Hai, Takaiters!

Tahu nggak bahwa lapisan es yang ada di Antartika hingga saat ini terus mencair dengan kecepatan yang merisaukan? Para ilmuwan dari badan penelitian luar angkasa Amerika Serikat, NASA, telah memperingatkan jika lapisan es Larsen B yang ada di Antartika kemungkinan akan pecah menjadi ratusan gunung es sebelum akhir dekade ini.

Menurut penelitian mereka, terhitung sejak tahun 1992, Antartika telah kehilangan tiga triliun ton es. Kenyataan itu telah dibuktikan oleh 84 pakar yang selama ini mempelajari dampak peningkatan suhu bumi terhadap Antartika, dari tahun 1992 sampai 2017 lalu. Penelitian mereka ini dilakukan melalui analisis data dari tiga jenis pengukuran satelit, yang mengukur perubahan es dari waktu ke waktu.

Pada sebuah laporan yang diterbitkan oleh jurnal Nature Research pada Rabu 13 Juni 2018 lalu, disebutkan jika ternyata sejak tahun 2012 sampai saat ini, Antartika telah kehilangan es tiga kali lebih cepat jika dibanding sebelumnya.

Total jumlah yang hilang kurang lebih adalah sekitar 241 miliar ton es setiap tahunnya. Para ahli dari NASA juga mengungkapkan, bahwa hilangnya es selama 25 tahun terakhir ini berimbas pada kenaikan air laut di bumi sekitar delapan milimeter.

Meningkatnya permukaan air laut naik menjadi sekitar delapan milimeter mungkin terdengar tidak banyak ya, Takaiters? Namun, tahu nggak jika pada survei sebelumnya pernah diungkapkan jika lapisan es di Antartika tidak akan terpengaruh oleh perubahan iklim sama sekali. Nah, jika kemudian ditemukan kenyataan telah terjadi perubahan di Antartika, itu artinya lapisan es di benua itu tidak lagi dapat menahan pemanasan seperti yang pernah dipikirkan sebelumnya.

“Petunjuk dari catatan geologis menunjukkan perubahan iklim menyebabkan hilangnya es di Antartika jauh lebih cepat daripada saat periode hilangnya es di masa lalu,” ujar profesor observasi Bumi dari Universitas Leeds, Inggris, Andrew Shepherd, kepada Live Science, yang dilansir pada Rabu 13 Juni 2018 lalu.

Menurut Prof. Shepherd dan timnya, diperkirakan dengan mencairnya es di Antartika, maka akan dapat menaikkan permukaan air laut di seluruh dunia hingga sampai 16 sentimeter menjelang akhir abad ini.

Wah, ngeri ya, Takaiters? Lalu sekarang apa dong yang bisa kita lakukan untuk membantu menurunkan suhu di bumi kita ini? Yang pasti tentu saja merubah kebiasaan hidup kita agar lebih peduli dengan lingkungan, dong. Jangan pernah lagi buang sampah sembarangan, kurangi pemakaian plastik, dan berusaha untuk turut aktif menghijaukan lingkungan tempat tinggal kita masing-masing.

Bagaimana? Yuk, selamatkan bumi kita!