Hai, Guys …

Sudah mendengar akan adanya gerhana yang super langka kan, ya? Gerhana yang akan terjadi pada tanggal 31 Januari 2018 ini, sebenarnya sudah diperbincangkan oleh semua orang dari tahun lalu. Mereka seakan tidak sabar menanti fenomena alam yang sangat langka ini. Itu tidak berlebihan ya, Guys, karena kejadian ini baru terjadi kembali setelah 152 tahun, wow!

Sebenarnya fenomena bulan biru atau bulan purnama kedua merupakan hal biasa, hanya saja ini menjadi tidak biasa karena terjadi berbarengan dengan gerhana total. Makanya, Guys, banyak masyarakat Indonesia yang sudah melakukan persiapan untuk menyaksikan kelangkaan yang terjadi pada akhir bulan Januari ini.

Tapi, selain kita menunggu untuk menyaksikan super blue blood moon yang akan berlangsung 4 jam, baiknya jika kamu umat muslim, 5 hal ini harus kamu lakukan saat gerhana bulan yang super langka itu datang, Guys.

Nah, apa sih di antaranya, yuk simak.

1. Salat gerhana

Yup, salat gerhana. Sebenarnya, bukan hanya pada salat gerhana langka ini saja, Guys, salat gerhana bisa kamu lakukan setiap kali datang gehana ya, Guys. Ini bentuk syukur kita kepada Sang Pencipta, yang telah menciptakan bumi, bulan, matahari, dan seisinya.

2. Berdo’a

Berdo’a di saat gerhana katanya akan diijabah lho, Guys. Ini cocok untuk kamu yang sedang punya hajat atau keinginan, insyaallah terkabul. Tentunya, berdo’a yang khusyu, ya.

Pilihan Editor



3. Berdzikir dan membaca takbir

Berdzkirir tentunya selalu kita lakukan setelah selesai shalat ya, Guys. Nah, ada baiknya kamu melakukan ini ketika gerhana datang, dibarengi dengan membaca takbir, yang menunjukan Allah Maha Besar, Allah Maha Segalanya.

4. Istighfar

Yang harus kamu lakukan lagi ketika gehana datang adalah mengucapkan istighfar. Memohon ampun, dan bertaubat.

5. Sedekah

Sedekah adalah salah satu kebaikan, bersegeralah kamu. Ketika diperlihatkan kekuasaan Allah dari datangnya gerhana atau fenomena alam lainnya, itu tandanya kita sangatlah kecil di hadapan Allah. Yang kita punya hanya titipan Allah, berbagilah kepada sesama.

Guys, bagaimana pun juga setiap amalan atau hal baik yang kita lakukan harus didasari dengan keikhlasan hati kita, dengan itu apa yang kita maksud atau kita harapkan bisa mendatangkan keberkahan.

Fenomena alam gerhana yang sangat langka ini adalah bisa jadi bentuk peringatan Allah kepada kita makhluknya. Maka dari itu, lakukanlah hal baik untuk mendatangkan kebaikan lain kepada kita, dan seluruh umat manusia tentunya.