Hai, Takaiters!

Gempa Palu-Donggala menyisakan duka yang teramat dalam bagi bangsa Indonesia. Gempa yang diikuti dengan tsunami, merenggut banyak korban nyawa, dan harta. Seluruh masyarakat Indonesia selalu meng-update berita yang berhubungan dengan gempa ini.

Sutopo Purwo Nugroho, sosok yang selalu ditunggu-tunggu untuk memberikan informasi dan penjelasan tentang gempa yang menimpa Palu-Donggala.

Beliau adalah Kepala Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Di balik kesabarannya dalam menyampaikan informasi, berikut fakta tentang sosok beliau:

1. Sang Informan yang Selalu Ditunggu

Sebagai kepala BNPB, Sutopo adalah sosok yang paling ditunggu. Informasinya tentang bencana yang terjadi akan berdampak besar terhadap masyarakat. Sehingga masyarakat tidak termakan berita-berita hoax tentang bencana yang terjadi. Dengan detail dan sabar Sutopo akan memberikan penjelasan jumlah korban, kondisi pengungsi, hingga terkait masalah teknis penanggulangan gempa. Tidak hanya melalui media, Sutopo juga aktif melalui akun pribadi Twitter nya untuk menyebarkan dan memperbaharui informasi aktual terkait bencana.

2. Seorang Penyintas Kanker

Tidak banyak yang tahu jika Sutopo adalah penyintas kanker. Penyintas adalah seseorang yang mampu bertahan hidup pada kondisi yang tidak diinginkan, misalnya, sakit. Sutopo divonis kanker paru stadium 4B pada bulan Januari 2018. Sutopo bukan seorang perokok, tetapi terdiagnosis kanker paru. Mengingat penyakit kanker paru dapat diderita juga pada orang yang tidak merokok. Besar kemungkinan karena berada di lingkungan perokok yang asapnya terhisap.

3. Mendapatkan Sorotan Media Asing atas Pengabdiannya Meski Tengah Melawan Kanker

Atas semangatnya selalu memberikan informasi teraktual berkaitan gempa, beliau mendapatkan sorotan dari media asing. Mereka kagum pada Sutopo, karena tetap menjalankan tugasnya walau tengah melawan penyakit kanker. Salut, ya, buat pak Sutopo.

4. Mendapatkan Kejutan dari Penyanyi Idola

Mendapatkan kejutan dari penyanyi idola, itulah yang dialami Sutopo pada hari ulang tahunnya ke 49. Raisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sutopo melalui akun Twitter pribadinya. Selain itu, Sutopo juga sempat melakukan Video call dengan penyanyi idolanya tersebut. Senang, ya, pak.

5. Bertatap Muka dengan Bapak Joko Widodo

Satu lagi tokoh idola Sutopo, bapak Joko Widodo. Pertemuan berlangsung di istana Bogor. Sutopo mengagumi pak Joko Widodo sejak beliau menjabat sebagai walikota Solo dan gubernur DKI Jakarta. “Bapak Joko Widodo mendoakan saya, agar cepat sembuh sehingga dapat melayani masyarakat lebih baik lagi.” Demikian ucap Sutopo dengan gembira depan para wartawan, setelah pertemuannya dengan bapak Presiden.

Sutopo adalah salah satu contoh, seseorang yang memiliki dedikasi tinggi dalam tugas, di tengah sakit yang sedang dideritanya. Semoga sumbangsihmu melayani masyarakat yang tertimpa bencana merupakan obat ampuh yang dapat menyembuhkan sakitmu, semangat, ya pak Sutopo, doa kami semua. Semoga bermanfaat.