Hai, Guys!

Buat kamu-kamu yang sudah pernah berkunjung ke luar negeri, pasti tahu dong kalau kebersihan adalah sesuatu hal yang sangat menonjol. Terutama di negara-negara maju yang penduduknya memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan seperti Jepang, Korea Selatan, atau negara-negara Eropa, kita akan sulit menemukan ceceran atau tumpukan sampah. Beda banget ya, sama Indonesia.

Kita harus mengakui bahwa masyarakat kita belum sepenuhnya sadar akan pentingnya menerapkan budaya hidup bersih dan sehat. Masih banyak orang yang dengan mudah membuang sampah di mana saja. Namun bagi masyarakat di 3 desa berikut ini, lingkungan yang super bersih dan sehat tampaknya bukan sekadar impian. Pasalnya, ketiga desa berikut ini dinobatkan sebagai desa paling bersih di dunia.Dan yang patut membuat kita bangga, salah satunya ternyata ada di Indonesia lho! Nggak percaya? Nih, daftarnya!

1. Desa Penglipuran, Bali, Indonesia

desa terbersih di dunia
Foto : pojoksamber.com

Desa Penglipuran merupakan salah satu desa adat yang sangat bersih, indah dan memiliki kehidupan tradisional yang begitu terjaga. Desa ini memiliki tata letak rumah yang sangat rapi, dan berjejer secara persisi di kiri kanan jalan yang ada di tengah desa. Ada sekitar 200 rumah bergaya tradisional yang berderet rapi di jalanan yang menanjak.

Pilihan Editor

Di sini, kamu nggak akan menemukan sampah yang berceceran. Lingkungan yang masih sangat alami, ditandai dengan banyaknya pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Bunga-bunga yang indah bermekaran di setiap penjuru desa, membuat siapa saja yang berkunjung ke sini akan merasa betah.

Di desa ini, mobil dan kendaraan lainnya dilarang melintas ya, Guys. Jadi, semua orang harus berjalan kaki. Hm, sepertinya hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa keasrian alamnya masih sangat terjaga. Kamu bisa bebas menghirup udara yang sangat segar tanpa khawatir akan polusi udara seperti di kota besar.

2. Desa Giethoorn, Overijssel, Belanda

desa terbersih di dunia
Foto : gogonesia.com

Seperti halnya Desa Penglipuran, di Giethoorn yang berjarak sekitar 1,5 jam dari Amsterdam ini, kamu dilarang mengendarai mobil atau motor. Sebagai gantinya, masyarakat di sini menggunakan perahu dan sepeda sebagai sarana transportasi setiap harinya. Karena itu, jangan heran ya Guys, kalau di sini nggak ada yang namanya jalan raya.

Bagi pengendara sepeda bisa menggunakan kecil untuk akses sekitar desa, sedangkan pengguna perahu dapat menggunakan kanal-kanal yang telah disediakan. Desa kecil berpenduduk sekitar 2.600 orang ini sering dijuluki sebagai “Venesianya Belanda”. Wah, menarik sekali sepertinya ya.

3. Desa Mawlynnong, Meghalaya, India

desa terbersih di dunia
Foto : fugoes.com

Selama ini, mungkin kita mengenal India sebagai negara yang hampir sama dengan Indonesia dalam hal kebersihan ya. Namun, hal ini nggak berlaku bagi masyarakat yang tinggal di Desa Mawlynnong ini. Desa berpenduduk sekitar 500 orang ini merupakan desa terbersih di dunia.

Percaya nggak Guys, desa ini sempat memiliki sejarah gelap lho. Hal ini terkait dengan wabah kolera yang pernah melanda sekitar 130 tahun yang lalu. Setelah itu, mereka menggiatkan budaya hidup bersih sampai sekarang. Desa ini sempat menutup diri dari lingkungan luar.

Pada tahun 2003, ada seorang jurnalis dari India yang berkunjung ke sana dan membuat tulisan yang sangat menarik tentang desa ini. Sejak itulah, masyarakat mulai mengenal Mawlynnong dan mereka pun kembali membuka diri untuk dunia luar. Kini, kita akan menemukan pemandangan yang sangat asri, bersih, dan indah di sana.

Nah, itulah tadi 3 desa paling bersih yang ada di dunia. Gimana menurutmu, Guys?