Halo, Takaiters!

Warga dunia dihebohkan oleh berita kemenangan Mahathir Mohamad dalam pemilihan umum (pemilu) Malaysia yang digelar pada Rabu (9/5/2018) lalu. Betapa tidak, lelaki paruh baya ini akan dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia yang ke-7 di usianya yang telah menginjak 92 tahun. Mahathir Mohamad bahkan disebut-sebut sebagai perdana menteri tertua di dunia setelah berhasil mengalahkan incumbent Najib Razak.

Koalisi Pakatan Harapan pimpinan Mahathir Mohamad telah memenangkan 115 kursi parlemen yang melebihi ambang batas 112 kursi untuk membentuk pemerintahan. Kemenangan ini, sekaligus mengakhiri dominasi Barisan Nasional yang telah memimpin Malaysia lebih dari enam dekade. Mahathir Mohamad pun berhasil menggeser posisi mantan anak didiknya, Najib Razab dari jabatan Perdana Menteri Malaysia.

Ini bukan kali pertama Mahathir Mohamad duduk di kursi Perdana Menteri Malaysia. Ia sebelumnya pernah menjabat selama 22 tahun dari 1981 hingga 2003. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya Mahathir Mohamad bukanlah satu-satunya pemimpin negara yang menjabat di usia senja? Lalu, siapa saja kepala negara tertua di dunia yang berhasil tercatat oleh sejarah? Berikut ulasannya.

1. Ratu Elizabeth II (92 tahun) – Britania Raya

Kepala Negara Tertua di Dunia
Foto: vebma.com

Wanita kelahiran London, Inggris, 21 April 1926 yang memiliki gelar Ratu Inggris ini merupakan kepala negara tertua di dunia. Ia telah menjabat sejak 6 Februari 1952 silam yang membuatnya menjadi pemimpin terlama.

2. Beji Caid Essebsi (91 tahun) – Tunisia

Kepala Negara Tertua di Dunia
Foto: webdo.tn

Pria kelahiran Tunisia, 19 November 1926 yang memiliki nama lengkap Mohamed Beji Caid Essebsi ini telah menjabat sebagai Presiden Tunisia sejak 31 Desember 2014 lalu. Beji Caid Essebsi adalah presiden kelima yang dianggap mampu membawa demokrasi Tunisia ke arah yang lebih baik. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dari tahun 1981 hingga 1986 dan Perdana Menteri Tunisia periode Februari hingga Desember 2011.

3. Sheikh Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah (88 tahun) – Kuwait

 Kepala Negara Tertua di DuniaFoto: timeskuwait.com

Emir Kuwait yang memiliki nama lengkap Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah ini lahir pada 6 Juni 1929. Ia menjabat sejak 29 Januari 2006 lalu, setelah dikenal sebagai Menteri Luar Negeri Kuwait selama 40 tahun. Selama ini, ia dikenal sebagai pemimpin yang pro terhadap dunia barat.

Pilihan Editor



4. Paul Biya (85 tahun) – Kamerun

Kepala Negara Tertua di Dunia
Foto: cnn.com

Pria kelahiran 13 Februari 1933 yang dikenal sebagai Presiden Kamerun, Afrika Tengah ini merupakan salah satu pemimpin negara terlama sekaligus tertua di Afrika. Ia telah memimpin Kamerun selama 35 tahun, tercatat sejak 6 November 1982 hingga kini.

5. Kaisar Akihito (84 tahun) – Jepang

Kepala Negara Tertua di Dunia
Foto: duniaku.net

Akihito adalah seorang Kaisar Jepang yang berkuasa sejak tahun 1989 silam. Ia diangkat sebagai kaisar untuk menggantikan posisi ayahnya yang bernama Hirohito. Jepang memberlakukan masa jabatan seorang kaisar hingga tutup usia, tetapi Akihito memilih untuk lengser pada Maret 2019 mendatang. Pengunduran diri semacam ini juga pernah dilakukan oleh Kaisar Kokaku pada tahun 1817 silam.

Itulah tadi lima kepala negara tertua di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah. Terbukti kan, Guys bahwa usia tak menjadi penghalang untuk tetap produktif dan berkarya. Semoga bermanfaat!