Hai, Takaiters!

Aktivitas yang tinggi dan banyaknya beban pikiran biasanya membuat kita susah tidur. Apalagi bagi kamu yang suka begadang untuk lembur. Padahal susah tidur atau insomnia merupakan salah satu gangguan tidur sama halnya seperti narkolepsi dan sleep apnea. Orang dewasa seharusnya tidur 7-8 jam sehari. Namun, dengan tuntutan beban kerja yang tinggi, banyak orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari.

Gangguan tidur bisa disebabkan banyak hal seperti stres, depresi, cemas, maupun gangguan fisik seperti asma, alergi, atau pilek. Gangguan tidur termasuk dalam gangguan kesehatan baik jasmani maupun rohani. Karena gangguan tidur bisa menyebabkan penuaan, obesitas, gangguan kesuburan, bahkan menurunnya daya ingat. Nah, supaya bisa tidur nyenyak ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Kita simak, yuk!

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Foto: pexels.com

Kenakan pakaian dengan bahan yang nyaman. Hindari bahan pakaian yang terlalu tebal. Pilih pakaian berbahan katun atau kaos karena dua bahan ini mampu menyerap keringat dan tidak menghalangi gerakan tidur. Bila menginginkan bahan yang lebih mewah, kamu bisa kenakan pakaian berbahan sutera atau satin.

2. Buat Tubuh Menjadi Rileks

Foto: pexels.com

Cobalah untuk mengatur napas dan lemaskan seluruh tubuh. Jauhkan segala pikiran yang membuat kamu merasa tidak nyaman dan penuh kekhawatiran. Pikiran yang tenang dan rileks akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Cara lain untuk membuat tubuh dan pikiran rileks adalah dengan menyalakan lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi aroma lavender dapat membuat kamu rileks dan tertidur lebih cepat.

3. Jauhkan Gawai, Laptop, dan Televisi Sebelum Tidur

Foto: pexels.com

Ketika gawai dimatikan dan lampu kamar tidur telah gelap, otak dan mata akan mengirim sinyal ke kelenjar pituary untuk menghasilkan hormon melatonin. Melatonin dibangkitkan oleh kelenjar pineal, yang puncaknya pada jam-jam malam hari, dan menyebabkan perubahan fisiologis yang meningkatkan rasa kantuk. sebaliknya, jika kamu terus bermain gawai menjelang tidur maka cahaya biru dari gawai  bisa mengacaukan jam biologis tubuh dan menekan sekresi hormon melatonin sehingga bisa membuat kualitas tidur kamu berkurang.

4. Hindari Makan Malam Menjelang Tidur

Foto: pexels.com

Tahukah kamu bahwa organ pencernaan membutuhkan waktu tidak sebentar untuk mencerna makanan yang masuk dalam tubuh? Jadi, Berilah waktu pada tubuh untuk  mencerna makanan sebelum kamu tidur, ya, Guys. Langsung tidur setelah makan akan menyebabkan asam lambung meningkat, sehingga menyebabkan perut, dada, dan tenggorokan terasa panas.

5. Buatlah Jadwal Tidur yang Tetap

Foto: pexels.com

Jadwal tidur yang tetap akan bermanfaat bagi tubuh dan otak untuk menciptakan alarm alami. Jadwal tidur yang tetap akan membuat kamu tidur lebih nyenyak. Jangan lupa untuk menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman. Usahakan memakai lampu yang redup agar dapat memicu pembentukan hormon melatonin.

Tidur bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Karena itu, memperoleh tidur yang berkualitas dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. kamu bisa coba beberapa tips di atas untuk memperoleh tidur yang berkualitas. Namun, bila kamu masih mengalami gangguan tidur, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan analisa lebih lanjut.