Hai, Takaiters!

Sebagian besar orang Indonesia menyukai makanan yang bercita rasa pedas yang harus selalu ada dalam setiap waktu makan. Sebut saja contohnya sambal dan jenis makanan pedas lainnya. Yap, Cabai digunakan sebagai bahan untuk mendapatkan rasa pedas. Bagi kamu yang suka makananan pedas, ada kabar baiknya sebab ternyata makanan pedas baik untuk kesehatan, lho, Guys! Selain dapat meningkatkan nafsu makan, ada manfaat lain yang tidak kalah hebatnya. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di sini, yuk!

1. Menurunkan Berat Badan

Foto: kumparan.com

Tahukah kamu, guys? Ternyata cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan panas tubuh sehingga membantu meningkatkan metabolisme hingga lima persen, serta meningkatkan pembakaran lemak hingga 16 persen. Wah, keren, ya, Guys. Nah, sebab itulah dengan sering makan makanan pedas akan mengurangi berat badan kamu karena tubuh bisa membakar kalori lebih cepat.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat Cabai
Foto: drmani.com

Kandungan capsaicin pada cabai ampuh dalam menurunkan tekanan darah, membantu mencegah pembekuan darah, mengatasi kerusakan pembuluh darah, serta bisa menurunkan kadar kolesterol. Hal ini membuat cabai yang terkandung dalam makanan pedas efektif dalam mencegah terjadinya penyakit jantung. Wow, amazing!

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat Cabai
Foto: ahlikanker.com

Selain mengandung capsaicin, cabai juga mengandung kurkumin. Kurkumin efektif mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel kanker. Penelitan menemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kurkumin bisa memperlambat pertumbuhan kanker payudara, kanker serviks, dan kanker perut, dan penyakit lainnya. Sedangkan, capsaicin bisa membunuh 80 persen sel kanker dan tidak membuat sel normal terluka.

4. Membuat Panjang Umur

Manfaat Cabai
Foto: pexels.com

Studi yang dilakukan Chinese Academy of Medical Sciences dan Harvard School of Public Health melihat kebiasaan makan 500.000 orang yang berusia 30-79 di China selama periode lima tahun. Mereka menemukan orang-orang yang mengonsumsi makanan pedas 6-7 kali seminggu bisa menurunkan risiko kematian dini. Selain itu, menurut data tahun 2017 dari Larner College of Medicine di University of Vermont. Hasil penelitian menemukan bahwa orang yang makan banyak cabai atau makanan pedas mengalami penurunan 13 persen kemungkinan kematian dini.

Manfaat dari makanan pedas ini bisa kamu rasakan dengan catatan makanan pedas yang dimaksud adalah rasa pedas yang berasal dari cabai atau bahan-bahan penghasil rasa pedas alami dan mengandung capsaicin. Hal ini tentu didukung dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Untuk kamu yang tidak suka pedas, jangan khawatir, banyak jalan menuju roma, banyak cara untuk tetap jadi sehat. Jadi, keep healthy, Guys!