Hallo Takaiters,

Ragam kuliner Indonesia memang seru dan mengasyikkan. Banyak hidangan berat Nusantara yang bercita rasa mantap dan mak nyus.

Bagaimana dengan minuman tradisionalnya? Boleh dikatakan bahwa minuman tradisional Indonesia pun layak ditelusuri dan dicoba satu per satu, karena keunikan rasa dan penampilannya.

Salah satu minuman tradisional sejuta umat di Indonesia adalah kolak. Kolak adalah minuman berbahan dasar santan dan gula merah yang diisi dengan berbagai macam buah dan bahan makanan lain.

Salah satu kolak yang paling dikenal adalah kolak pisang. Minuman ini sering sekali disajikan sebagai menu takjil di bulan Ramadhan.

Minuman juara ini bisa disajikan dalam varian yang berbeda lho, guys. Kolak dapat berdandan dalam 3 macam rupa lain yang mengundang rasa penasaranmu. Yuk, cobalah menu-menu kolak unik ini :

Kolak Biji Salak

Foto: cookpad.com

Kolak ini tidak berbahan dasar salak, apalagi memakai bijinya sebagai bahan makanan yang dimasukan ke dalam kuah kolak. Nama “biji salak” memang cukup menjual dan provokatif.

Dinamakan biji salak karena kolak yang satu ini dilengkapi dengan ubi jalar yang digiling halus kemudian dibentuk seukuran biji salak. “Biji Salak” tersebut, disajikan dengan santan kelapa yang telah direbus bersama gula merah dan sedikit garam, ditambah beberapa helai daun pandan sebagai pewangi. Nikmat disantap hangat maupun dingin nih, guys.

Pilihan Editor

Kolak Ayam

Foto: carabuatresep.blogspot.com

Kolak ini memang beraliran anti-mainstream. Jika kolak pada umumnya menggunakan bahan buah maupun umbi, di daerah Gumeno, Gresik terdapat kolak yang berbeda. Namanya kolak ayam.

Kolak ini dibuat dari perpaduan santan dan gula merah yang diberi suwiran ayam dan daun bawang. Meskipun penampilannya cenderung nyeleneh, kolak ayam dipercaya sebagai obat penyembuh banyak penyakit yang mujarab dan cespleng.

Kolak Pie Pisang

Foto: glitzmedia.co

Saatnya kolak pisang naik kelas dalam bentuk pie. Portal viva.co.id melangsir sebuah berita tentang ide Dewi Utari, seorang baker pemilik toko pastry online. Dewi membagikan resep kue unik untuk dinikmati bersama dalam bulan Ramadhan, yaitu pie kolak pisang.

Kulit pie terbuat dari remahan biskuit marie yang dihaluskan dengan butter yang dilelehkan. Isian custard dibuat dari campuran telur ayam, gula palem, santan, agar-agar, dan daun pandan. Pisang dan kolang-kaling ditambahkan sebagai topping, dan dipermanis dengan buah cherry merah.

Nah, Takaiters, sudahkah kamu mencoba salah satu di antaranya? Selamat mencoba, dan jangan ragu untuk membagikan pengalamanmu saat menyantap tiga varian unik kolak di atas.