Hai, Takaiters!

Kadang kamu harus terjaga hingga larut malam demi mengerjakan tugas yang belum sempat diselesaikan. Begadang memang bukan hal baik, Guys. Kurang tidur bisa membuatmu mudah sakit dan konsentrasi jadi terganggu.

Sayangnya, ada keadaan di mana kamu terpaksa melakukannya, melek sampai pagi, dan akhirnya bangun tidur kepala jadi pening dan susah fokus. Supaya itu tidak terjadi, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal ini supaya kondisimu tetap fit dan keesokan harinya kamu bisa bangun dengan nyaman.

Pastikan Kamu Telah Minum Air yang Cukup

Foto: pexels.com

Manusia membutuhkan cairan untuk mencegah dehidrasi yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuhmu. Jika kamu berniat begadang, jangan lupa minum air yang cukup. Sebab air bukan hanya bisa melembabkan kulit, tetapi  juga membantu menjaga kesehatan, lho.

Kamu bisa minum minimal 2 liter air perhari. Jika kamu tidak bisa minum dalam jumlah banyak, cobalah minum sedikit demi sedikit, Guys hingga kamu terbiasa dan tak lagi melupakan betapa pentingnya minum air putih yang cukup.

Banyak Konsumsi Buah dan Sayuran Segar

Foto: pexels.com

Jangan malas makan buah dan sayuran. Sejatinya kita semua juga amat paham jika kedua jenis makanan sehat ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Apalagi jika kamu berniat begadang dan itu sering kamu lakukan sampai menjadi sebuah rutinitas yang tidak kamu sadari rupanya bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Yap! Konsumsi buah dan sayuran bisa membantu mengembalikan nutrisi yang hilang akibat kurang istirahat. Jadi, jangan malas makan buah dan sayuran lagi, ya.

Tidur Siang Menjadi Solusi Terbaik Jika Kamu Berniat Begadang

Foto: pexels.com

Meskipun hanya menyempatkan waktu sebentar untuk istirahat siang, sebaiknya kamu memanfaatkan itu untuk tidur sebentar, Guys. Tidur siang punya manfaat yang amat baik bagi kesehatan kamu, lho.

Selain itu, tidur siang juga bisa mengembalikan tenagamu yang hilang akibat kurang istirahat. Jika tidak sempat, ada baiknya kamu tidur lebih awal dan bangun lebih awal untuk mengerjakan tugasmu yang masih terbengkalai itu.

Jika Sempat, Rajin-Rajinlah Berjemur Antara Pukul 7-9 Pagi

Foto: pexels.com

Kamu juga butuh asupan vitamin D selain vitamin dari makanan yang biasa kamu konsumsi. Untuk itu, ada baiknya kamu rajin berjemur saat sinar matahari ideal, yakni antara jam 7-9 pagi. Sinar matahari yang hangat itu bukan hanya akan membuat tubuhmu nyaman, tetapi juga mampu mengembalikan energimu yang hilang akibat terlalu capek begadang.

Jangan Pernah Lewatkan Waktu Sarapan Pagi

Foto: pexels.com

Ya, meskipun kamu telat bangun, mata masih lengket dan mengantuk, jangan pernah lewatkan waktu sarapan, Guys. Sebab sarapan itu sangat penting dan akan memengaruhi kondisimu setelah begadang dan mengerjakan begitu banyak deadline yang menumpuk.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati kondisimu akibat terlalu sering begadang. Kamu bisa menerapkannya langsung dan jangan lupa, jika tidak terpaksa, sebaiknya jangan begadang, ya. Kesehatanmu lebih penting ketimbang apa pun.