tips puasa saat lambung perih
Cerita Ramadhan

Stop Galau Gara-gara Lambung Perih Saat Puasa! 5 Jurus Antigalau Ini Bikin Puasamu Lancar Jaya

Foto : hellosehat

Puasa baru beberapa hari ya, Guys. Masih panjang perjalanan menuju hari kemenangan. Itu artinya, kita masih harus berjuang mengalahkan godaan hawa nafsu duniawi. Nggak cuma nahan lapar dan haus pastinya, tapi menahan amarah, iri, dengki dan semuanya.

Nah, urusan nahan lapar dan haus ini bakalan ribet jadinya, kalau lambung kamu bikin baper. Bener nggak? Gimana mau khusyuk ibadahnya, kalau kamu harus bergelut dengan serangan asam lambung yang kadang nggak kenal ampun. Apalagi kalau kamu punya riwayat penyakit maag. Wah, bisa panjang urusanya, deh. Tapi, apa iya ibadah puasa kamu harus batal gara-gara lambung berulah? Aduh, nggak banget ya pastinya!

Agar puasa kamu lancar tanpa gangguan nyeri lambung, kamu musti pintar mengatur pola makan. terlebih kalau kamu masih single, tinggal di perantauan, harus ngekos, dan ngurus diri sendiri. Jangan asal comot makanan ya, Guys. Bisa-bisa lambung kamu jadi taruhan! Berikut ini 5 jurus antigalau yang bakalan bikin puasa kamu lancar jaya.

1. Jangan lewatkan sahur

tips puasa saat lambung perih

Foto : hellosehat

Sahur adalah bagian terpenting dalam melaksanakan puasa. Mengapa? Karena dengan sahur yang benar, artinya kamu mengisi lambung dengan asupan energi yang cukup untuk melewati seharian. Melewatkan waktu sahur, bisa membahayakan kondisi lambung kamu. Apalagi kalau kamu punya riwayat maag atau gangguan pencernaan lainnya.

PILIHAN EDITOR

Lambung yang kosong lebih dari dua puluh jam, bisa terluka. Hal ini bisa berefek buruk bagi kesehatan kamu. Karena itu, usahakan untuk menikmati sahur setiap hari. Bersantap sahur mendekati waktu imsak adalah salah satu cara yang direkomendasikan, untuk mempersingkat masa kosong pada lambung, sehingga bisa meminimalkan naiknya asam lambung. So, nggak ada alasan bolong sahur lagi ya, meski kamu anak kos!

2. Atur menu bersahur

tips puasa saat lambung perih

Foto : liputan6

Selama berpuasa, sebisa mungkin kamu harus mengonsumsi aneka makanan yang kaya serat, tinggi protein dan karbohidrat kompleks. Jangan hanya ngandalin mi instant, roti atau makanan kalengan kalau nggak ingin lambung kamu kacau balau seharian. Makanan tersebut memang mudah disiapkan dan dinikmati, tapi efeknya akan kurang baik bagi pencernaanmu, apalagi jika kamu harus banyak beraktivitas sepanjang hari. Akan lebih baik kalau kamu menyantap nasi merah, sayuran segar, telur rebus dan air putih hangat.

3. Hindari makanan yang bisa memicu asam lambung

resiko dan bahaya diet instan

(Foto : pexels.com

Asam lambung yang tinggi, biasanya dipicu pula oleh asupan makanan yang kurang baik. Misalnya makanan tinggi gula, garam, air soda, aneka gorengan, teh, kopi, merica, cokelat, atau cuka. Hindari pula minum susu saat sahur, ya. Lebih baik perbanyak air putih saja.

4. Berbuka dengan benar

tips puasa saat lambung perih

Foto : pexels.com

Setelah seharian kosong, lambung perlu waktu untuk terisi kembali. Nah, kebiasaan yang lumrah terjadi adalah buru-buru mengisi lambung dengan aneka makanan berat berbumbu padahal kondisi lambung belum memungkinkan. Nggak heran, kalau lambung kamu akan lebih mudah terkena iritasi yang akhirnya menimbulkan rasa perih, nyeri dan mual.

Berbuka yang benar adalah dengan meminum minuman hangat atau beberapa buah kurma, lalu beri sedikit jeda, sebelum menyantap takjil. Jangan langsung membebani lambung dengan makanan utama, tapi beri waktu lagi agar makanan pembuka tadi diserap oleh usus. Setelah itu, barulah kamu menyantap makanan utama. Usahakan untuk tetap membatasi konsumsi gorengan, makanan tinggi gula dan garam serta aneka minuman berkafein dan bersoda.

5. Konsumsi suplemen

tips puasa saat lambung perih

Foto : pexels.com

Nah, yang terakhir ini bukan sebuah keharusan. Jika memang diperlukan, kamu bisa membekali diri dengan suplemen lambung yang aman untuk dikonsumsi selama puasa. Tapi ingat, jangan melebihi dosis yang disarankan ya. Sebaiknya, mintalah saran dari dokter atau petugas apotek ya.

Itu tadi 5 jurus antigalau yang bisa kamu lakukan, agar lambung kamu aman selama menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top