Indonesia! ya keanekaragaman budayanya memang sudah terkenal di dunia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki lebih dari 1500 suku bangsa dan setidaknya memiliki 1027 bahasa. Berbicara tentang keberagaman suku, di Sumatera Barat ada sebuah suku kuno yang menempati Kepulauan Mentawai yang dikenal dengan Suku Mentawai.

Suku Mentawai merupakan suku pedalaman yang menghuni pulau-pulau di Mentawai. Hingga saat ini, Suku Mentawai banyak dijadikan sebagai bahan penelitian oleh para peneliti, yang bertujuan untuk memahami bagaimana pola hidup dan pola interaksi dari suku di bagian barat Indonesia ini.

1.  Asal-usul suku Mentawai menjadi perdebatan di kalangan peneliti

suku mentawai suku tertua di indonesia
Foto : agenbandarqterpercaya.com

Sejarah awal lahirnya Suku Mentawai masih sangat misterius dan menjadi bahan perdebatan di kalangan peneliti hingga saat ini. Beberapa peneliti berpendapat bahwa Suku Mentawai berasal dari ras polinesia, namun ada juga yang meyakini bahwa suku ini berasal dari ras Proto Malaya alias suku melayu tua.

Pilihan Editor

2. Setelah di teliti, ternyata Suku Mentawai merupakan suku tertua di Indonesia yang sudah ada sejak 500 SM

suku mentawai suku tertua di indonesia
Foto : 1.blogspot.com

Suku Mentawai adalah suku yang unik. Setelah di teliti, ternyata Suku Mentawai adalah suku tertua di Indonesia. Dimana para peneliti meyakini bahwa nenek moyang dari Suku Mentawai sudah mendiami lokasi Kepulauan Mentawai di barat Sumatera ini sejak tahun 500 SM.

Karena umurnya yang sudah tua, maka tentu saja adat istiadat di suku ini sangatlah kuat. Hal ini terbukti dengan tetap berpegang teguh pada tradisi dan tidak terpengaruh dengan arus modernisasi serta globalisasi yang sangat gencar terjadi di Indonesia saat ini.

3. Suku Mentawai memiliki agama dan kepercayaan tersendiri yang dikenal dengan Sabulungan

suku mentawai suku tertua di indonesia
Foto : 4.blogspot.com

Suku Mentawai merupakan suku yang memiliki agama dan kepercayaan tersendiri. Kepercayaan yang dianut oleh suku ini dikenal dengan nama Sabulungan. Sabulungan adalah suatu kepercayaan terhadap seluruh benda yang memiliki roh dan jiwa. Ketika roh tidak dapat dirawat dengan baik, maka roh ini akan bergentayangan dan menyebabkan kesialan serta juga menyebabkan munculnya wabah penyakit.

4. Bagi Suku Mentawai tato adalah simbol keseimbangan dan keindahan alam 

suku mentawai suku tertua di indonesia
Foto : sportourism.id

Suku Mentawai dan Suku Dayak di pedalaman Pulau Kalimantan hampir mempunyai kesamaan mengenal budaya tato. Setiap badan tubuh mereka dihiasi dengan tato yang disesuaikan dengan status sosial atau profesi orang tersebut seperti tato kepala suku, tato penjaga hutan, tato pemburu dan lain-lain. Bagi mereka tato adalah merupakan simbol keseimbangan alam dan keindahan.

5. Kerik Gigi, tradisi unik wanita mentawai agar lebih cantik

suku mentawai suku tertua di indonesia
Foto : telusurindonesia.com

Tradisi unik ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan para wanita Suku Mentawai untuk mempercantik dirinya. Menurut Suku Mentawai, apabila ada seorang gadis yang beranjak dewasa dan ingin cantik maka disarankan untuk memiliki gigi yang runcing yang dikenal dengan Kerik Gigi. Tradisi ini diyakini sebagai pengantar jiwa para gadis Suku Mentawai menuju kedamaian dan dimaknai sebagai simbol perjuangan dalam menemukan jati diri bagi gadis-gadis Suku Mentawai.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Suku Mentawai. Selain sebagai suku tertua di Indonesia, ternyata suku ini banyak memiliki keunikkan tersendiri yang sangat perlu kita ketahui.