Halo, Takaiters!

Alhamdulillah dalam hitungan hari, kita semua akan segera memasuki bulan suci Ramadan. Sebuah bulan dimana kita akan diwajibkan untuk menahan diri untuk tidak makan dan minum, mulai dari Subuh hingga Magrib. Nah, biasanya bagi mereka yang rutin melakukan olahraga, terkadang puasa dijadikan alasan, entah untuk membatalkan puasa, atau malah menghentikan kegiatan rutin olahraganya.

Ya! selama berpuasa,  kurang lebih selama 13 jam tubuh kita memang tidak akan mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Namun, bukan berarti hal ini menjadi halangan untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh melalui olahraga, lho. Bagi kalian yang ingin tetap dapat berolahraga selama bulan Ramadan, berikut ini ada beberapa tips olahraga saat puasa. Simak, ya, Guys.

1. Waktu

Foto: pexels.com

Tips olahraga saat puasa yang pertama adalah memperhatikan waktu yang dipilih untuk melakukannya. Di sini ada 2 pendapat ternyata, Guys, dan keduanya sama-sama memiliki alasan yang kuat. Untuk pilihannya dikembalikan kepada pribadi masing-masing, sih, ya, karena kondisi setiap orang pastilah berbeda. Yang penting, lakukan sesuai kemampuan dan kebiasaan. Kenali kemampuan diri sangat penting di titik ini.

Saran yang pertama, dilansir dari the National and Islamicity, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa, karena saat itu perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah ketika tubuh telah mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman, setelah melalui buka puasa. Sedangkan pendapat yang kedua dilansir dari Kompas.com, Dr. Saptawati Bardosono mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena telah mendekati waktu makan.

2. Jenis Olahraga yang Dilakukan

Foto: pexels.com

Tips olahraga saat puasa selanjutnya adalah perhatikan  jenis olahraga yang dipilih. Kalian boleh, kok, Guys, melakukan jenis olahraga seperti biasanya, akan tetapi lakukan dengan intensitas ringan sampai sedang. Contoh jenis olahraga yang bisa dilakukan selama bulan puasa adalah berjalan, jogging, atau bersepeda.

3. Asupan Makanan

Foto: pexels.com

Selama bulan Ramadan, ada waktu makan yang berubah dibandingkan dengan hari biasa, selain itu, porsi makan mungkin juga dapat berubah. Akan tetapi jika kalian ingin tetap dapat berolahraga selama di bulan puasa, tips olahraga saat puasa selanjutnya adalah usahakan untuk tetap memakan makanan dalam jumlah yang sama seperti hari biasanya, tidak berlebih dan juga tidak kekurangan. Makanlah makanan yang beragam jenisnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Pilihan Editor



Karbohidrat, karena merupakan energi utama bagi tubuh, tentu tidak boleh tidak dikonsumsi. Tips olahraga saat puasa selanjutnya adalah, demi menjaga kesehatan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks, serta yang memiliki kandungan serat tinggi (memiliki indeks glikemik rendah). Hal ini dimaksudkan agar tubuh dapat melepaskan energi secara perlahan sehingga tidak cepat habis, yang secara tidak langsung akan menunda rasa lapar menyerang.

Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan oleh tubuh, karena zat gizi ini merupakan zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan juga sebagai zat pembangun. Untuk itu, makanlah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, dan telur, sehingga dapat membantu tubuh kita untuk memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

4. Perbanyak Minum

Foto: pexels.com

Dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga, untuk mencegahnya maka asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5 hingga 2 liter per hari. Berkaitan dengan tips olahraga saat puasa yang ke empat di atas, maka disarankan untuk membatasi melakukan aktivitas fisik berlebih di siang hari, dan melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di saat menjelang berbuka atau sesudah berbuka puasa.

5. Perhatikan Durasi Tidur

Foto: pexels.com

Tips olahraga saat puasa yang terakhir adalah memperhatikan durasi tidur. Untuk menjaga tubuh tetap prima, bukan hanya makanan dan minuman saja yang diperhatikan, Guys, kalian juga harus mengatur waktu tidur, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Waktu tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah sekitar 7 hingga 9 jam per hari. Perhatikan, ya, Guys, waktu tidur yang kurang akan dapat mempengaruhi kinerja tubuh, oleh karena itu selama di bulan Ramadan jangan mengabaikan kebutuhan yang satu ini untuk  mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

Itulah tadi beberapa tips olahraga saat puasa yang dapat kalian terapkan sehingga kegiatan untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh kalian tidak mengganggu kewajiban ibadah selama di bulan suci ini. Semoga bermanfaat, ya, Guys.