Hai, Takaiters!

Bagaimana kabarmu hari ini? Kalau kamu dalam keadaan sehat, itu ibaratnya kamu sudah memiliki sebagian besar nikmat dunia.

Kok bisa? Ya, iyalah. Mau menukar nikmat sehatmu dengan uang satu milyar? Enggak mau ‘kan? Yang ada kamu rela mengeluarkan uang satu milyar bahkan lebih untuk mendapatkan kesehatan.

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesehatan. Mulai dari mengatur pola makan, merubah gaya hidup, dan mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun tanpa disadari, beberapa kebiasaan bisa mengganggu kesehatan. Wah, bahaya, dong! Yuk, hindari enam kebiasaan berikut agar tetap sehat!

1. Minum Sambil Berdiri

Foto: pexels.com

Di dalam ginjal terdapat filter yang hanya terbuka ketika seseorang duduk. Saat kamu minum sambil berdiri, air akan langsung memasuki kandung kemih tanpa disaring terlebih dahulu.

Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka akan mempengaruhi kesehatan ginjal. Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan buruk ini adalah batu ginjal.

2. Makan Sambil Berdiri

Foto: pexels.com

Selain minum sambil berdiri, kebiasaan buruk lainnya yaitu makan sambil berdiri. Makan sambil berdiri akan menurunkan kinerja dari sistem pencernaan. Kok bisa?

Makanan yang dimakan sambil berdiri akan lebih cepat jatuh ke dalam lambung. Hal ini akan mengakibatkan iritasi pada dinding lambung. Bila tidak diubah, kebiasaan buruk ini akan mempengaruhi kerja sistem pencernaan. Terlebih bagi yang memiliki riwayat penyakit seperti mag.

3. Meniup Makanan

Foto: pexels.com

Lezatnya makanan kadang membuat lidah tak sabar untuk menyantapnya meski masih dalam keadaan panas. Agar bisa cepat dinikmati, biasanya kita meniup makanan tersebut. ayo, siapa yang suka meniup makanan?

Takaiters, ternyata meniup makanan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, loh. Wah, nggak nyangka, ya?

Pilihan Editor


Makanan yang ditiup bisa jadi terkontaminasi bakteri atau mikroorganisme yang berasal dari mulut. Apalagi kalau orang lain yang tiup. Misalnya seorang ibu, kakak atau siapapun yang meniup makanan sebelum disuapkan ke anak-anak.

Selain itu, karbon dioksida yang bertemu uap panas dari makanan bisa menjadi senyawa asam. Senyawa ini jika masuk ke tubuh bisa meningkatkan kadar asam dalam tubuh. Sepeleh tapi berbahaya ‘kan?

4. Tidur Tengkurap

Foto: pexels.com

Jika kamu tidur dalam keadaan tengkurap, seluruh berat badanmu akan menekan dada. Hal ini mengakibatkan tidak maksimalnya kontraksi dada ketika bernapas, yang pastinya akan mempengaruhi suplai oksigen ke organ-organ tubuh.

5. Tidur Terlentang

Foto: pexels.com

Orang yang tidur dalam keadaan terlentang, mulutnya akan terbuka karena rahang bawah meregang. Tidur dalam posisi seperti ini akan membuat seseorang bernapas dengan mulutnya.

Bernapas yang sehat adalah dengan hidung karena di hidung ada bulu halus yang berfungsi menyaring kotoran dan debu. Sebaliknya, bila seseorang bernapas dengan mulut, maka udara yang masuk ke paru-paru tidak disaring terlebih dahulu. Hal ini tentu akan berdampak bagi kesehatan organ pernapasan karena udara yang masuk tidak disaring.

Jadi posisi tidur bagaimana yang dianjurkan? Untuk menjaga kesehatanmu, sebaiknya kamu miring ke kanan ya, Takaiters. Tidur miring ke kanan lebih sehat dibandingkan posisi tidur lainnya.

6. Tidur Terlalu Larut Malam

Foto: pexels.com

Dalam beberapa keadaan yang mendesak, begadang bisa menjadi solusi. Tapi bila hal ini menjadi kebiasaan, akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Bila diperhatikan, orang yang selalu begadang akan bermata panda dan cenderung pucat. Tidur merupakan sistem alami tubuh untuk istirahat. Jika tidur terganggu, tentu akan mempengaruhi kinerja organ-organ tubuh.

Selain itu, kurang tidur di malam hari bisa membuatmu mengantuk sepanjang hari dan menurunkan konsentrasimu. Wah, bisa bahaya beraktivitas bila mengantuk dan kurang konsentrasi. Bisa mencelakai diri sendiri dan orang lain.

Gimana Takaiters? Ada kebiasaan di atas yang biasa kamu lakukan? Yuk, segera ditinggalkan agar kesehatanmu tetap terjaga.