Sashimi adalah makanan berbahan dasar ikan mentah yang sangat populer. Berasal dari negeri matahari terbit Jepang, makanan ini biasanya dibanderol dengan harga yang fantastis. Irisan tipis ikan segar disajikan bersama dengan shoyu, wasabi dan acar jahe muda atau disebut juga gari.

Tak kalah dengan Jepang, beberapa daerah di Indonesia pun memiliki hidangan berbahan ikan mentah yang diolah tanpa proses pemanasan. Ada yang berupa ikan segar, ada pula yang berupa hasil fermentasi. Kabar baiknya adalah semua hidangan ini diolah menggunakan bumbu dan rempah khas Indonesia, jadi citarasanya pasti cocok dengan lidah kita. Selain itu, Guys, tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk dapat menikmati hidangan tersebut.

Naniura

Hidangan Ikan Mentah Asli Indonesia pun Rasanya Juara
Foto : masakandapurku.com

Hidangan ini berasal dari wilayah barat Indonesia tepatnya di daerah Tapanuli, Sumatra Utara. Naniura adalah makanan khas suku Batak. Terbuat dari ikan mas mentah yang direndam menggunakan air asam jungga, kemudian disiram campuran bumbu berwarna kuning.

Bumbunya pun luar biasa, Guys, terbuat dari campuran sepuluh macam bahan termasuk rempah khas Batak yaitu andaliman. Tak diragukan lagi pastinya naniura ini kaya akan citarasa, ada gurih, asam, pedas sekaligus juga ketir di lidah.

Dilansir dari  tripelaketoba.com, dulunya hidangan ini dikhususkan untuk para raja saja. Tidak semua orang boleh membuatnya, hanya juru masak kerajaan yang diperkenankan. Namun seiring berkembangnya zaman, banyak masyarakat batak yang ingin mencoba hidangan ini dan juga karena rasanya yang sangat khas akhirnya hidangan ini bisa kita jumpai di restoran-restoran yang menyajikan makanan khas suku Batak.

Rusip

Hidangan Ikan Mentah Asli Indonesia pun Rasanya Juara
Foto : masakandapurku.com

Berbahan dasar ikan teri atau biasa disebut ikan bilis, rusip merupakan makanan khas dari daerah Bangka. Ikan teri yang sudah dicampur garam dan gula merah kemudian difermentasi selama lebih kurang 7 hari. Setelah bau ikan berubah asam diberi jeruk kunci, irisan bawang merah, dan cabe rawit.

Di daerah asalnya rusip disajikan berdampingan dengan lalapan sebagai pengganti sambal karena citarasnya yang segar dan pedas. Tapi rusip juga seringkali dijadikan buah tangan khas bangka karena banyak dijajakan dalam kemasan botol yang mudah dibawa kemana saja.

Pilihan Editor



Lawa Bale

Hidangan Ikan Mentah Asli Indonesia pun Rasanya Juara
Foto : viva.co.id

Wilayah Indonesia bagian timur pun tak mau kalah, berasal dari suku Bugis. Tepatnya dari daerah Polewali, Sulawesi Selatan, ada hidangan khas yang bernama lawa bale. Makanan ini menggunakan ikan yang berukuran kecil seperti teri, ikan jambu-jambu atau ikan banjar.

Walaupun cara pengolahannya hampir serupa, namun ada yang unik dari lawa bale yaitu menggunakan parutan buah kelapa sebagai campurannya. Pertama ikan diberi perasan jeruk nipis dan garam baru kemudian dicampur dengan kelapa parut. Bagi warga Polewali, Lawa Bale adalah makanan sehari-hari disana. Selain cara membuatnya yang mudah juga dipercaya mempunyai khasiat meningkatkan vitalitas tubuh, Guys.

Gohu Ikan

Hidangan Ikan Mentah Asli Indonesia pun Rasanya Juara
Foto : primarasa.co.id

Satu lagi dari Indonesia bagian timur, Gohu Ikan merupakan sajian khas dari daerah Ternate, Maluku Utara yang menggunakan bahan ikan mentah. Hidangan ini terbuat dari ikan cakalang atau lebih populer dengan sebutan ikan tuna. Ikan yang telah dibersihkan dan dipotong dadu kemudian dicampur dengan garam, air jeruk nipis dan daun kemangi.

Sesaat sebelum disajikan ikan disiram dengan tumisan bumbu berupa irisan bawang merah dan cabe merah. Rasanya ternyata sangat segar, gurih, pedas, dan sedikit manis. Gohu ikan biasa disantap sebagai lauk pendamping nasi ataupun bubur sagu.

Tak diragukan lagi kan, Guys, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dan beragam. Dari barat sampai ke timur memiliki ciri khas tersendiri dalam mengolah sajian tradisionalnya. Walaupun cukup ekstrim kekayaan warisan kuliner ini wajib kita lestarikan. Selain rasanya yang nikmat, juga baik bagi kesehatan kita. Mana yang mau kamu coba duluan, Guys?