Kamu suka ngemil? Terus jika sudah ngemil tidak mau berhenti? Bahaya ini, bisa-bisa tubuh kamu melar gak karuan. Ngemil apapun jika berlebihan pastinya tidak baik. Apalagi jika ngemilnya makanan yang tinggi kalori, dijamin kamu akan menjadi penderita obesitas. Jika sudah obesitas, penyakit-penyakit lainnya akan segera menghinggapi

Kurang tidur dan ngemil apa hubungannya ya? Ternyata tanpa disadari, kurang tidur itu bisa menyebabkan kamu menginginkan camilan atau ngemil. Bahkan makanan yang dipilih itu makanan yang tinggi kalori.

Sejumlah peneliti dari Universitas Chicago telah membuktikan bahwa orang-orang yang kurang tidur cenderung lebih cepat merasa lapar. Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal SLEEP, mereka yang kurang tidur akan lebih memilih makanan ringan tinggi lemak, camilan yang manis atau asin, seperti keripik, permen, dan biskuit.

Pilihan Editor

Kurang tidur meningkatkan sistem endocannabinoid, yaitu senyawa kimia yang sama dengan bahan aktif ganja, fungsinya untuk meningkatkan keinginan makan. Kurang tidur akhirnya membuat seseorang tak mampu menahan makanan lezat dan makanan tinggi kalori meski 90 persen kebutuhan kalori mereka per hati telah terpenuhi.

Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa orang yang kurang tidur, nafsu makannya meningkat tajam ketika sore hari, padahal 2 jam sebelumnya sudah makan besar.

Berdasarkan penelitian itu juga diketahui bahwa keinginan untuk makan meningkat secara signifikan dan mereka sulit mengontrol kebiasaan itu. Bahayanya, mereka lebih memilih 50 persen makanan tinggi kalori atau total lemak dua kali lipat. Kebiasaan ngemil inilah yang akhirnya meningkatkan berat badan mereka. Tak heran jika kurang tidur dan obesitas terkait erat.

Nah, supaya terhindar dari keinginan ngemil yang berlebihan, sebaiknya kamu mempunyai waktu tidur yang cukup. Jangan sampai karena kurang tidur, lantas makanan menjadi pelampiasan. Ini lebih sering kejadian pada kaum perempuan, meskipun mungkin laki-laki juga ada yang pernah ngalamin.

Jika pun tetap mau ngemil, pilihlah  camilan yang rendah kalori, seperti biskut rendah kalori, susu rendah kalori, buah-buahan segar dan sayuran. Supaya badan kamu mendapatkan nutrisi yang baik tidak hanya sekedar kenyang. Makanlah sesuai dengan kebutuhan tubuh, jangan berlebihan.