Hollaa Guys, Saya akui pasti yang baca tulisan ini pasti suka traveling kan? Yaptt,,memang traveling merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri setelah sekian lama sibuk akan pekerjaan. Selain menjadi gaya hidup seseorang, traveling memberikan rasa kebanggaan tersendiri bagi yang melakukannya.

Nah, tak selamanya juga kamu melakukan traveling bersama teman-temanmu, terkadang mereka sibuk dengan kegiatan masing-masing, maka disanalah kamu siap melakukan solo traveling alias jalan-jalan seorang diri. 😀

Melakukan jalan-jalan dengan seorang diri memberikan pengalaman tersendiri, disana kamu akan merasakan sensasi kebebasan yang jarang didapat, menjajaki beragam tempat baru tanpa ditemani siapa pun, berkesempatan bertemu orang baru, belajar kebudayaan baru dan membantu kamu menjadi lebih percaya diri.

Disisi lain, dalam melakukan solo traveling, ada kalanya suatu hal yang agak sulit kamu lakukan salah satunya adalah sering gigit jari ketika dihadapi dilema karena tidak bisa berfoto dengan leluasa. Padahal, tak dapat dipungkiri bahwa foto diri saat traveling akan membawa momen tersendiri bagi yang melakukannya.

Minta tolong orang asing, bisa saja sih. Tapi hasil foto belum tentu sesuai dengan harapanmu. Terkadang hasil foto yang dihasilkan buram, miring, tidak proporsional, bahkan ada saja bagian dari badan kita yang terpotong. Belum lagi buat kamu yang pemalu atau malas basa-basi, minta tolong pada orang asing tentunya membuatmu ragu. Nah, kalau begitu yuk, coba trik berfoto berikut ini yang bisa kamu lakukan saat solo traveling!

1. Selalu Membawa Tongsis Saat Melakukan Solo Traveling

Tips selfie ala solo traveling
Foto : Natgeo

Tips selfie yang pertama ala solo traveling adalah selalu membawa tongsis, ya memang diakui kalo penggunaan tongsis saat ini banyak dicibir orang. Tanamkan percaya dirimu dan lebih baik malu selama tiga detik berfoto pakai tongsis dan mendapat hasil foto yang indah daripada memaksakan pegang kamera dengan satu tangan yang kadang hasilnya kurang memuaskan.

PILIHAN EDITOR

2. Mencoba Menggunakan Teknik Foto yang Unik

Tips selfie ala solo traveling
Foto : Twitter.com/levitasihore

Salah satu hal agar selfie solo traveling menjadi keren adalah selalu mempunya teknik foto yang unik, hal ini dapat dilakukan dengan mencari tempat kreatif dan unik sebagai background untuk berfoto. Buat kamu yang ingin sensasi berbeda dalam fotomu, latar seperti puncak pegunungan atau pantai mungkin sudah membuatmu bosan.

Kamu bisa mengambil tempat-tempat lain yang masih berada di sekitar lokasi berfoto di dekat dermaga atau di deretan pepohonan yang menciptakan suasana dramastis dan unik. Teknik foto yang unik juga bisa diterapkan dengan pose berdiri dengan gaya lengah, tersenyum lebar, dan mengacungkan dua jari, atau melakukan teknik levitasi. Teknik levitasi merupakan salah satu teknik dalam dunia fotografi dimana membuat objek yang difoto terlihat seolah-olah seperti melayang.

3. Lupakan Soal Pelayan

Tips selfie ala solo traveling
Foto : Pexels

Bukannya tidak boleh, seperti yang dijelaskan sebelumnya, meminta tolong orang asing untuk menjepret foto dirimu kadang memberikan hasil yang kurang memuaskan. Hal semacam ini menjadi untung-untungan. Namun, sering kali foto yang dihasilkan jauh dari harapan.

Berbeda halnya dengan beberapa tempat wisata yang menyediakan juru foto. Hal itu bisa menjadi jalan alternatifmu karena mereka adalah pegawai yang memang ditugaskan untuk memotret orang-orang.

4. Memanfaatkan Fitur Efek Kameramu

Tips selfie ala solo traveling
Foto : VInjabond.com

Yaptt, selalu memanfaatkan fitur-fitur dari kamera yang kamu pakai. Salah satu fitur yang kamu perhatikan adalah efek miror. Untuk efek miror kamu juga dapat memanfaatkan benda-benda yang dapat merefleksikan dirimu saat difoto. Misalnya, memotret dirimu saat menghadap cermin, kaca bangunan, bahkan kacamata atau gelas yang diletakkan di meja, dan kaca spion mobil.

5. Tak Selalu Foto Wajahmu

Tips selfie ala solo traveling
Foto : Amazonaws.com

Yap, sesekali bisa juga tuh, memotret bagian tubuh lainnya dari dirimu. Misalnya, foto kaki dari atas untuk memperlihatkan lantai yang terbuat dari ubin bermotif unik, atau foto tanganmu sambil pegang gelato dengan latar belakang mural yang ada di toko gelato. Instagenic banget! Dengan variasi ini, solo travelingmu menjadi lebih seru dilihat dan instagramable.