Hai, Takaiters!

Tegal merupakan salah satu  kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota yang disebut juga kota Bahari ini terletak di jalur pantura yang menghubungkan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selama ini masyarakat lebih mengenal Tegal karena wartegnya . Padahal di Tegal masih banyak lho makanan khasnya yang tidak kalah enaknya. Berikut kuliner khas kota Tegal yang harus kamu coba.

1. Tahu Aci

Gambar terkait
Foto: doyankuliner

Makanan ini termasuk dalam jenis gorengan, ya, Guys. Tahu aci terbuat dari tahu kuning berbentuk segitiga yang diberi adonan aci di atasnya. Rasanya yang gurih sangat cocok dijadikan camilan.  Fyi, aci merupakan bahasa jawa yang artinya tepung kanji.

2. Soto Tegal atau Sauto Tegal

Hasil gambar untuk Soto Tegal
Foto: wartabahari.com

Soto Tegal terdiri dari nasi yang diberi toping  berupa tauge, tomat, ayam suwir/babat, bumbu tauco, lalu ditaburi daun bawang dan disiram dengan kuah kaldu. Bumbu tauco memiliki rasa manis, asem, asin yang menambah kesegaran pada soto.

Pilihan Editor



3. Kupat Glabed

Hasil gambar untuk Kupat Glabed
Foto: diahdidi

Jika dilihat sepintas, kupat glabed mirip dengan lontong opor, ya, Guys. Kupat glabed berisi kupat yang disiram dengan kuah kuning yang kental. Juga diberi toping krupuk mie kuning, bawang goreng dan berbagai pilihan sate, seperti; sate ayam, sate kerang atau sate telur puyuh.

4. Teh Poci

Gambar terkait
Foto: tokopedia

Teh poci disajikan dengan cara yang unik. Teh disajikan di dalam teko dan cangkir yang terbuat dari tanah liat. Menggunakan teh yang berasal dari Tegal, dan gula batu sebagai pemanisnya. Masyarakat Tegal memiliki istilah wasgitel  dalam menyajikan teh poci. Wasgitel artinya wangi, sepet, legi dan kentel. Yang artinya wangi, sepat, manis dan kental. Teh poci biasa disajikan pada saat acara kumpul-kumpul sebagai sarana keakraban.

5. Nasi Ponggol

Gambar terkait
Foto: nasikentjana.com

Biasanya masyarakat Tegal menyantap nasi ponggol sebagai menu sarapan. Nasi dijual dengan dibungkus daun pisang. Dalam setiap bungkus terdiri dari nasi dan sambal goreng, juga dilengkapi dengan aneka oseng sayuran.

Saat ini ada varian baru dari nasi ponggol yang disebut pongset atau ponggol setan. Disebut ponggol setan karena memiliki rasa yang sangat pedas. Namun ada pula yang menamakan ponggol setan, karena makanan ini dijual hanya pada malam hari saja.

6.Nasi Lengko

Hasil gambar untuk nasi lengko
Foto: plukme

Nasi lengko tidak hanya ada di Cirebon, ya, Guys, di Tegal juga ada lho nasi lengko. Secara umum kedua nasi lengko ini sama, terdiri dari nasi yang diberi toping tauge, ketimun, tahu dan tempe goreng. Tidak lupa diberi bumbu kacang, ditaburi bawang goreng dan diberi kecap manis.  Yang membedakan, nasi lengko Cirebon bumbu kacangnya lebih kental dan diberi taburan kucai. Sedangkan nasi lengko Tegal bumbu kacangnya lebih cair, rasanya lebih manis dan tanpa ditaburi daun kucai.

Kuliner  Kota Tegal memiliki rasa yang unik. Ini dikarenakan letak daerahnya yang dekat dengan perbatasan antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Jadi, jangan lupa untuk icip-icip kulinernya kalau mampir ke Kota ini.