Sejak dulu hingga sekarang, tradisi mudik Lebaran sudah menjadi tradisi khas tersendiri bagi masyarakat Indonesia, bagaimana tidak setiap Lebaran jutaan orang akan berbondong-bondong mudik ke kampung halamannya masing-masing. Semua itu menjadi fenomena yang sudah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia ketika lebaran datang.

Tetapi bagaimana halnya dengan tradisi mudik Lebaran di berbagai negara? Apakah mereka juga melakukan mudik seperti masyarakat saat Lebaran?  Ternyata bukan hanya Indonesia lho yang melakukan tradisi mudik Lebaran tersebut saat Lebaran , bahkan negara-negara lain pun juga melakukan mudik alias pulang kampung, mau tahu negara-negara mana saja yang melakukan mudik saat Lebaran? simak yuk infonya berikut ini.

Malaysia

mudik di berbagai negara
Foto : wartanasional.com

Negara tetangga Malayasia, ternyata melakukan mudik juga lho saat Lebaran, disana tradisi mudik Lebaran disebut ‘Balik Kampong’, tetapi berbeda halnya dengan Indonesia yang melakukan mudik saat Lebaran saja, warga malaysia yang menganut agama Islam melakukan mudik hingga 2 kali dalam setahun, tepatnya pada Imlek dan Lebaran.

PILIHAN EDITOR

India

mudik di berbagai negara
Foto : yukepo.com

Tradisi mudik Lebaran yang terjadi di India, nampaknya dengan sama dengan tradisi mudik masyarakat Indonesia, jelang Idul Fitri warga India akan berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk berkumpul bersama keluarga.

Bukan hanya itu saja, selain mudik masyakarat India juga melakukan beberapa hal yang sama dengan masyarakat Indonesia yakni saling bersedekah, bersilaturahmi, hingga bersalam-salaman. Tetapi yang harus diketahui, ternyata puncak arus mudik di India terjadi bukan pada waktu Idul Fitri, melainkan pada saat masyarakat India merayakan Festival of Lights. 

Arab Saudi

mudik di berbagai negara
Foto : travelingyuk.com

Tradisi mudik juga dilakukan orang Saudi pada Idul Fitri dan Idul Adha. Selain mudik orang Saudi juga menata rumahnya masing-masing agar terlihat cantik dan indah saat dikunjungi oleh teman maupun kerabat dekatnya.

Selain itu, orang Arab Saudi juga menyiapkan makanan mahal dan lezat saat Idul Fitri di rumahnya, ketika kamu berkunjung kesana pada Hari Raya Lebaran, kamu akan banyak menemukan pertunjukan seni dan berbagai festival yang diselenggarakan di negara tersebut.

Turki

mudik di berbagai negara
Foto : sputniknews.com

Istilah mudik masyarakat Turki dikenal dengan istilah ‘Bayram’, saat Idul Fitri masyarakat Turki melakukan mudik ke kampung halamannya dan saling maaf-memaafkan dengan keluarga besar dan kerabat tercinta. Setelah itu mereka akan berziarah ke makam-makam keluarga mereka yang sudah meninggal.

Mesir

mudik di berbagai negara
Foto : yukepo.com

Lain halnya dengan di masyarakat Mesir, masyarakat Mesir menganggap bahwa Hari Raya Lebaran tidak perlu dirayakan secara besar-besaran, karna disana masyarakat Mesir mengganggap Hari Raya Idul Fitri bukanlah Hari Raya yang besar bagi masyarakat Turki yang memeluk agama Islam.

Tetapi tetap saja setiap pada Hari Raya Kedua Lebaran, masyarakat Mesir juga melakukan kegiatan mudik bersama keluarga, dan berkumpul di pinggiran Sungai Nil dengan mengenakan pakaian serba baru.

Pakistan

mudik di berbagai negara
Foto : 4.blogspot.com

Sama hal dengan masyarakat Indonesia, jelang Lebaran tiba jutaan masyarakat Pakistan berbondong-bondong melakukan mudik, agar bisa  berkumpul bareng keluarga besar di kampung halaman.

Jelang Lebaran aparat kepolisian sudah berjaga-jaga dan memasang kamera CCTV di berbagai tempat yang dianggap rawan terjadinya tindak kejahatan saat mudik disana, semua itu dilakukan oleh pemerintah Pakistan, agar para pemudik tersebut bisa merasakan keamanan saat melakukan tradisi mudik Lebaran di Pakistan.

Bangladesh

mudik di berbagai negara
Foto : liputan6.com

Tradisi mudik di Bangladesh tidak berbeda dengan Indonesia, jelang Lebaran masyarakat Bangladesh sudah berkemas untuk melakukan mudik ke kampung halamannya, biasanya mereka sudah memadati terminal bus, stasiun kereta api, bahkan ada yang menggunakan jasa perahu.

Itulah tradisi mudik Lebaran di berbagai negara, tak disangka-sangka fenomena tradisi mudik lebaran juga ada di berbagai negara di dunia tersebut, tidak kalah menghebohkan dibandingkan dengan tradisi mudik yang terjadi di Indonesia.