Halo Takaiters, hari ini kalian sudah buka Google belum? Nah, bagi yang sudah terbiasa memulai hari dengan mesin pencari raksasa ini, tentunya sudah melihat Google Doodle hari ini ya. Yess, tepat pada hari Kamis tanggal 8 Maret 2018, Google  merayakan Hari Perempuan Internasional 2018. Bravo para perempuan se-dunia …

Hari spesial ini jatuh setiap tahun pada tanggal 8 Maret khusus untuk merayakan prestasi perempuan sambil menyoroti perjuangan berkelanjutan untuk kesetaraan gender. Google turut memeriahkan Hari Perempuan Internasional 2018 dengan menampilkan 12 karya seniman perempuan. Uniknya ke-12 seniman wanita tersebut datang dari latar belakang dan kisah yang berbeda.

Google mengatakan, setiap cerita mewakili pengalaman orang atau peristiwa yang telah mempengaruhi kehidupan mereka sebagai perempuan. Masing-masing seniman menceritakan cerita yang unik dan universal mengingatkan bahwa kita memiliki kesamaan. Dengan meng-klik tombol play di bagian tengah  Doodle, tentunya selusin cerita yang menarik perhatian itu dapat kamu lihat. Desainya unik-unik lho, kamu pasti suka.

Hari Perempuan Internasional merupakan peringatan dari masyarakat dunia atas prestasi para perempuan di seluruh dunia sembari menyerukan kesetaraan gender dalam hal peluang pekerjaan, pendidikan, kesehatan, prestasi termasuk dalam bidang politik. Peringatan Hari Perempuan Internasional biasanya ditandai di seluruh dunia dengan pertunjukan kesenian, diskusi, demonstrasi, konferensi, pawai dan lain-lain.

Bagaimana sih, sebenarnya peringatan Hari Perempuan Internasional ini dimulai? Yapt, sulit untuk menentukan kapan tepatnya Hari Perempuan Internasional dimulai. Namun, pada akhirnya dapat ditelusuri sampai tahun 1908, ketika 15.000 perempuan turun ke jalan melewati New York City menuntut hak suara upah lebih baik dan jam kerja lebih pendek.

Beberapa tahun kemudian Hari Perempuan Nasional pertama muncul di Amerika Serikat pada tanggal 8 Februari yang dideklarasikan oleh Partai Sosialis Amerika. Wow, sebuah perjuangan yang panjang ya, Guys.

Google Doodle hari ini hadir untuk Hari Perempuan Internasional yang digawangi oleh Project Leaders yang juga merupakan perempuan yakni Lidya Nichola dan Alyssa Winans. Dalam keterangannya mereka menjelaskan bahwa tema setiap cerita adalah universal dan juga unik. Hal ini mengingatkan kita betapa banyak kesamaan yang kita miliki.

Dua belas cerita dalam narasi visual tersebut diharapkan mampu memadukan kekuatan kata dan gambar untuk membangkitkan perasaan memahami, empati, dan juga semangat bagi seluruh perempuan di dunia.

Proyek Google Doodle ini menjadi perjalanan yang luar biasa ini akan membuat kamu tersentuh dengan kejujuran, keakraban dan juga keberanian pada kontributor dari 12 cerita Google Doodle hari ini. Kisah ke-duabelas seniman tersebut sangat spesial karena diterjemahkan dalam 80 bahasa dan muncul di semua negara secara bersamaan pada hari ini 8 Maret 2018.

Meskipun dalam Google Doodle tersebut hanya tersaji 12 cerita, kamu sebagai warganet bisa ikut berbagi ceritanya dengan #HerstoryOurStory, selama perayaan Hari Perempuan Internasional ini.

Hai kalian para perempuan, ceritakan kisah inspiratif di akun sosial media kalian dengan hastag diatas, ya .