teamwork.

Ikut terlibat menjadi volunteer adalah pengalaman berharga. Tidak ada hal yang sia-sia termasuk menjadi sukarelawan sebuah kegiatan. Lelah fisik adalah konsekuensi logis ketika terlibat dalam suatu kegiatan. Namun, lelah kita akan terbayar lunas dengan pengalaman positif nan berharga saat ikut terlibat menjadi sukarelawan.