Takaiters, pernahkah anda mendengarkan berita yang mengejutkan tentang penggunaan perangkat Virtual Reality atau Realitas Virtual ini? Ya, banyak sekali pemberitaan tentang berbagai kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan perangkat tersebut, seperti misalnya mereka menghancurkan TV, atau monitor komputer mereka.

Biasanya hal tersebut terjadi karena permainan yang mereka lakukan cukup menantang dan seru, namun mereka tidak memikirkan apa dampaknya pada lingkungan sekitar mereka.

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi kepada Takaiters, berikut ini kami berikan 5 tips agar anda dapat menikmati permainan anda, tanpa merusak perangkat yang ada disekitar anda:

1. Perhatikan Batasan Anda

Takaiters, ada beberapa perangkat VR yang menerapkan batas tepi aman saat anda ingin memainkan permainan ketika menggunakan perangkat VR. Hal ini bermaksud untuk menghindari anda menciderai diri sendiri ataupun merusak perabotan anda.

Meskipun begitu, cobalah untuk memberikan diri Anda setidaknya tambahan satu sampai dua kaki di luar margin, hal ini bertujuan untuk menghindari resiko anda untuk merusak peralatan yang ada disekitar anda. Dengan demikian, apabila Anda lupa diri dan sedikit terlalu dekat dengan batas-batas virtual Anda, Anda masih bisa untuk menghindari kerusakan yang nyata

2. Hindari Kekerasan
Ya, mungkin bagi anda ini terdengar aneh, Takaiters. Tapi patut disadari banyak kasus membuktikan bahwa beberapa minggu terakhir, telah terjadi kasus kekerasan akibat perangkat ini, seperti pemukulan terhadap anggota keluarga satu dengan yang lainnya. Terlebih, ketika anda mempunyai hewan peliharaan dan anak balita, yang belum terlalu paham dengan dunia virtual yang disajikan oleh perangkat ini. Bisa saja anak anda meluncur keluar hingga pergi ke ayunan bermainnya, tanpa pengawasan dari anda.

Jika Anda memiliki teman sekamar, hewan peliharaan atau anak-anak, dan Anda tidak dapat mengingatkan mereka bahwa Anda akan masuk kedalam permainan yang ada di VR, cobalah untuk menutup pintu kamar Anda atau bisa dengan menuliskan catatan didepan pintu kamar Anda, “Hati-hati, aku tak bisa mendengar atau melihat Anda, karena aku sedang bermain dengan VR! ”

3. Jangan Mabuk

“Jangan Mabuk ketika bermain dengan VR. Tenangkan terlebih dahulu diri Anda sejenak. Lalu silahkan kembali ke arena bermain”

Yap, kata diatas adalah suatu ungkapan yang harus disadari oleh Anda ketika ingin memainkan permainan dengan VR. Karena jika anda tidak menyadari hal tersebut, maka akan mendapatkan suatu kecelakaan yang cukup serius dan tidak dapat terhindarkan. Bagaimanapun juga, ketika anda bermain dengan perangkat ini, maka anda harus menyeimbangkan tubuh anda, sehingga anda dapat terhindarkan dari resiko tersebut.

4. Duduk adalah pilihan terbaik

Sebagian besar kecelakaan yang banyak terjadi adalah ketika seseorang berdiri ketika menggunakan perangkat VR. Ya, mungkin anda salah satunya, Takaiters.

Maka anda perlu memperhatikan aspek yang satu ini, karena ketika anda menggunakan VR, anda terlibat aktif saat berinteraksi dengan permainan yang anda mainkan, yang mungkin memiliki dampak kesehatan jangka panjang yang besar, dan juga berbahaya jika anda tidak memprioritaskan keselamatan anda.

Jadi jika Takaiters merasa tips keselamatan sebelumnya tidak bekerja dengan anda, maka rekomendasi selanjutnya adalah duduk di lantai (idealnya) atau di kursi, ini bertujuan untuk mengurangi kesempatan Anda kehilangan keseimbangan dan jatuh ke rak buku atau “menghancurkan” tangan Anda ke dalam lampu terdekat. Langkah ini merupakan salah satu alternatif, karena setidaknya anda tidak terlalu banyak mengambil risiko.

5. Mengenggam Erat Perangkat

Takaiters, ini tips yang paling terpenting ketika anda menggunakan perangkat ini. Yuhuu.. Peganglah erat perangkat anda. Seperti misalnya ketika Takaiters memainkan permainan yang atraktif, hal ini seringkali terlupakan dan bahkan anda akan kehilangan kesadaran yang mengakibatkan rusaknya perangkat yang anda mainkan. Oleh karenanya, anda harus tetap mengenggam perangkat yang anda gunakan agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Nah, gimana? Apakah Takaiters sudah melakukan tips diatas? 🙂