Hai, Takaiters!

Pempek merupakan makanan khas dari kota Palembang. Pasti kamu sudah pernah, dong, mencicipi beranekaragam jenis pempek, seperti pempek kapal selam, pempek kriting, pempek lenjer, pempek telur, pempek adaan, dan pempek kulit. Gimana rasanya? Pasti enak, iya ‘kan?

Nah, Takaiters, selain pempek ternyata masih banyak, lo, makanan khas Palembang lainnya yang wajib kamu cicipi ketika melancong ke kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera ini. Penasaran? Yuk, simak referensinya berikut ini:

1. Burgo

Foto: palembang.tribunnews.com

Burgo merupakan salah satu makanan original khas Palembang yang disajikan dengan kuah santan. Burgo terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang di dadar dalam sebuah loyang lalu dikukus hingga akhirnya dibentuk seperti sebuah gulungan panjang kemudian dipotong-potong dalam proses penyajiannya. Dengan kuah santan yang kental terbuat dari gilingan ikan gabus beserta bumbu pelengkap lainnya. Tak jarang, masyarakat Palembang menjadikan burgo sebagai menu sarapan mereka sebelum memulai aktivitasnya. Hhm, pasti enak sekali, ya, Guys, rasanya.

2. Mi Celor

Foto: travelingyuk.com

Setiap daerah mempunyai ciri khas makanan daerahnya masing-masing begitu pun dengan Palembang. Jika di Jawa terdapat Bakmi Jawa dan di Aceh terdapat Mi Aceh. Nah, Guys, di Palembang ada juga, lo, makanan yang terbuat dari mi yaitu Mi Celor.

Mi celor terbuat dari mi yang berukuran sedikit besar dibandingkan dengan mi-mi yang lainnya. Disajikan dengan kuah santan, ebi, irisan telur rebus, taoge mentah, bawang goreng, dan sambal sebagai pelengkapnya, membuat mi celor menjadi makanan populer yang sering kali dicari oleh para wisatawan ketika sedang berkunjung ke kota Palembang, lo, Guys.

3. Model

Foto: masakandapurku.com

Model terbuat dari bahan yang sama seperti membuat pempek. Hanya saja dalam proses penyajiaannya sedikit berbeda. Jika pempek disajikan dengan cuko atau cuka, sedangkan model disajikan dengan kuah bening kaldu udang.

Selain itu, model mempunyai 3 jenis varian isian, lo, Guys, seperti  model isi tahu, model isi telur rebus, dan model gandum goreng tanpa ikan. Ketiga jenis model ini mempunyai cita rasa yang berbeda-beda, Takaiters. Dalam proses penyajiannya model biasanya disajikan dengan kuah bening kaldu udang yang hangat kemudian dicampur mi soun, cacahan timun, bawang goreng, seledri, potongan bengkoang, jamur kuping, dan sambal sebagai pelengkapnya. Makanan lezat ini bisa kamu santap kapan pun dan di mana pun ketika sedang berada di kota Palembang, Guys.

4. Tekwan

Foto: doyanresep.com

Musim hujan seperti saat ini enaknya makan yang hangat-hangat, ya. Nah, Tekwan bisa dijadikan sebagai salah satu makanan yang bisa membuat tubuhmu menjadi hangat kembali, Guys.

Hampir sama seperti model, tekwan terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri, tepung kanji, kocokan telur, campuran air dingin, dan bahan pelengkap lainnya. Berbentuk bulatan kecil membuat tekwan sangat mudah sekali untuk  melahapnya. Tekwan sangat pas sekali untuk menemani sore harimu di musim hujan seperti ini. Percaya, deh, kalau sudah menyeruput kuah kaldunya, dijamin kamu akan merasa ketagihan.

Itulah tadi makanan khas Plaembang selain empek-empek. Bagaimana, dari keempat makanan tersebut kamu nyoba yang mana, Guys?