Hai, Guys. Setiap orang pasti mengenal arti kata “hutang”, bahkan mungkin pernah mengalami kondisi memiliki hutang. Hutang memang hal yang sangat menakutkan, sebab akan dibawa pertanggungjawabannya kelak hingga di akhirat. Banyak orang tidak memiliki kebutuhan yang jelas ketika berbelanja. Akibatnya, hutang yang dimiliki pun kian hari kian melilit. Duh, serem, ya.

Nah, sebagai anak muda yang memiliki banyak mimpi, tentunya kamu tidak ingin hidup dalam tagihan ataupun lilitan hutang. Betul ‘kan? Yuk ikuti beberapa tips ini agar kamu terbebas dari hutang.

1. Identifikasi masalah keuangan pribadimu

cara jitu terbebas dari hutang
Foto : pexels.com

Pahami letak masalah keuanganmu. Catat baik-baik setiap penggunaannya. Buatlah data base, ke mana dan untuk apa saja uangmu itu kamu keluarkan. Karena, memiliki hutang di luar batas kemampuan untuk membayar, sungguh akan sangat mengganggu kehidupanmu. Ungkapan “makan tak enak, tidur pun tak nyenyak” bisa menghantuimu di manapun kamu berada. Apalagi kalau sang empunya piutang sering menanyakan uangnya yang kamu pinjam ataupun menagih janjimu untuk segera melunasi hutangmu itu. Sungguh tak enak ‘kan rasanya?

2. Bedakan antara “butuh” dan “ingin”

cara jitu terbebas dari hutang
Foto : the-love-compass.com

 

Memiliki pengeluaran yang selalu lebih besar daripada pemasukan, sungguh merupakan hal yang tak nyaman. Karena itu, pikirkan baik-baik sebelum kamu membelanjakan uangmu. Bedakan antara rasa “butuh” dan “ingin” yang muncul dari dalam dirimu. Segala hal yang “ingin” kamu penuhi, belum tentu merupakan hal yang kamu “butuh”-kan. Betul ‘kan?

PILIHAN EDITOR

Karena itu, kontrol emosimu dan pertimbangkan sebaik mungkin di saat kamu ingin membelanjakan uangmu. Pahami sungguh-sungguh kebutuhanmu. Jangan mudah tergoda.

3. Identifikasi prioritas penggunaan uang

cara jitu terbebas dari hutang
Foto : pexels.com

Saatnya mengidentifkasi prioritas penggunaan uangmu, sehingga kamu bisa mengetahui dengan jelas pengeluaran demi pengeluaran apa yang sudah atau akan kamu lakukan. Jangan lupa untuk mengumpulkan kuitansi atau struk-struk pembayaran yang telah kamu lakukan. Catat semua ke dalam data base pengeluaranmu. Utamakan untuk membelanjakan uang bagi kebutuhan pokokmu dan pelunasan hutangmu saja. Buatlah prioritas pengeluaran yang tepat.

4. Selalu ingat hutang yang harus dilunasi

Foto : shapefit.com

Inilah poin yang sering dianggap sepele. Karena itu, STOP menganggap hutang sebagai hal sepele sehingga membuat kita senang untuk selalu menunda-nunda pembayarannya. Setiap kali kamu ingin belanja, ingat selalu hutang-hutangmu yang belum kamu lunasi. Jangan pernah sekalipun menyepelekannya.

5. Catat titik-titik pemborosanmu agar kamu tidak sia-sia dalam mengeluarkan uang

Foto : pexels.com

Kenali di titik mana sajakah kamu terbiasa melakukan pemborosan. Lalu, catat titik-titik poin pemborosanmu itu. Setelah itu, perhatikan poin-poin tersebut. Kenali betul pengeluaran demi pengeluaran besarmu itu. Tegaskan dalam hati bahwa kamu bisa mengontrol setiap poin itu, sehingga tidak akan mengulanginya lagi.

Setelah kamu mengidentifikasi setiap titik pemborosanmu, maka kamu akan bisa melihat dengan jelas hal-hal pembelajaan mana yang sebenarnya tidak perlu kamu lakukan.

6. Usahakan untuk menabung dan dapatkan manfaatnya ketika kamu butuh

Foto : pexels.com

Bagaimanapun, menabung itu sangat penting. Sebisa mungkin kamu tabung uangmu. Mungkin hanya bisa 10-20%, namun tak mengapa. Yang terpenting adalah usahamu untuk menabung. Lakukan setiap hari. Kamu akan merasakan manfaatnya nanti di akhir bulan.

7. Jika punya hutang, bayarlah hutangmu setiap bulan sebanyak yang kamu bisa bayar

Foto : pexels.com

Nah, dari catatan demi catatan identifikasi yang telah kamu buat di atas, sekarang kamu bisa mengetahui dengan jelas, berapa besar hutang yang sebenarnya bisa kamu bayarkan setiap bulannya. Maka, langkah selanjutnya adalah mulai bayarkan hutangmu setiap bulan sebanyak yang kamu bisa bayar.

8. Bertanyalah kepada ahli keuangan atau kepada mereka yang paham masalah keuangan

cara jitu terbebas dari hutang
Foto : pexels.com

Yup, jangan segan-segan untuk bertanya kepada mereka yang paham masalah keuangan. Ini penting, sebab dari mereka kamu bisa belajar sangat banyak tentang problematika keuangan.

9. Lakukan hal-hal yang bisa menaikkan pemasukkanmu

cara jitu terbebas dari hutang
Foto : pexels.com

Sebagai anak muda, tentu banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah pemasukanmu. Kamu bisa membuka usaha kecil-kecilan dengan mengajak kerja sama teman-temanmu. Atau, dari hobimu, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan apabila kamu mengetahui trik jitu dalam memulainya.

10. Always Konsisten

cara jitu terbebas dari hutang
Foto : thecwproject.wordpress.com

Inilah satu kata kunci terpenting dalam pengaturan keuangan. Konsistenlah! Maka hidupmu akan bebas dari hutang. Okey?