Baru-baru ini isu pemindahan ibu kota yang akan dilakukan pemerintah semakin sering kita dengar di media seluruh Indonesia. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai kesanggupan Palangkaraya sebagai ibu kota Indonesia. Mengingat banyak sekali hal yang harus dipenuhi untuk menjadi sebuah ibu kota.

Sambil mencari jawaban soal kesiapan Palangkaraya sebagai ibu kota negara, baiknya kita mencari dampak utama mengapa Jakarta dikatakan sudah tidak layak sebagai ibu kota. Salah satunya adalah kepadatan penduduk yang semakin hari semakin bertambah banyak. Berbeda dengan Palangkaraya yang masih luas dan bisa menampung banyak penduduk.

Bukan hanya Palangkaraya saja ternyata, masih banyak lagi kota-kota di Indonesia yang sanggup menjadi ibu kota Indonesia. Inilah 4 kota yang memiliki kemungkinan terbesar menjadi sebuah ibu kota.

1. Yogyakarta

kota yang dicanangkan jadi ibukota indonesia
Foto : tripcanvas.co

Kita mungkin sudah tau mengapa Yogyakarta memilki singkatan DIY. Hal ini dikarenakan Yogyakarta memiliki daerah yang istimewa dan berbeda dari kota-kota lainnya. Bukan hanya sekedar nama saja, Yogya juga bisa kita sebut sebagai wajah dari Indonesia karena unsur budaya dan sosial yang mereka miliki sangatlah kental.

2. Palembang

kota yang dicanangkan jadi ibukota indonesia
Foto : gamahitatour.com

Jika kita membicarakan kemungkinan kota yang tepat untuk menjadi ibu kota, Palembang merupakan salah satu kota yang pantas untuk kita perhitungkan. Hal ini dikarenakan kejayaan Palembang di masa lalu melalui kerajaan Sriwijaya yang pernah menggenggam separuh dunia ini, menjadikan Palembang sangatlah layak menjadi sebuah ibu kota Indonesia.

Pilihan Editor

3. Sorong (Papua)

kota yang dicanangkan jadi ibukota indonesia
Foto : harianpapua.com

Pemerataan penduduk memang menjadi isu yang sangat kuat dalam pemindahan ibu kota Indonesia. Maka dari itu kota Sorong sangatlah tepat bila dijadikan sebagai ibu kota. Selain itu juga kota Sorong sangat kaya oleh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi. Maka tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa kota Sorong sangat pantas menjadi ibu kota Indonesia.

4. Surabaya

kota yang dicanangkan jadi ibukota indonesia
Foto : 2.bp.blogspot.com

Melihat kinerja Surabaya bukan tidak mungkin jika kota ini patut menjadi ibu kota Indonesia. Perkembangan yang semakin hari semakin meningkat, membuat Surabaya menjadi kandidat terkuat dalam pemilihan ibu kota Indonesia. Hebatnya Surabaya memiliki Tanjung Perak sebagai kekuatan maritim di Indonesia, banyak sekali kapal-kapal asing yang berlabuh di kota ini.

Memindahkan ibu kota memang bukanlah perkara mudah, perlu banyak pertimbangan yang matang dan dilakukan dengan seksama agar tidak terjadi hal-hal yang diluar kehendak kita. Tapi bila perpindahan ini menjadi ketepatan pemerintah, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan lebih berkembang dalam segala aspek terutama ekonomi.