Kamu penggemar tempat wisata keren dan murah meriah? Tenang, guys. Indonesia surganya tempat wisata yang murah meriah, namun kaya akan keindahan alam dan kreativitas penduduknya. Nggak hanya di kota-kota besar, sekarang di daerah-daerah pun mulai banyak bermunculan tempat-tempat wisata alam yang disulap menjadi spot yang unik dan menarik. Yang paling penting, tempatnya sangat instagram-able. Yah, apalagi sih kalau bukan ajang untuk ber-selfie ria?

Salah satu kota yang paling diburu sebagai tujuan wisata adalah Jogja. Kota yang masih berbalutkan napas tradisional ini, belakangan makin getol berdandan dan memoles berbagai sudutnya dengan mempercantik tempat-tempat wisata baru yang sangat menarik. Tak hanya keindahan pantai-pantai berpasir putih yang tak kalah menawan dari Bali, Jogja juga menawarkan banyak tempat wisata yang sarat akan keindahan alam pegunungan, hutan dan gua karst yang sangat unik.

wisata Seribu Batu Songgo Langit
Foto : tribunnews

Seribu Batu Songgo Langit, adalah satu di antara destinasi wisata teranyar yang sedang hits di kota pelajar ini. Kalau kamu pengen lihat Hobbit tanpa harus capek-capek ke luar negeri, di sinilah tempatnya!

Berada di kawasan hutan pinus yang asri dan sejuk, kamu bisa menikmati keindahan alam yang sangat unik. Tempat wisata yang baru dibuka setahun yang lalu ini, terletak di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Lokasinya bisa dijangkau dengan berkendara sekitar satu setengah jam dari pusat kota Jogja.

Pilihan Editor

Nama Seribu Batu diambil dari penataan kawasan wisata yang didominasi oleh batu-batu besar yang indah. Selain itu, Songgo Langit adalah nama yang sudah lama melekat untuk kawasan ini. Ada alasan khusus mengapa tempat ini dinamai “Songgo Langit”. Letaknya yang berada di wilayah lembah, membuat tempat ini terlihat seperti sebuah batu besar yang menyangga awan di atasnya.

Yang bikin tempat ini menarik adalah, di sini kamu bakalan merasa seolah sedang berada di negeri dongeng, lho. Suhu udara yang cukup dingin, ditambah dengan rumah kayu Hobbit yang sengaja dibangun di beberapa titik, adalah daya pikat yang cukup kuat. Pohon pinus yang menjulang tinggi, tertiup dinginnya angin, memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

wisata Seribu Batu Songgo Langit
Foto : bakpiamutiarajogja.com

Nggak cukup sampai di situ guys, kamu masih akan menemukan banyak hal unik yang akan menambah nuansa negeri dongeng. Kamu bisa menemukan jembatan kayu yang artistik, rumah seribu kayu berukuran kecil yang menyerupai rumah para kurcaci, ataupun bunga teratai super besar yang didesain dengan indah. Jalan-jalan setapak yang terdapat di dalamnya, menyerupai taman kecil dengan batuan putih yang cantik. Beberapa batu berukuran besar sengaja diletakkan di titik tertentu untuk menambah kesan romantis dan misterius.

Tingginya pohon pinus, akan tersapu sinar matahari yang menyusup di antara batangnya. Menciptakan siluet dan pendar cahaya yang artistik. Kicau burung yang masih alami, membuat pikiran kamu sulit move on dari khayalan. Pokoknya mirip banget dengan negeri dongeng. Mau berfoto? Sah-sah saja, kok! Dengan sedikit teknik foto dan smartphone dengan kamera yang canggih, foto kamu pasti bakal bikin iri netizen lain.

Bagi kamu yang menyukai tantangan, jangan khawatir! Tersedia wahana flying fox yang berada tepat di depan pintu masuk. Cukup dengan membayar Rp. 15.000,00 saja, kamu bisa “terbang” melintasi trek khusus sampai di bagian bawah lokasi, tempat rumah Hobbit berada. Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini sangat terjangkau, yaitu Rp. 4.000,-. Harga itu sudah termasuk biaya parkir lho. Lahan parkir yang tersedia pun cukup luas. Bagaimana? Yuk, jadwalkan mengunjungi tempat ini saat long weekend nanti ya.