Limbah Cangkang Kepiting Dan Kulit Udang Menjadi Casing Hp
Inspirasi

Kreatif! Mahasiswa UB Ubah Limbah Cangkang Kepiting Dan Kulit Udang Menjadi Casing Hp Dan Pelindung Keyboard Anti-Bakteri

Foto : goodnewsfromindonesia.id

Bagi Indonesia, prestasi-prestasi luar biasa yang nyata dari para generasi muda sangatlah diharapkan. Selain sebagai sumbangsih nyata pada negara atas ilmu yang dimiliki, hal ini juga akan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya. Inilah yang dilakukan oleh empat mahasiswa dari Universitas Brawijaya, Malang, dari fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, yaitu Siti Amallah, Khalid Amjad, Wahyu Widia Ningrum dan Romi Dwi Nanda.

Hebatnya, temuan ke-empat mahasiswa ini juga masih merupakan hal yang berkaitan erat dengan dunia anak muda, yaitu mengembangkan produk BICRASIA (Bio Crustacea Silicone Anti-Bacteria). BICRASIA ini merupakan produk casing hape dan pelindung keyboard yang mengandung anti bakteri. Bahan dasar pembuatannya adalah memanfaatkan limbah cangkang kepiting dan kulit udang yang dikombinasikan dengan bonggol jagung.

Limbah Cangkang Kepiting Dan Kulit Udang Menjadi Casing Hp

Foto : goodnewsfromindonesa.id

Semua bahan baku pembuatan produk inovatif ini sangat mudah sekali didapatkan di pasaran. Sedangkan untuk proses pembuatannya cukup terbilang singkat, yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit, dan masa pengeringan hanya membutuhkan waktu 1 hari. Namun, produk buatan lokal ini memiliki harga yang sangat bersaing di pasaran produk serupa. Keren bukan?

PILIHAN EDITOR

“BICRASIA merupakan produk pelindung yang memiliki banyak keunggulan yakni memiliki sifat antibakteri, bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami sehingga aman dan mudah diurai (biodegradable), model bervariasi, dapat dipesan secara langsung maupun custom, harga bersaing yakni mulai dari Rp 20.000 untuk pelindung keyboard dan Rp. 20.000- Rp.50.000 untuk produk casing HP.” Ujar Khalid.

Latar belakang pemikiran mereka berempat untuk menciptakan produk tersebut adalah karena semakin maraknya penggunaaan hape serta laptop di kalangan masyarakat luas. Dibalik banyaknya kemudahan yang bisa diraih melalui kemajuan tekhnologi, ternyata ada potensi kesehatan yang membayangi, yaitu berkembangnya penularan bakteri.

Limbah Cangkang Kepiting Dan Kulit Udang Menjadi Casing Hp

Foto : kompasiana.com

Seperti yang diketahui, bakteri merupakan mikroorganisme yang juga memiliki sifat patogen yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Tangan kitalah yang biasanya merupakan media penyalur bakteri dari berbagai benda. Nah, ketika kita menggunakan hp dan laptop, bayangkan saja berapa banyak bakteri yang akan bersarang pada tubuh?

Wah, ternyata penemuan hebat tidak selalu berupa hal besar yang mencengangkan ya guys. Dari hal yang sederhana dan ada dalam kehidupan sehari-hari pun, jika kita cerdik dan cermat, akan dapat dihasilkan sebuah penemuan yang bersifat inovatif sekaligus ekonomis.

“Dengan harga ekonomis tersebut calon konsumen sudah bisa memesan sesuai model, warna dan tema pelindung yang diinginkan, selain itu dengan adanya produk ini juga turut andil dalam membantu menurunkan tingkat pencemaran lingkungan akibat limbah. Sasaran pemasaran produk adalah mahasiswa dan karyawan baik di Kota Malang maupun luar Malang” kata Widya.

Semoga tulisan ini menginspirasi kalian semua ya guys!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top