Hai, Takaiters!

Apa yang terbersit di benak kamu saat mendengar kata Eropa? Keindahan alamnya? Arsitektur bangunan-bangunannya yang cantik? Atau tata kotanya yang teratur dan elegan? Selain terkenal dengan hal-hal yang membuat kita kagum, ternyata ada tempat-tempat di Eropa yang menyimpan kisah kelam, lho, Guys! Mau tahu apa saja dan bagaimana ceritanya? Yuk, kita simak daftar 5 tempat di Eropa yang menyimpan kisah kelam berikut ini!

1. Menara London (Tower of London), Inggris

Foto: jooinn.com

Kastil bersejarah ini dibangun pada tahun 1066 oleh Raja pertama Inggris yaitu Raja William I (William Sang Penakluk). Kastil yang pada awalnya didirikan sebagai benteng ini terletak di jantung kota London, Inggris, di tepi utara sungai Thames. Pada mulanya bangunan ini akan difungsikan sebagai kediaman resmi untuk kerajaan, namun kemudian menjadi tempat interogasi dan tempat penyiksaan tahanan.

Pada abad ke-16 Tower of London menjadi tempat menghukum mati tahanan kelas kakap, yang paling santer adalah hukuman mati bagi Anne Boleyn (isti kedua Henry VIII). Anne dihukum pancung atas kasus perselingkuhannya dengan adiknya sendiri. Konon, saat kepala Anne diangkat dari badannya, mulutnya masih merapal doa. Setelah itu berbagai cerita misteri terdengar, prajurit yang menjaga kastil ini sering melihat penampakan Anne menenteng kepalanya di sekitar White Tower dan Kapel St. Peter.

2. Katedral Notre Dame, Perancis

Foto: glamourygreen@pinterest

Katedral Notre Dame merupakan katedral yang terkenal di dunia. Katedral ini dibangun pada abad ke-12 dalam waktu 100 tahun. Menurut legenda, dahulu ada pasukan khusus yang ditugaskan untuk merebut kota Yerussalem karena pada saat itu Yerussalem dikuasai oleh Islam.

Pada abad ke-14 Raja Philip IV terdesak krisis ekonomi dan satu-satunya jalan untuk menutupi masalah ini adalah dengan merampas harta Templar yang diketahui sangat kuat dan terorganisir. Raja Philip berkomplot dengan para petinggi untuk menjatuhkan dan mengadili Templar. Para pasukan Templar dibakar di depan Katedral Notre Dame.

Pilihan Editor


3. Gunung Pilatus, Swiss

Foto: ruddhi-travelogue

Swiss selalu identik dengan jam tangan, pegunungan Alpen, dan juga pisau lipat. Namun, tahukah kamu bahwa ada sebuah gunung yang menjulang di antara perbatasan Obwalden dan Nidwalen? Yup, gunung itu bernama gunung Pilatus. Gunung ini memiliki dua puncak, yaitu Tomhilson sebagai puncak tertinggi (2.128 m) dan Esel (2.119 m).

Ada dua legenda tentang gunung ini, yang pertama yaitu bahwa gunung tersebut adalah tempat Pontius Pilatus (gubernur provinsi Yudea, Penguasa Romawi yang menghukum mati Yesus) mengasingkan diri karena menghukum orang yang tak bersalah. Menurut cerita rakyat, arwah Pilatus sering menampakkan diri sedang mencuci tangannya di danau Luzern di dekat gunung Pilatus. Selain itu, legenda kedua yaitu bahwa gunung Pilatus diyakini sebagai sarang naga. Salah satu gubernur Luzern yang bernama Winkelried berburu naga, ia menombak mulut naga dan memotong kepala naga dengan pedangnya. Ketika ia mengangkat pedangnya, darah naga menetes membasahi lengannya yang ternyata beracun dan membuat gubernur itu tewas seketika.

4. Transylvania, Rumania

Foto: historicmysteries.com

Rumania adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan Tenggara, di bagian utara Semenanjung Balkan dan berbatasan dengan Laut Hitam.  Di sana, ada sebuah kawasan bersejarah yang bernama Transylvania. Di tempat inilah diyakini sebagai tempat lahirnya legenda drakula.

Adalah sebuah kastil bernama kastil Bran (Bram Stoker pernah menuliskannya dalam sebuah novel yang berjudul Dracula) yang merupakan tempat tinggal pangeran Vlad Tepes (Dracula). Nama Dracula berasal dari ordo yang dimiliki ayah Vlad Tepes yaitu “Dracul” atau Naga. Selama masa pemerintahannya di Wallachia, Dracula mempunyai kebiasaan keji yaitu membantai orang-orang yang menentangnya dan kemudian meminum darahnya. Pada akhirnya, Dracula terbunuh saat perang salib melawan bangsa Turki pada tahun 1476. Ada sebuah keanehan pada saat kuburan Dracula dibongkar, ternyata jasadnya tidak ditemukan di dalamnya.

5. Sungai Rhein

Foto: wikipedia

Sungai Rhine yang mengalir dari Pegunungan Alpen di Swis, Jerman, hingga Rijn, Belanda ini memiliki panjang 1.320 km. Sungai Rhine merupakan urat nadi jalur transportasi laut bagi kapal yang lalu-lalang di negara-negara eropa yang dilaluinya. Ada kurang lebih sembilan negara yang dilalui sungai ini dan setengahnya berada di Jerman. Daerah kawasan sungai Rhein berpanorama indah dan disebut sebagi sungai yang romantis sekaligus banyak diselimuti legenda, salah satunya adalah mengenai Peri bernama Lorelei yang hidup di suatu bagian sungai.

Dahulu, Lorelei ini adalah seorang wanita yang bunuh diri karena patah hati. Peri Lorelei memiliki suara yang merdu. Ia suka bersenandung di tebing yang menjorok ke sungai. Awak kapal yang mendengar nyanyian merdu Lorelei terbuai sehingga menyebabkan kapal yang mereka tumpangi menabrak tebing.

Nah, itulah 5 tempat di Eropa yang menyimpan kisah kelam yang membuat bulu Kuduk berdiri, Kalian berani berkunjung ke sana, Guys?