Hola, Takaiters!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebudayaan ranah Minang begitu terkenal dan populer, tidak hanya seantero Indonesia saja, namun sudah dikenal luas di dunia. Selain rendang dan sistem Matrilineal, Minang memiliki aset lain yang layak diapresiasi oleh dunia. Aset tersebut adalah Kerambit.

Dikutip dari wikipedia, kerambit adalah senjata tradisional yang berasal dari ranah Minang. Kerambit dibawa oleh perantau Minang dan menyebar di banyak negara Asia Tenggara seperti Malaysia serta Filipina. Bentuk kerambit seperti pisau kecil yang melengkung dan bisa digenggam. Jika dilihat mirip cakar Harimau, hewan yang banyak berkeliaran di hutan Sumatera pada masa lalu.

Lalu faktor apa saja yang menjadikan Kerambit begitu terkenal di dunia? Simak penjelasannya sebagai berikut:

Kerambit Dinobatkan Menjadi Senjata Paling Mematikan di Dunia

Foto: disiniaja.net

Dalam klasifikasi senjata genggam paling berbahaya, pisau berbentuk kuku harimau itu menempati urutan kedua setelah pistol. Sabetan kerambit bila mengenai tubuh lawan, dari luar memang tampak seperti luka sayatan kecil, namun pada bagian dalam tubuh bisa menimbulkan akibat yang sangat fatal karena urat-urat putus.

Hebatnya lagi, gerakan Kerambit terkenal cepat dan tidak mudah terdeteksi. Hmm, pantas saja gelar “Pisau Paling Mematikan di Dunia” pun jatuh ke tangan Kerambit, Guys.

Kerambit Diilhami dari Cara Harimau Bertarung

Foto: suratkabar.id

Menurut cerita rakyat, bentuk kerambit terinspirasi oleh cakar harimau yang memang banyak berkeliaran di hutan Sumatera pada masa itu. Bentuk kerambit sengaja dirancang lebih melengkung seperti kuku harimau, setelah melihat harimau bertarung dengan menggunakan cakarnya. Ternyata hal ini sejalan dengan falsafah Minangkabau yang berbunyi Alam takambang jadi guru.

Kerambit Digandrungi di Amerika Serikat

Foto: viral-id.blogspot.com

Dalam buku sejarah di Eropa, tentara Indonesia menggunakan Kerambit jika senjata lain sudah tak bisa digunakan lagi. Kerambit merupakan senjata ‘pejantan’ sebab dipakai dalam pertarungan jarak dekat yang mengandalkan keberanian dan keahlian bela diri.

Rupanya hal ini terlihat heroik di mata orang-orang Amerika, apa lagi sejak silat begitu mendunia di berbagai belahan dunia. Pamor senjata ini pun makin meningkat. Beberapa perusahaan senjata besar di Amerika Serikat memproduksi Kerambit dalam jumlah banyak. Bahkan, salah satu saluran televisi tersohor dengan dokumentari-nya yakni National Geographic pernah mengangkat cerita soal kerambit.

Nah, kini ada alasan lain bagi kamu untuk berbangga pada budaya Minang. Meskipun tidak dapat menggunakan senjata ini, setidaknya kamu memiliki sedikit pengetahuan dan pemahaman akan kerambit yang mendunia ini.