Bagi sebagian orang pasti sedang mencari-cari cara bagaimana cara menghemat uang agar dompet tidak jebol karena digunakan secara berlebihan. Apalagi sebagai seorang pelajar yang hanya mendapatkan uang jajan dari orang tuanya, tentu tidak mau donk membebani mereka dengan pengeluaran kamu yang berlebihan itu.

Mungkin kamu bisa coba mencoba beberapa tips dibawah ini agar kondisi keuanganmu bulan ini atau bulan depan semakin membaik.

Sarapan sehat bergizi sebelum kamu memulai beraktifitas

tips hemat ala pelajar
Sarapan sehat dan bergizi sebelum beraktivitas (Foto : pexels.com)

Sebagian orang mungkin memilih untuk tidak sarapan dengan berbagai macam alasannya. Padahal tahukah kamu bahwa sarapan ini menurut ilmiah memberikan kontribusi 25% untuk asupan gizi harian. Jika tidak sarapan pagi , maka kemungkinan besar kamu akan loyo pada saat siang hari.

Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitasmu karena kondisi tubuh yang loyo. Sarapan pagi akan membuat kondisi merasa kenyang, sehingga rasa ingin jajan pasti akan berkurang. Rasa ingin jajan itu timbul karena kita merasa lapar.

PILIHAN EDITOR

Dalam keadaan lapar membuat kita lebih mudah tertarik untuk membeli jajanan yang melintas ataupun dengan sengaja kita mengunjunginya. Padahal jajan termasuk kedalam pengeluaran cukup besar dari uang saku. Bagi kamu yang sedang menghemat uang, sarapan pagi yang sehat dan bergizi membuat kamu kenyang. Dengan begitu kamu bisa hemat dan fokus beraktivitas pada siang hari.

Membawa bekal dari rumah selain hemat juga menyehatkan

tips hemat ala pelajar
Membawa bekal menyehatkan dari rumah (Foto : 4.blogspot.com)

Bagi sebagian orang membawa bekal merupakan hal yang memalukan. Ejekan pasti akan datang dari teman sekitar dan dicap sebagai anak mami. Padahal membawa bekal itu menyehatkan lho. Makanan yang dijual di kantin belum tentu sehat dan kita tidak tahu bagaimana kualitas bahan-bahannya, kebersihan, dan masih banyak hal yang lainnya. Beda dengan bekal yang memang kita siapkan sendiri dan kita tahu proses memasaknya. Nah bekal ini salah satu cara cukup ampuh buat kamu yang lagi program menghemat uang.

Membawa bekal tidak selalu membawa makanan besar (seperti nasi, lauk pauk, dan yang lainnya). Kamu juga bisa membawa bekal makanan ringan dan bergizi seperti roti sandwich dan jus buah segar alami. Bekal yang dibawa ini akan membuat kamu sulit untuk membeli jajanan yang ada. Nah, sehingga pengeluaran kamu untuk jajan akan berkurang dan kamu pun bisa berhemat.

Hidup itu murah lho, gaya hidup yang bikin kamu merasa mahal

tips hemat ala pelajar
Gaya hidup bikin hidup terasa mahal (Foto : pexels.com)

Sadarlah bahwa pengeluaran kamu untuk aktifitas sehari-hari itu sebenarnya tidak banyak. Nah, gaya hiduplah yang membuat uang saku kamu terus-menerus jebol setiap bulannya. Sering kita membeli keperluan mahal agar terlihat lebih bergensi padahal ada barang serupa yang harganya jauh lebih terjangkau dengan fungsi yang sama.

Contohnya membeli sepatu, pilihlah yang sederhana tapi fungsional ketimbang sepatu yang bentuknya original dengan harga yang jauh lebih mahal.

Sekarang banyak fasilitas gratis lho, gunakan untuk menghemat pengeluaran kamu.

tips hemat ala pelajar
Memanfaatkan fasilitas gratis (Foto : pexels.com)

Jangan malu apalagi segan untuk memakai fasilitas-fasilitas gratis yang disediakan oleh sekolah, kampus, atau pemerintah. Saat ini banyak fasilitas gratis yang bisa dinikmati bersama seperti wifi area, dringking fountain, dan perpustakaan.

Saat berada di wifi area, sebaiknya kamu merubah koneksi ke mode wifi untuk lebih menghemat pemakaian data Internet. Dari pada beli buku lebih baik ke perpustakaan, di sana bisa baca banyak sekali buku dan juga bisa dipinjam lagi. Biar lebih hemat, cari teman yang sejalan dengan tujuan sekolah atau kantor kita dan kita bisa meminta nebeng untuk sampai ditujuan yang sama.

Hidup sehat akan membuat kamu bahagia dan hemat biaya pengobatan ke Dokter

tips hemat ala pelajar
Hidup sehat membuat hemat biaya pengobatan ke dokter (Foto : pexels.com)

Jika di pagi hari sudah sarapan dan juga membawa bekal untuk makan siang nanti. Itu sudah awal yang baik dalam memaksakan pola hidup sehat. Selain mencegah kita untuk jajan ternyata sarapan dan membawa bekal merupakan salah satu cara terbaik untuk tetap sehat yaa.

Jajanan yang kamu beli diluar itu kebanyakan diantaranya mengandung beberapa unsur kimia yang berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya harap selalu pintar dan cermat dalam memilih makanan. Bukan hemat malah harus keluar biaya rumah sakit akan membuat pengeluaran kamu tak terduga.

Sehingga dengan melaksanakan pola hidup sehat ini membuat kamu terhindar dari pengeluaran yang besar untuk jajan. Jika kamu menjalankan pola hidup sehat, maka saat kamu membeli jajan akan terpaksa menahan hasrat ini demi hidup yang sehat. Sehingga tidak menimbulkan biaya pengobatan akibat penyakit yang ditumbalkan oleh jajanan yang kita makan.

Membawa uang tunai berlebihan dapat membuat kamu ingin terus membelanjakannya

tips hemat ala pelajar
Membawa uang tunai berlebihan membuat kita selalu ingin menghabiskannya (Foto : pexels.com)

Rasa ingin jajan timbul selain kondisi tubuh kita sedang lapar, juga karena kita membawa uang tunai secara berlebihan yang bisa dibelanjakan. Dengan adanya uang tunai yang berlebihan ini kita akan sangat mudah ingin membelanjakannya.

Sehingga sebaiknya bawalah uang tunai secukupnya sehingga tidak menimbulkan rasa ingin berbelanja yang berlebihan. Jika disaat itu kamu membutuhkan uang berlebih maka bisa langsung menarik uang di ATM (anjungan tunai mandiri).

Membuat daftar pantangan akan mengontrol pengeluaran kamu lho..

tips hemat ala pelajar
Membuat daftar pantangan akan mengontrol pengeluaran keuanganmu (Foto : pexels.com)

Tentunya tidak semua barang yang kita inginkan itu menjadi kebutuhan kita. Seringkali kita beralasan membeli barang yang kita inginkan adalah sebagai kebutuhan, padahal nyatanya tidak. Sehingga kita perlu membuat daftar pantangan yang harus ditempel setiap hari sampai keinginan itu benar-benar menjadi kebutuhan kita.

Mencuci pakaian sendiri lebih bersih dan hemat dibandingkan dengan Laundry

tips hemat ala pelajar
Mencuci baju sendiri lebih hemat daripada laundry (Foto : pexels.com)

Memiliki hoby mencuci dengan Laundry sebaiknya dikurangi atau lebih baik lagi dihindari. Jika ini ditotal dalam sebulan maka akan membuat dompet kamu makin jebol. Mencuci sendiri itu jauh lebih bersih dan bisa menghemat pengeluaran lhoo..

Bahkan orang-orang kaya pun masih mencuci sendiri dengan mesin cuci yang dimilikinya dibandingkan harus Laundry diluar.

Kerja paruh waktu bikin dompet makin tebel

tips hemat ala pelajar
Kerja paruh waktu bikin dompet makin tebel (Foto : pexels.com)

Selain upaya penghematan pengeluaran. Cara lainnya adalah dengan melakukan kerja paruh waktu. Selain kamu mendapatkan uang saku berlebih, disana juga akan mendapatkan pengalaman yang tak ternilai harganya.

Ada banyak pekerjaan part time yang bisa kamu lakukan seperti waitress di cafe, penulis artikel online, penjaga toko dan masih banyak yang lainnya. Tidak perlu malu menjalani pekerjaan part time ini, selain mendapatkan uang, dan juga pengalaman, kamu juga akan memiliki banyak teman baru tentunya.

Demikianlah cara menghemat uang dengan bijak ala pelajar. Lakukanlah cara-cara di atas secara serius dan totalitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga berhasil.