Hollaa, Takaiters!

Pernah dengar Bipolar Disorder? Yapt, Bipolar Disorder merupakan suatu gangguan pada otak yang menyebabkan fluktuasi yang luar biasa dalam hal mood, energi, tingkat aktivitas, dan kemampuan menjalani tugas rutin. Misalnya tiba-tiba menjadi sangat bahagia dari yang sebelumnya murung. Nama lain dari  bipolar disorder adalah maniak depresif.

Itulah yang penyakit yang pernah dialami oleh Sendy Hadiat. Sebagai penderita Bipolar Disorder, kehidupan Sendy tidak berjalan dengan mulus. Banyak tekanan hidup, pelecehan, bullying, membuat Sendy mengalami gangguan perasaan.

Bipolar Disolder, stigma berkepribadian buruk hingga anggapan gila

buku pejuang bipolar
Foto : parenthink.net

Sebagai penderita bipolar disorder, Sendy mempunyai dua fase perasaan yang berbeda yakni mania dan depresi. Pada fase mania, Sendy menjadi terlihat sangat bersemangat, enerjik, dan bicara cepat. Sedangkan pada fase depresi, Sendy akan terlihat sedih, lesu, dan hilang minat terhadap aktivitas sehari-hari.

Tapi ada kalanya perempuan yang terlahir dengan nama Sendy Winduvitri ini, mengalami dua fase sekaligus. Ketika Sendy merasa sangat berenerjik, namun di saat bersamaan juga merasa sangat sedih dan putus asa. Gejala ini dinamakan dengan fase campuran (mixed state). Ngeri juga ya, guys?

Suasana hati yang begitu fluktuatif membuat Sendy menggali informasi bipolar lebih dalam

buku pejuang bipolar
Foto : 2.bp.blogspot.com

Tak cukup harus melawan perubahan suasana hati yang begitu fluktuatif, Sendy mulai mencari informasi tentang Bipolar Disorder baik dari buku-buku maupun dengan berkomunikasi dengan sang ahlinya.

Demi melawan stigma negatif, perlahan-lahan Sendy memahami apa itu bipolar sebenarnya. Akhirnya ia benar-benar memahami dan dapat menbedakan dua fase dalam dirinya. Sehingga kini ia dapat mengontrol diri dari hal-hal yang akan menyulut pemikiran dalam otaknya.

Ia mulai dapat menghindari faktor-faktor  pemicu yang dapat membuat fase mania dan depresinya kambuh. Mengenal dan memahami bipolar secara utuh membuatnya lebih bahagia karena banyak hal positif yang bisa ia lakukan setelah memahaminya.

Sendy ingin berbagi pengalamannya menangani bipolar disorder, Sehingga menuangkan kisahnya dalam sebuah buku

buku pejuang bipolar
Foto : Sendy Hadiat

Dibalik penyakit yang dideritanya ia berhasil menerbitkan sebuah buku berjudul “MenemukanMu Dan Menemukannya”. Buku ini dibuat hanya dalam jangka waktu dua hari loh. Buku sejenis otobiografi ini memiliki tebal 160 halaman. Melalui bukunya, Sendy berharap dapat memberikan inspirasi bagi kaum perempuan agar tidak takut atau malu untuk penduli dengan kondisi kejiwaan, mental dan psikologis.

Walaupun gangguan bipolar membutuhkan perawatan jangka panjang bukan berarti penderita tak sanggup untuk melewatinya. Gangguan bipolar bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat, terapi, dukungan keluarga, dan  lingkungan sosial.

Bagi Takaiters yang berminat untuk memiliki buku “Menemukan-Mu Dan Menemukannya”Takaiters bisa memesannya langsung kepada pengarangnya, Sendy Hadiat, atau hubungi 087700490702 (Sendy Hadiat) . Harga yang ditawarkan untuk 1 buah adalah sekitar Rp.100.000. Yuk pesan sekarang juga dan dapatkan cerita inspirasinya.