Hola, Takaiters!

Iduladha makin dekat, nih. Sudahkah Takaiters menyiapkan menu andalan berbahan dasar daging kambing? Ataukah Takaiters justru bingung menghilangkan bau prengus yang menyertai daging kambing?

Bau prengus pada daging kambing yang khas memang terkadang mengganggu. Takaiters harus pintar-pintar mengolah daging kambing agar tidak bau prengus saat disajikan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau pada daging kambing dan cara menyimpannya biar awet. Lima cara di bawah ini patut kamu coba, ya, Guys!

1. Jangan cuci dagingnya

Gambar terkait
Foto: Cairo Food

Saat akan mengolah daging kambing, sebaiknya jangan mencucinya terlebih dahulu. Air akan semakin mengeluarkan bau prengus pada daging sehingga aromanya makin kuat. Jika terpaksa dicuci, sebaiknya dicuci sesaat sebelum dimasak. Cucilah dengan air yang mengalir dan pastikan tidak ada kuman pada air tersebut.

2. Simpan di Freezer

Gambar terkait
Foto: Poskota News

Potong daging sesuai kebutuhan dan masukkan ke dalam beberapa wadah plastik atau wadah kedap udara. Letakkan di dalam freezer dengan suhu-25 hingga -17 derajat Celsius. Daging kambing memang lebih awet jika disimpan dalam keadaan beku. Penyimpanan pada wadah-wadah plastik dan kedap udara sesuai kebutuhan akan memudahkan juga membuat daging lebih awet karena terhindar dari kuman.

3. Pisahkan daging dengan tulang dan jeroan

Hasil gambar untuk daging kambing
Foto: pexels.com

Menyatukan daging dengan tulang dan jeroan seperti hati dan ginjal akan membuat daging kambing rentan bau. Tulang mengandung banyak bakteri. Sementara ginjal mengandung banyak air dengan bakteri di dalamnya karena di dalam ginjal terjadi proses penyaringan urine. Jadi, jangan campur daging dengan jeroan dan tulang ya, Guys.

4. Lumuri jeruk nipis

Hasil gambar untuk jeruk nipis
Foto: Tribun News

Lumuri daging dengan jeruk nipis untuk mengurangi bau prengusnya. Biarkan air jeruk nipis terserap lalu olah daging sesuai selera. Air jeruk nipis yang segar bisa menutupi bau prengus pada daging kambing.

5. Gunakan aneka rempah

Hasil gambar untuk daging kambing
Foto: vemale.com

Untuk menghilangkan bau daging kambing, Takaiters bisa menggunakan aneka rempah seperti kunyit, bawang putih, ketumbar, serai, dan bumbu rempah lainnya untuk merebusnya. Jangan lupa membuang air rebusan pertama agar bau prengusnya hilang. Rebus kembali daging kambing sampai empuk dengan tambahan bumbu rempah lain.

Nah, Takaiters, itulah lima cara mengolah daging kambing agar tidak bau dan awet. Selamat mencoba dan selamat menikmati santapan berbahan dasar daging kambing yang lezat dan tanpa bau.