Hollaa Takaiter….
Mengunjungi sebuah kota yang terletak di Kalimantan Selatan tepatnya di kawasan kota Banjarmasin mempunyai sensasi tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Yapptt..dimana kota seribu sungai ini memiliki satu wisata unik yang cukup populer yaitu Pasar Terapung.

Pasar Terapung merupakan sebuah pasar tradisional yang terletak di atas sungai Barito tepatnya di Muara Kuin, Kalimantan Selatan. Kenapa disebut pasar terapung ? karena para pedagang di pasar ini menawarkan barang dagangannya menggunakan perahu , dan begitupun bagi yang mau beli juga harus menggunakan perahu untuk membeli. Unik yah ?

Pasar terapung
Foto oleh  Jalan2.com

Pasar Terapung ini mulai melakukan aktivitas transaksi jual beli dari jam 05.00 sampai 07.00 WIT. Yang menarik dari pasar ini adalah setiap pembeli memiliki tongkat dengan ujung kawat yang berfungsi untuk mengambil barang-barang yang mau dibeli karna sulitnya mendekati perahu yang dinaiki.

Selain itu, saat kamu menjelajahi pasar terapung ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan rumah-rumah masyarakat warga sungai Barito yang semuanya terbuat dari kayu. Rumah-rumah masyarakat disana sangat kuat berdiri walaupun bahan bangunannya terbuat dari kayu, karena kayu yang digunakan untuk membangun rumah masyarakat tersebut adalah kayu jenis Ulin yang terkenal kuat dan semakin kuat apabila terkena air.

Pasar Terapung ini sudah mendunia loh dan menjadi salah ciri khas wisata Kota Banjarmasin. Menurut kabarnya pasar ini sudah ada sejak 400 tahun silam dan hingga sekarang masih terus dilestarikan. Sungguh-sungguh budaya Indonesia yang harus dipertahankan ya. Enjoy Banjarmasin !