Hai, Takaiters!

Sodium bicarbonate atau yang biasa kita kenal dengan baking soda merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue. Baking soda dan baking powder sering dikira sama, padahal dua bahan ini berbeda. Tidak seperti baking powder yang mengandung zat asam, baking soda adalah senyawa tunggal yang terdiri dari hanya empat unsur: natrium, hidrogen, karbon dan oksigen.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa baking soda merupakan benda serba guna dengan sejuta manfaat. Bubuk yang sejatinya tercipta untuk membuat kue ini kini banyak digunakan untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan dunia kuliner.

Takaiters, ini dia 6 manfaat tak terduga dari baking soda.

1. Mengatasi Rambut Rontok

Foto: www.nutrafol.com

Baking soda memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Salah satunya adalah mengatasi rambut rontok. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 6 sendok makan air. Lalu aplikasikan ke rambut mulai akar hingga ujung rambut. Terakhir bilas dengan air. Takaran disesuaikan dengan seberapa panjang rambut yang kamu miliki.

Jika kamu sering menggunakan pewarna rambut, hairspray, catok rambut, dan sebagainya, hal tersebut akan membuat rambutmu rentan rusak karena banyak zat-zat kimia yang menempel. Baking soda mampu menghilangkan zat-zat kimia tersebut, serta mengembalikan kekuatan akar rambut sehingga tidak mudah patah dan rontok.

2. Membersihkan Alat-Alat Masak dari Noda Membandel

Foto: food-hacks.wonderhowto.com

Tidak jarang noda membandel masih tetap menempel pada peralatan dapur, meskipun telah dicuci. Baking soda mampu mengatasi masalah ini. Cukup taburkan baking soda pada peralatan dapur. Gosok perlahan dengan sponge dan bilas dengan air. Dijamin peralatan dapur kembali bersih bersinar.

Pilihan Editor


3. Memadamkan Api

Foto: www.coldwellbanker.com

Hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, termasuk kecelakaan saat memasak. Api kompor bisa saja sewaktu-waktu membesar dan berbahaya. Jangan panik jika hal ini terjadi di dapurmu. Cukup lemparkan baking soda dan apipun akan padam seketika.

4. Melancarkan Saluran Air yang Tersumbat

Foto: www.blanco-germany.com

Kotoran-kotoran kecil yang sering luput dari pandangan mata sering sekali menjadi penyebab tersumbatnya saluran air, baik itu di kamar mandi, maupun westafel dapur. Jika tidak segera diatasi, hal ini bisa memicu masalah besar. Tak jarang pemilik rumah harus memanggil tukang untuk melancarkan kembali saluran air. Padahal ada cara ampuh dan cepat untuk mengatasi hal ini. Cukup taburkan baking soda, lalu siram dengan venegar. Kotoran didalam air akan hancur dan air bisa kembali mengalir dengan lancar.

5. Menghilangkan Bau Kaki pada Sepatu

Foto: www.safebee.com

Sepatu yang jarang dicuci pasti akan menimbulkan bau busuk yang tidak sedap dan juga bisa mengganggu banyak orang. Jika kamu malas mencuci sepatu dan tidak ingin hal tersebut terjadi, siasati dengan menaburkan bubuk baking soda kedalam sepatumu. Biarkan beberapa saat, lalu bersihkan.

Kandungan zat didalam baking soda mampu menetralisir aroma. Tidak hanya untuk sepatu, benda-benda lain yang berbau tak sedap juga bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda.

6. Membersihkan Kompor

Foto: www.hometalk.com

Saat memasak sering kali cipratan minyak ataupun makanan yang dimasak mengotori kompor. Noda dari makanan tersebut tak jarang sulit dibersihkan. Baking soda ternyata juga ampuh untuk mengatasi masalah dapur yang satu ini. Taburkan baking soda ke atas kompor. Lalu bersihkan dengan kain basah. Kompor kembali bersih seperti baru.

Selain keenam manfaat di atas, mungkin kamu  juga bisa menggunakan baking soda untuk hal-hal lain, karena baking soda sudah terbukti efektif mengatasi berbagai masalah. Karenanya baking soda pantas disebut sebagai bahan sejuta manfaat.